FOLLOW US:


WADA Izinkan Indonesia Gelar MotoGP-WorldSBK di Mandalika, Asal...

14-10-2021 14:16

 | Anindhya Danartikanya

WADA Izinkan Indonesia Gelar MotoGP-WorldSBK di Mandalika, Asal...
Desain Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia © MotoGP

Bola.net - Agen Anti-Doping Dunia (WADA) akhirnya angkat bicara soal kans Indonesia dalam menggelar kejuaraan balap motor dunia MotoGP dan WorldSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok. Pada Rabu (13/10/2021), Crash.net pun melansir bahwa WADA menyatakan bahwa Indonesia boleh menggelar kedua ajang ini jika sudah mendapatkan kesepakatan resmi.

Seperti yang diketahui, pada Jumat (8/10/2021), WADA merilis nama tiga negara yang dianggap tak patuh pada aturan doping, yakni Indonesia, Thailand, dan Korea Utara. Akibat vonis ini, mereka dinyatakan tak memenuhi syarat dapat hak jadi tuan rumah kejuaraan olahraga level regional, kontinental, dan internasional selama masa penangguhan.

Tak hanya itu, seluruh atlet dari tiga negara di atas tetap akan diizinkan untuk bersaing di kejuaraan regional, kontinental dan internasional, namun bendera nasional mereka tidak akan dikibarkan di ajang olahraga apa pun selain ajang Olimpiade.

1 dari 2

Indonesia-Thailand Sama-Sama Tuan Rumah MotoGP-WorldSBK

Indonesia-Thailand Sama-Sama Tuan Rumah MotoGP-WorldSBK
MotoGP Sachsenring, Jerman 2021 © Yamaha MotoGP

Kabar dari WADA ini tentu bak petir di siang bolong. Pasalnya, Indonesia sedang bersiap menjamu beberapa gelaran olahraga besar. Yang terdekat adalah WorldSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 19-21 November 2021, serta MotoGP di trek yang sama pada 18-20 Maret 2022.

Hal yang sama juga terancam dialami Thailand, yang merupakan tuan rumah MotoGP sejak 2018 di Sirkuit Buriram. Baik Indonesia maupun Thailand diketahui menyediakan kelompok penggemar yang sangat masif bagi dunia balap motor, dan Dorna Sports selaku promotor kedua ajang pasti tak ingin absen dari dua negara ini.

Usai kabar dari WADA menyeruak, Menteri Olahraga dan Pemuda Zainudin Amali pun merespons. "Indonesia belum dilarang, jadi kami masih bisa menggelar aktivitas olahraga. Jadi, saya mohon jangan membayangkan Indonesia tak bisa menggelar kompetisi internasional atau mengirimkan atlet ke luar negeri," tuturnya.

2 dari 2

Konfirmasi dari WADA soal MotoGP dan WorldSBK

Konfirmasi dari WADA soal MotoGP dan WorldSBK
Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea © Yamaha Racing

Melihat kerancuan soal WorldSBK dan MotoGP di Mandalika, WADA akhirnya memberi klarifikasi. Lewat juru bicaranya, mereka mengonfirmasi Indonesia dan Thailand 'tak boleh mendapatkan hak menjamu event-event baru sementara tidak patuh'. Namun, 'jika event-event tersebut sudah dapat izin, maka mereka boleh tetap menjadi tuan rumah.'

Pernyataan WADA ini berarti bahwa Indonesia dan Thailand tetap bisa menggelar MotoGP dan WorldSBK sesuai rencana, karena sudah menandatangani kontrak multi-tahunan dengan Dorna Sports sebelum vonis dijatuhkan. Namun, kesepakatan baru dilarang ditandatangani sebelum ada kejelasan bahwa kedua negara tak bersalah.

Di lain sisi, seperti yang dinyatakan WADA, para pembalap dari negara-negara yang tak patuh tetap takkan boleh membawa bendera negara. Sebagai catatan, Federasi Balap Motor Internasional (FIM) merupakan federasi olahraga yang juga memakai kode WADA untuk pemeriksaan doping.

Sumber: Crashnet