FOLLOW US:


Ketika Bola Hasil Free Kick Cristiano Ronaldo Bikin Suporter Cilik Bournemouth Patah Tangan

15-06-2020 00:46

 | Dimas Ardi Prasetya

Ketika Bola Hasil Free Kick Cristiano Ronaldo Bikin Suporter Cilik Bournemouth Patah Tangan
Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid © Real Madrid FC

Bola.net - Tendangan Cristiano Ronaldo sangat keras, sampai-sampai efeknya mampu membuat seorang bocah mengalami patah pergelangan tangan.

Insiden ini terjadi pada sebuah laga persahabatan pra musim, tahun 2013 lalu. Saat itu Real Madrid bertanding melawan Bournemouth, yang baru saja promosi dari League One.

Saat itu Bournemouth sudah ditangani oleh Eddie Howe. Namun karena beda kelas, sudah jelas siapa yang keluar sebagai pemenang di pertandingan ini.

Los Blancos saat itu mencukur Bournemouth dengan skor telak 6-0. Ronaldo saat itu menyumbangkan dua gol pada babak pertama, salah satunya melalui tendangan bebas. Sami Khedira kemudian menambah keunggulan Madrid menjadi 3-0 di babak pertama.

Di babak kedua, tiga gol tambahan Madrid disarangkan tiga pemain berbeda. Mereka adalah Gonzalo Higuain, Angel Di Maria, dan Casemiro.

1 dari 3

Imbas Knuckle Ball

Akan tetapi, sejatinya saat itu Cristiano Ronaldo bisa saja menambah beberapa gol lagi. Salah satunya melalui peluang yang didapatnya melalui tendangan bebas lain di laga tersebut.

Ronaldo menggunakan teknik knuckle ball, yang akan membuat bola melaju kencang, namun arahnya bisa saja berubah sebelum mendekati gawang. Sejumlah gol sudah tercipta sebelumnya berkat teknik tersebut.

Akan tetapi percobaan dari jarak sekitar 30 meter itu kali ini gagal. Bola malah melesat tipis melewati mistar gawang dan menuju tribun.

Apesnya, bola itu mengenai seorang penggemar cilik Bournemouth. Suporter tersebut bernama Charlie Silverwood, 11 tahun.

Charlie menangkis bola dengan tangan kirinya. Apesnya, tangan kecilnya tak cukup kuat menahan dampak benturan itu dan membuat pergelangannya patah.

2 dari 3

Testimoni Charlie Silverwood

Charlie Silverwood angkat bicara di media. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, ia mengungkapkan momen saat ia terkena bola tendangan Cristiano Ronaldo secara cukup detil.

"Itu adalah tendangan bebas pertama Ronaldo dalam pertandingan. Bolanya langsung mengarah ke saya, jadi saya memblokir bola dengan telapak tangan kiri saya dan kekuatannya, saya rasa, bergema di lengan saya dan pergelangan tangan saya patah," tuturnya.

"Jika saya tidak memblokirnya dengan telapak tangan saya, saya tidak akan memiliki gigi depan. Bolanya pasti sangat cepat, kalau tidak pergelangan tangan saya tidak akan patah. 45 mph (72 km/jam) akan menjadi tebakan yang aman saya rasa," ujar Charlie.

Simak videonya di sini.

3 dari 3

Penebusan Dosa Ronaldo

Cristiano Ronaldo tentu tidak diam saja mengetahui bahwa bola tendangannya mencelakai orang, apalagi seorang anak kecil. Ia akhirnya berusaha untuk menebus dosanya itu.

Caranya? Dengan mengirimi Charlie Silverwood jersey Real Madrid.

Namun jersey itu juga istimewa. Sebab jersey itu juga dibubuhi tanda tangan semua penggawa El Real.
Sementara itu, Charlie sendiri terus menonton jalannya laga sampai akhir, meski pergelangan tangan kirinya cedera. Alasannya pun sederhana.

"Real Madrid adalah kesempatan sekali seumur hidup - melihat mereka bermain lawan klub lokal Anda - jadi saya menyaksikan sisa pertandingan, sebagian besar kesakitan mengingat saya masih memiliki selempang, dan kemudian saya pergi ke rumah sakit," seru Charlie.

Menurut catatan Transfermarkt, di sepanjang karirnya, Cristiano Ronaldo telah mencatatkan 44 gol dari tendangan bebas langsung. Ia terakhir kali mencetak gol dari free kick saat membela Real Madrid di laga Piala Dunia Antarklub 2017 melawan Gremio.

(Give Me Sport/BBC/Transfermarkt)