FOLLOW US:


Yamaha: Podium di Andalusia Bukti Valentino Rossi Masih Rider Top

30-07-2020 08:58

 | Anindhya Danartikanya

Yamaha: Podium di Andalusia Bukti Valentino Rossi Masih Rider Top
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi © Yamaha

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, memberikan pujian tinggi kepada Valentino Rossi, yang sukses naik podium usai finis ketiga dalam MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez pada Minggu (26/7/2020) lalu, yakni podium perdananya sejak Seri Austin, Texas, pada April 2019.

Dalam balapan ini, Yamaha mendominasi dengan Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Rossi finis di posisi 1-2-3. Ini pertama kali pabrikan Garpu Tala menyapu bersih podium sejak MotoGP Australia 2014. Menurut Meregalli, ini prestasi hebat, apalagi cuaca Jerez yang sangat panas benar-benar menuntut fisik dan mental rider dan tim.

"Kedua rider kami layak mendapatkan tepukan pada punggung mereka dan rasa hormat dari kami. Kondisi balapan sangat berat, baik untuk pebalap kami maupun motornya. Maverick dan Valentino benar-benar harus all-out, berkendara di limit performa yang 'manusiawi'," ujarnya dalam rilis resmi tim.

1 dari 3

Masih Bisa Tunjukkan Performa Terbaik

Meregalli pun senang Vinales dua kali beruntun finis kedua walau masih kalah dari Quartararo dalam perebutan kemenangan. Meski begitu, Rossi lah yang ia anggap menambahkan nilai positif karena ini membuktikan bahwa meski telah berusia 41 tahun, ia masih punya potensi tampil kompetitif.

"Kami sangat senang kedua rider kami bisa naik podium. Rasanya lebih menyenangkan karena sudah lama sejak Vale menikmati pemandangan dari podium, dan melakukannya dalam balapan yang sulit menegaskan betapa ia masih berada pada performa terbaiknya," ungkap 'Maio'.

2 dari 3

'Comeback' usai Gagal Finis Akibat Mesin Rusak

Komentar senada pun disampaikan oleh Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis. Pria asal Inggris ini pun mengaku senang Rossi bisa 'balas dendam' dengan hasil baik usai gagal finis dalam MotoGP Spanyol sepekan sebelumnya akibat kerusakan mesin YZR-M1.

"Sudah jelas saya sangat senang atas 'sapu bersih' podium dengan tiga rider Yamaha di tiga besar, ini fantastis. Menyenangkan melihat Valentino kembali usai pekan balap pertama yang sulit di Jerez, dan kembali tampil baik serta naik podium tentu merupakan prestasi yang sangat hebat," pungkasnya.

Saat ini, Rossi tengah duduk di peringkat 6 pada klasemen pebalap dengan koleksi 16 poin, tertinggal 34 poin dari Quartararo di puncak. Balapan berikutnya akan digelar di Sirkuit Brno, Ceko, pada 7-9 Agustus mendatang.

3 dari 3

Video: Tiga Rider Yamaha Kuasai MotoGP Andalusia, Fabio Quartararo Menang Lagi