Valentino Rossi Sebut Yamaha Tak Boleh Puas Hasil Uji Coba

Anindhya Danartikanya | 18 Juni 2019 11:15
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Meski Maverick Vinales dan Franco Morbidelli berhasil mencatat waktu tercepat dalam uji coba pascabalap MotoGP Catalunya, Spanyol, pada Senin (17/6), sang tandem, Valentino Rossi meyakini Yamaha tak boleh berpuas diri atas hasil ini.

Di belakang Vinales dan Morbidelli, Fabio Quartararo pun menjadi rider Yamaha ketiga terbaik dengan menduduki posisi kelima. Rossi, yang menjalani 71 lap, justru hanya duduk di posisi 14.

Meski begitu, Rossi mengaku tak fokus pada catatan waktu, melainkan fokus menjajal beberapa sistem elektronik pada motor YZR-M1 dan beberapa perangkat lain.

"Saya coba beberapa hal baru pada elektronik, seperti kontrol traksi dan engine brake, tapi juga beberapa hal mekanis. Beberapa di antaranya untuk 2020, yang lain untuk waktu dekat. Kami menemukan sesuatu yang lebih baik," ujarnya kepada GPOne.

1 dari 2 halaman

Jangan Kelewat Senang

The Doctor pun mengimbau kepada Yamaha untuk tak cepat puas atas hasil uji coba ini, dan agar tak cepat menyimpulkan bahwa mereka sudah kembali ke jalan pengembangan yang tepat.

"Terlalu dini untuk mengatakan bahwa kami sudah ada di jalan yang benar. Saya hanya mencoba beberapa bagian kecil dari mesin, dan hal lain untuk memperbaiki penyaluran tenaga. Tapi saya menganggap ini uji coba yang baik," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Senang Ada Michele Gadda

Rossi menyatakan bahwa ada peningkatan yang cukup baik pada elektronik M1, yang sejak 2017 terus bermasalah. Ia yakin ini terjadi berkat Michele Gadda teknisi elektronik Yamaha, yang musim ini didatangkan dari Yamaha WorldSBK.

"Michele sangat membantu kami. Kami butuh lima orang seperti dia. Saya juga harus memuji kinerja Michelin, yang bekerja dengan baik, karena ban baru mereka fantastis. Ban ini membantu Anda membuka gas lebih awal pada akselerasi," pungkas Rossi.

Akibat dua kali gagal finis beruntun di Mugello, Itallia, dan Catalunya, saat ini Rossi duduk di peringkat kelima pada klasemen pebalap dengan koleksi 72 poin, tertinggal 26 poin dari Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) di peringkat keempat.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR