FOLLOW US:


Valentino Rossi Sebut Yamaha Mulai 'Tergerak' Cari Solusi

15-08-2019 10:00

 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi Sebut Yamaha Mulai 'Tergerak' Cari Solusi
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku menyadari adanya perubahan di dalam pabrikan Garpu Tala, usai berhasil finis keempat di MotoGP Austria yang digelar di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019) lalu. Rossi belum juga kembali naik podium, namun melihat hasil ini sebagai hasil yang sangat positif.

Rossi yakin Yamaha telah bekerja keras sepanjang rehat musim panas. Sejak sesi latihan pertama (FP1), Rossi merasakan bahwa traksi dan akselerasi, yang tadinya merupakan kelemahan YZR-M1, kini sudah mulai 'pulih', terutama jika dibandingkan performa para rider Yamaha di tempat yang sama musim lalu.

"Kami cukup senang, karena tampaknya paruh kedua musim ini dimulai lebih baik. Paruh pertama musim sangatlah negatif. Tampaknya sesuatu sudah bergerak di Yamaha, dan mereka mulai bekerja lebih keras dan lebih baik demi meningkatkan performa motor," ujarnya kepada Crash.net.

1 dari 2

Kemajuan Elektronik dan Akselerasi

Tahun lalu, baik Rossi maupun Maverick Vinales terlempar dari 10 besar dalam sesi kualifikasi, dan hanya finis keenam dan ke-12 dalam balapan. Tahun ini The Doctor merasakan peningkatan yang cukup signifikan pada elektronik dan akselerasi hingga bisa lebih kompetitif. Sementara ia finis keempat, Vinales finis kelima.

"Sejak Jumat (9/8/2019) kami paham kami telah mengalami kemajuan pada elektronik dan akselerasi, dan kami bisa lebih kompetitif karena biasanya kami sangat 'menderita' di sini. Jadi ini penting. Tapi jelas tugas kami masih menumpuk, karena Ducati dan Honda lebih cepat dari kami," ungkapnya.

2 dari 2

Ingin Konfirmasi di Silverstone

Rossi pun ingin mengonfirmasi performa ini di MotoGP Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone pada 23-25 Agustus. Ia pun mengharapkan pekan balap berjalan dalam kondisi kering, mengingat aspal baru akan menyediakan grip yang lebih baik, yakni faktor yang sangat dibutuhkan M1 untuk tampil garang.

"Kini kami punya sepekan untuk istirahat usai dua balapan beruntun. Setelah ini kami akan menghadapi Silverstone. Saya harap cuacanya bersahabat, karena saya sangat menyukai treknya, dan tampaknya aspal baru punya grip yang lebih baik dan tak lagi bergeronjal. Kami bisa kuat bersama Yamaha," tutupnya.

Saat ini, Rossi tengah duduk di peringkat kelima pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 103 poin, hanya unggul satu poin dari Vinales di peringkat keenam, dan 11 poin dari Fabio Quartararo di peringkat ketujuh.

Sumber: Crash.net