FOLLOW US:


Uji Coba Aprilia Lancar Jaya, Andrea Dovizioso Tekad Kembali ke MotoGP 2022

15-04-2021 09:08

 | Anindhya Danartikanya

Uji Coba Aprilia Lancar Jaya, Andrea Dovizioso Tekad Kembali ke MotoGP 2022
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 © MotoGP

Bola.net - Tiga kali runner up MotoGP, Andrea Dovizioso, membeberkan alasan dirinya mau menerima tawaran untuk menjalani uji coba tertutup dengan Aprilia Racing di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April. Kepada Motomatters, Rabu (14/4/2021), rider Italia ini hanya menyebut ini sebagai 'kesempatan yang baik' untuk mengendarai motor MotoGP.

Pengumuman soal uji coba ini memang menggemparkan paddock MotoGP pada pertengahan Maret lalu. Pasalnya, pada September 2020, Dovizioso sudah menolak tawaran Aprilia untuk musim 2021, baik sebagai pembalap reguler maupun sebagai test rider. Namun, tampaknya ia berubah pikiran usai melihat RS-GP kompetitif di tangan Aleix Espargaro selama uji coba pramusim di Qatar.

Selain itu, Aprilia juga menjanjikannya sesi uji coba tanpa kontrak ataupun komitmen yang mengikat, dan menyebut bahwa uji coba ini hanya digelar murni untuk mendapatkan umpan balik dari Dovizioso, yang pernah membela Honda selama empat tahun, Yamaha selama setahun, dan tentunya Ducati selama delapan tahun.

1 dari 3

Uji Coba yang Positif

Dovizioso, yang kini sedang banting setir ke ajang motocross, juga menyatakan bahwa mengendarai RS-GP kali ini adalah 'latihan' yang baik baginya agar tak kehilangan refleks di atas motor MotoGP. Apalagi jika mengingat ia masih sangat berharap bisa kembali ke ajang balap terakbar di dunia tersebut pada 2022 mendatang.

"Saya terima tawaran ini karena MotoGP masih jadi passion saya, dan saya ingin balapan tahun depan. Jadi, saya rasa cerdas untuk melakukannya. Saya sangat senang, karena Aprilia memberi saya kesempatan melakukan ini, dengan cara yang tepat. Saya puas, saya rasa uji coba ini positif, entah saya akan balapan atau tidak tahun depan," ujarnya.

Dovizioso juga mengaku tak bisa menolak tawaran ini karena Aprilia tak sekadar memintanya mengendarai RS-GP, melainkan benar-benar menggelar uji coba yang sangat layak, seolah-olah Dovizioso memang pembalap mereka sendiri, seperti Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori. Menurutnya, ini adalah langkah yang cerdas.

2 dari 3

Bakal Uji Coba Lagi di Mugello

"Kesempatan mengendarai motor MotoGP selalu menyenangkan, dan bisa melakukannya dengan cara yang profesional, yakni tak sekadar berkendara, adalah hal yang saya suka. Alhasil, saya pun tak bisa menolak, dan segalanya sudah diatur dengan cara yang baik. Jadi, saya rasa uji coba ini adalah hal yang cerdas," tutur 'Dovi'.

Di lain sisi, pembalap yang juga juara dunia GP125 2004 ini menyatakan bahwa kemungkinan besar ia akan ikut uji coba di Mugello, Italia, pada 11-12 Mei mendatang. Tadinya, uji coba ini hanya digelar untuk Espargaro dan Savadori. Namun, mengingat banyak detail yang belum diselesaikan, Dovizioso akan ikut turun lintasan.

"Selanjutnya, saya rasa kami akan uji coba lagi, karena kami ingin bekerja lebih jauh soal posisi berkendara, dan itulah kunci dalam mengerjakan beberapa detail. Ini tentu butuh waktu, jadi saya rasa kami akan menggelar satu kali uji coba lagi. Mungkin bakal di Mugello sebulan lagi, kurang lebih, itulah rencananya," pungkas Dovizioso.

Sumber: Motomatters

3 dari 3

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021