FOLLOW US:


Valentino Rossi Beber Alasan Jadikan Alberto Surra Anggota Baru VR46 Academy

13-10-2021 10:47

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi Beber Alasan Jadikan Alberto Surra Anggota Baru VR46 Academy
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Yamaha MotoGP

Bola.net - Baru-baru ini, VR46 Riders Academy punya anggota baru. Usai ditinggalkan Lorenzo Baldassarri, Nicolo Bulega, dan Dennis Foggia, anggota akademi tersebut tersisa delapan, dan kini resmi menggaet Alberto Surra. Lewat Speedweek, Selasa (12/10/2021), Valentino Rossi pun menjelaskan alasannya menggaet rider 17 tahun tersebut.

Surra sejatinya sudah menjalin kerja sama dengan VR46 usai memulai musim ini dengan turun di CIV Moto3 bersama Team Bardahl VR46 Riders Academy dan mendapatkan fasilitas wildcard di Grand Prix Moto3 Mugello, Italia, pada akhir Mei. Namun, kala itu ia bukan anggota 'resmi' dari akademi Rossi.

Sejak Moto3 Assen, ia pun membela Rivacold Snipers Team, menggantikan Filip Salac yang hengkang. Meski ia belum meraih satu poin pun musim ini, VR46 ternyata cukup terkesan atas progres yang ia tunjukkan di lintasan dan mengajaknya bergabung. Tak hanya itu, ia juga telah dapat kontrak penuh dari Snipers Team untuk Moto3 2022.

1 dari 3

Sudah Amati Alberto Surra Sejak Lama

Sudah Amati Alberto Surra Sejak Lama
Anggota VR46 Riders Academy, Alberto Surra © Twitter/VR46 Riders Academy

"Misi akademi kami adalah membantu para rider Italia menemukan jalan menuju MotoGP. Kami memulainya dari para rider muda, seperti yang kami lakukan pada Pecco, Franco, Luca, Bez, Cele, dan lainnya dari Moto3. Kami ingin punya rider muda untuk mempersiapkan masa depan," ujar Rossi, yang membentuk VR46 Riders Academy pada 2013.

Rossi mengaku sudah mengamati Surra sejak masih belia. Meski baru jadi anggota 'resmi', Surra juga ternyata sudah sering berlatih dengan VR46 setahun belakangan. "Alberto tampaknya merupakan opsi yang baik bagi kami, karena ia rider yang bertalenta hebat dan tampil sangat baik di kejuaraan-kejuaraan yang lebih kecil," ujar Rossi.

Seperti yang diketahui, Rossi tak ingin akademinya sekadar diisi oleh rider-rider yang mampu melaju cepat. Para ridernya diharapkan juga punya minat pada hal-hal di luar dunia balap. Tak hanya punya program latihan di atas motor, akademi ini juga memberikan pelajaran Bahasa Inggris dan kerap melakukan tur belajar ke berbagai tempat menarik.

2 dari 3

Bagai Barak Tentara

Bagai Barak Tentara
VR46 Riders Academy © Twitter/VR46 Riders Academy

"Alberto sudah menghabiskan setahun bersama kami dan berlatih dengan kami. Selain itu, sangat penting bagi kami untuk memahami karakter pembalap. Kami suka anak-anak yang bersimpati dan teredukasi. Kami suka pembalap yang, meski masih muda, sudah 'paham' tempatnya berada," lanjut sang sembilan kali juara dunia.

Di lain sisi, proses bergabungnya Surra ke VR46 Riders Academy tidaklah semudah membalik telapak tangan. Proses seleksi pembalap yang masuk ke akademi itu butuh proses panjang, dan juga dipertimbangkan berdasarkan para anggota yang sudah lebih dulu bergabung.

"Kami ini bukan kelompok yang mudah. Kami ini seperti berada di barak tentara. Ada banyak veteran, dan demi diterima, Anda harus berusaha mendapatkan simpati dari para veteran itu, dan ini tidaklah mudah. Tapi saya dapat kesan bahwa Alberto anak yang baik, dan saya rasa ia juga rider yang cepat," tutup Rossi.

3 dari 3

Daftar Anggota 'Resmi' VR46 Riders Academy

  • Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP)
  • Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo Team MotoGP)
  • Luca Marini (Sky VR46 Avintia MotoGP)
  • Marco Bezzecchi (Sky Racing VR46 Moto2)
  • Stefano Manzi (Flexbox HP 40 Moto2)
  • Celestino Vietti (Sky Racing VR46 Moto2)
  • Niccolo Antonelli (Avintia Esponsorama Moto3)
  • Andrea Migno (Rivacold Snipers Team Moto3)
  • Alberto Surra (Rivacold Snipers Team Moto3)

Sumber: Speedweek