FOLLOW US:


Valtteri Bottas Jadi Sasaran Amarah Rival Akibat Insiden Formula 1 GP Hungaria

02-08-2021 11:16

 | Anindhya Danartikanya

Valtteri Bottas Jadi Sasaran Amarah Rival Akibat Insiden Formula 1 GP Hungaria
Insiden Tikungan 1 di Formula 1 GP Hungaria 2021. © AP Photo

Bola.net - Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, jadi sasaran amarah Lando Norris (McLaren F1 Team), serta Max Verstappen dan Sergio Perez (Red Bull Racing Honda), usai menabrak mereka semua di tikungan pertama Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, pada Minggu (1/8/2021).

Balapan ini dimulai dengan kondisi hujan, dan selepas start, Bottas menabrak bagian belakang mobil Norris di tikungan pertama. Sebagai efek domino, Norris yang tak bisa berbuat apa-apa pun menabrak mobil Verstappen. Mobil Bottas yang hilang kendali juga jadi menabrak mobil Perez pula. Mobil mereka pun kompak rusak.

Uniknya, ditambah insiden tabrakan terpisah yang dialami Lance Stroll, Charles Leclerc, dan Daniel Ricciardo di tempat yang sama, lintasan jadi dipenuhi patahan-patahan bagian mobil hasil dua kecelakaan itu. Akibatnya, demi memudahkan petugas trek untuk membersihkannya, balapan dihentikan sementara pada lap kedua.

"Start saya buruk. Ban saya spin, lalu kehilangan banyak posisi. Saya lalu mengerem di tikungan pertama tepat di gearbox Lando dan ban terkunci. Jadi, mungkin dengan jarak sedekat itu saya tak mengkalkulasi titik pengereman dengan baik, dua ban saya terkunci dan menabrak Lando, kemudian terjadilah kekacauan," ujar Bottas via Crash.net.

1 dari 3

Bikin Ngamuk Duet Red Bull

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

Dari tujuh pembalap ini, hanya Verstappen dan Ricciardo yang bisa melanjutkan balapan. Keduanya melewati garis finis di posisi 10 dan 12, sebelum naik satu posisi usai Sebastian Vettel, yang melewati garis finis di posisi kedua, didiskualifikasi akibat Aston Martin gagal menyediakan satu liter sampel bahan bakar.

"Bottas kehilangan arah. Pada awalnya, saya pikir itu Lando, namun sudah jelas Bottas lah yang melakukan kesalahan besar dan bikin semua orang keluar lintasan. Sungguh disayangkan. Ini tamparan keras bagi tim kami, dan tampaknya mesin kami rusak. Ini sungguh tak ideal," ujar Perez usai balap.

Verstappen pun tak kalah geram. Ini adalah kedua kali balapannya dikacaukan oleh pembalap Mercedes, usai dirinya bertabrakan dengan Lewis Hamilton di Silverstone. Kini ia pun melorot ke peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan 187 poin, tertinggal delapan poin dari Hamilton yang kembali ke puncak.

2 dari 3

Lando Norris Senang Valtteri Bottas Dihukum

"Lagi-lagi dibikin keluar lintasan oleh Mercedes. Sejak itu saya kehilangan sisi mobil saya, area bargeboard. Selain itu, lantai mobil saya juga rusak. Nyaris mustahil berkendara. Tapi saya tetap berusaha sebaik mungkin dan dapat poin. Setidaknya ada hasil, tapi jelas ini bukan yang kami inginkan," ujar Verstappen.

Norris sendiri mengaku jengkel, tapi juga lega Bottas dijatuhi hukuman mundur lima posisi start di F1 GP Belgia pada 27-29 Agustus nanti. "Tak banyak yang bisa saya katakan. Saya hanya sebal. Saya tak tahu mengapa insiden itu harus terjadi. Kenapa harus ambil risiko untuk melakukan hal-hal bodoh macam itu," ungkapnya.

"Tapi saya sendiri tak bisa apa-apa. Sudah jelas ia layak dapat hukuman itu. Jika saya dapat penalti usai tak melakukan apa pun di trek lainnya, jelas ia layak dapat penalti lebih berat. Saya harap mereka (FIA Stewards) punya pikiran masuk akal dan melakukan apa yang harus mereka lakukan," pungkas pembalap Inggris ini.

Sumber: Crashnet

3 dari 3

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP