4 Alasan Timnas Jepang 'Loveable' di Piala Dunia 2022: Fans, Pemain, dan Pelatih Keren Abis!

Asad Arifin | 6 Desember 2022 15:14
4 Alasan Timnas Jepang 'Loveable' di Piala Dunia 2022: Fans, Pemain, dan Pelatih Keren Abis!
Suporter Jepang dalam laga ketiga Grup E Piala Dunia 2022 Qatar kontra Spanyol pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo/Darko Vojinovic

Bola.net - Timnas Jepang memang gagal menembus babak perempat final Piala Dunia 2022. Langkah mereka terhenti pada babak 16 Besar. Akan tetapi, apa yang ditampilkan Samurai Biru di Piala Dunia 2022 akan terus dikenang.

Pada babak 16 Besar, Jepang berjumpa Kroasia di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Senin (5/12/2022) malam WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal dan extra time. Laga harus dilanjutkan lewat adu penalti.

Tiga eksekutor penalti Jepang dibuat menangis oleh kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Kroasia melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang 3-1 atas Jepang dalam pertandingan tersebut.

Namun, tak bisa diabaikan bahwa Jepang menjalani kiprah yang menarik pada fase grup. Paling tidak, ada lima alasan mengapa kiprah Jepang di Piala Dunia 2022 sangat 'loveable' atau mudah untuk dicintai. Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Comeback Lawan Juara Piala Dunia

Comeback Lawan Juara Piala Dunia

Momen gol Ao Tanaka ke gawang Spanyol pada matchday ke-3 Grup E Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Eugene Hoshiko

Penampilan Jepang menjadi kejutan di Piala Dunia 2022 berkat penampilan luar biasa yang mereka perlihatkan ketika menghadapi dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol, di babak grup.

Jepang yang mengawali kiprah di Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Jerman, sempat tertinggal lebih dulu karena eksekusi penalti Ilkay Gundogan. Namun, Jepang mampu bangkit dan berbalik menang 2-1 berkat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Setelah kalah 0-1 dari Kosta Rika pada laga kedua, Jepang harus menang saat menghadapi Spanyol pada laga terakhir fase grup. Lagi-lagi kejutan dibuat oleh tim Samurai Biru.

Setelah lagi-lagi tertinggal lebih dulu lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-11, Jepang bangkit pada babak kedua dan mencetak dua gol cepat yang dicetak Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

2 dari 4 halaman

Juara di Grup Neraka

Juara di Grup Neraka

Ekspresi kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida, ketika mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Eugene Hoshiko

Keberhasilan Jepang mengalahkan Jerman dan Spanyol dalam laga Grup E membuat mereka berhasil lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

Padahal sebelum Piala Dunia di Qatar ini mulai, Grup E yang dihuni Jepang, Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika itu disebut-sebut sebagai grup neraka, di mana Jerman dan Spanyol menjadi unggulan untuk meraih tiket 16 besar.

Namun, performa luar biasa Jepang pada laga kontra Jerman membuat mereka jadi favorit untuk bisa melangkah ke 16 besar. Walau sempat kalah 0-1 dari Kosta Rika, kemenangan atas Spanyol membuat mereka membuktikan kualitas di tengah grup yang katanya neraka.

Jepang menjadi juara Grup E Piala Dunia 2022 dan membuktikan bahwa label grup neraka justru harus dirasakan oleh Jerman yang tersingkir meski menang 4-2 atas Kosta Rika dalam laga terakhir.

3 dari 4 halaman

Fans Jepang Keren Abis!

Fans Jepang Keren Abis!

Fans Jepang membersihkan sampah di Stadion Khalifa International setelah Jepang mengalahkan Jerman, Rabu (23/11/2022) (c) AP Photo/Eugene Hoshiko

Para penggemar meninggalkan venue upacara pembukaan Piala Dunia dengan melakukan aksi bersih-bersih sampah. Ini adalah kebiasaan yang memang selalu dilakukan fans Jepang.

Sikap para suporter Jepang ini pun menjadi viral di media sosial dan mengundang pujian dari seluruh dunia. Apalagi dalam setiap laga yang dijalani oleh Jepang, para suporternya tetap melakukan bersih-bersih.

Menariknya, tak hanya suporter yang melakukan aksi bersih-bersih. Para pemain Timnas Jepang pun melakukan hal serupa ketika meninggalkan ruang ganti stadion setelah bertanding. Timnas Jepang selalu memastikan ruang ganti bersih dari sampah dan benar-benar rapi ketika meninggalkan stadion.

4 dari 4 halaman

Sikap Kesatria Hajime Moriyasu

Sikap Kesatria Hajime Moriyasu

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, membungkuk usai kalah dari Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar pada Senin (5/12/2022). (c) AP Photo/Frank Augstein

Menariknya Jepang di Piala Dunia 2022 ditutup dengan aksi pelatihnya, Hajime Moriyasu, yang membungkuk memberikan hormat kepada para penggemar yang hadir di Stadion untuk mendukung tim asuhannya di babak 16 besar.

Hal itu terlihat setelah Jepang kalah lewat drama penalti dari Kroasia setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal. Hajime Moriyasu kemudian melangkah ke tengah lapangan dan membungkuk ke arah suporter.

Hal ini dilakukan oleh Hajime Moriyasu untuk dua hal, penghormatan terhadap suporter yang sudah memberikan dukungan terhadap anak-anak asuhnya, dan juga permintaan maaf karena Jepang harus terhenti di babak 16 besar.

Disadur dari Bola.com: Benediktus Gerendo, 6 Desember 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR