FOLLOW US:


14 Tahun Lalu, Cristiano Ronaldo Cetak Gol Pertamanya di Piala Dunia

17-06-2020 23:16

 | Dimas Ardi Prasetya

14 Tahun Lalu, Cristiano Ronaldo Cetak Gol Pertamanya di Piala Dunia
Cristiano Ronaldo © AFP

Bola.net - Superstar asal Portugal Cristiano Ronaldo mencetak gol perdananya di pentas Piala Dunia pada 17 Juni 2006 silam.

Ronaldo sudah bersinar sejak usianya belum genap 20 tahun. Bahkan pada usia 18 tahun, ia sudah dipanggil masuk timnas Portugal.

Ia mencatatkan laga perdananya di pentas internasional pada 20 Agustus 2003. Saat itu Portugal berhadapan dengan Kazakhstan. Ronaldo akhirnya ikut terpanggil mengikuti turnamen Euro 2004.

Performanya bagus. Ia menghasilkan dua assist dan dua gol di turnamen tersebut. Penyerang yang kala itu sudah membela Manchester United tersbut juga membawa Selecao masuk final, meski pada akhirnya dikalahkan Yunani.

1 dari 2

Gol Perdana di Piala Dunia

Dua tahun kemudian, Portugal juga kembali menyertakan namanya dalam skuat yang berlaga di Piala Dunia 2006 di Jerman. Saat itu usianya masih 21 tahun. Ia layak dipanggil karena berstatus sebagai pencetak gol terbanyak kedua tim asuhan Luiz Felipe Scolari tersebut di babak kualifikasi.

Di turnamen tersebut, Portugal berada di Grup D. Mereka bersaing dengan Meksiko, Angola dan Iran.
Di laga pertama, Portugal berduel lawan Angola. Namun CR7 tak berhasil mencetak gol kala itu. Barulah di pertandingan kedua melawan Iran, ia bisa mencatatkan namanya di papan skor.

Saat itu Portugal mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-80, menyusul pelanggaran yang dilakukan terhadap Luis Figo. Ronaldo diberi kesempatan mengeksekusinya dan ia menuntaskannya dengan kaki kanannya.

Gol itu adalah satu-satunya gol yang diciptakan di turnamen tersebut. Namun gol itu kelak menjadi tonggak sejarah bagi Ronaldo.

2 dari 2

Rekor Ronaldo di Piala Dunia

Cristiano Ronaldo kemudian menjadi ujung tombak timnas Portugal. Terutama ketika para pemain senior macam Luis Figo pensiun.

Ronaldo pun ikut serta di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Demikian juga dengan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Namun dalam dua kesempatan itu, Ronaldo tak bisa banyak berkutik. Ia hanya bisa mencetak total dua gol. Satu ke gawang Korea Utara dan satu ke gawang Ghana.

CR7 juga masih tetap jadi andalan Portugal pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun di ajang kali ini, Ronaldo meledak. Ia berhasil mengemas empat gol.

Satu ke gawang Maroko. Tiga lainnya ia lesakkan sekaligus ke gawang Spanyol.

Ronaldo akhirnya berhasil mencatatkan prestasi istimewa. Ia masuk jajaran pemain yang mampu mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Namanya selevel dengan Uwe Seeler, Pele, dan Miroslav Klose.