4 Top Skor Sepanjang Masa Jerman di Piala Dunia

Ari Prayoga | 11 Agustus 2022 11:29
Reaksi penyerang Jerman, Thomas Muller usai menjebol gawang Italia di ajang UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran Piala Dunia sudah dimulai sejak tahun 1930. Dilaksanakan empat tahun sekali membuat setiap edisi Piala Dunia sangat ditunggu-tunggu pecinta sepak bola.

Piala Dunia juga menjadi ajang bagi para pemain untuk menampilkan permainan terbaiknya. Penyerang selalu menjadi pemain yang paling diperhatikan dalam Piala Dunia.

Berbagai timnas selalu memiliki penyerang yang handal dari tahun ke tahun termasuk timnas Jerman. Die Mannschaft bahkan mencatatkan lima dari 13 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

Hal ini juga yang membawa timnas Jerman menjadi kampiun terbanyak kedua dengan raihan empat gelar Piala Dunia. Namun selama mengikuti Piala Dunia, siapa sajakah pencetak gol terbanyak Jerman? Berikut ulasanya.

1 dari 4 halaman

Miroslav Klose - 16 gol

Selebrasi Miroslav Klose usai menjebol gawang Brasil di semifinal Piala Dunia 2014. (c) AFP

Miroslav Klose menduduki posisi pertama top skor Piala Dunia dengan 16 golnya. Klose mengungguli saingannya yang sukses juga bersama Brasil, Ronaldo.

Klose sama-sama mengikuti empat edisi Piala Dunia dengan Ronaldo. Namun Klose unggul satu gol dari Ronaldo yang mengoleksi 15 gol.

Uniknya Klose mencetak gol terakhirnya ke gawang Brasil. Kala itu Brasil sebagai tuan rumah harus menanggung malu akibat kekalahan 7-1 atas Jerman. Ronaldo juga harus tertunduk ketika Klose melewati perolehan golnya.

2 dari 4 halaman

Gerd Muller - 14 gol

Gerd Muller (c) FCB

Gerd Muller adalah penyerang ganas Jerman di tahun 1960-an. Ia menjadi menduduki peringkat kedua top skor Piala Dunia bagi Jerman.

Raihan 14 gol Gerd Muller hanya terpaut satu gol di bawah Ronaldo dari Brasil. Ini juga menempatkan Gerd Muller di posisi ketiga top skor sepanjang sejarah Piala Dunia.

Namun kehebatan Gerd Muller adalah ia mampu mencetak 14 gol hanya dari dua edisi Piala Dunia. Ia mencetak 10 gol pada Piala Dunia 1970 dan empat gol di Piala Dunia 1974.

3 dari 4 halaman

Jurgen Klinsmann - 11 gol

Jurgen Klinsmann (c) PA

Habis Muller, Jerman kembali kedatangan striker ganas Jurgen Klinsmann. Klinsmann mencetak 11 gol sehingga menempati posisi enam top skor sepanjang masa Piala Dunia.

Klinsmann merupakan striker Jerman di akhir 1980-an. Total Klinsmann membela Jerman di Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Klinsmann mencetak tiga gol di Piala Dunia 1990, lima gol di Piala Dunia 1994, dan tiga gol di Piala Dunia 1998. Klinsmann juga berhasil membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 1990 di Italia.

4 dari 4 halaman

Thomas Muller dan Helmut Rahn - 10 gol

Thomas Muller dikawal Declan Rice dalam duel Jerman vs Inggris, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo

Di Urutan keempat terdapat dua nama dari dua generasi timnas Jerman. Thomas Muller merupakan penyerang Jerman saat ini dan Helmut Rahn penyerang Jerman di awal 1950-an.

Rahn mencetak sepuluh gol dari dua edisi Piala Dunia. Ia mencetak empat gol pada Piala Dunia 1954 dan enam gol di Piala Dunia 1958. Rahn juga cukup sukses bersama timnas Jerman dengan membawanya menjuarai Piala Dunia 1954 di Swiss.

Sementara Muller mencetak 10 gol dari tiga edisi Piala Dunia. Mencetak lima gol di debut Piala Dunianya pada tahun 2010 dan mencetak lima gol lagi di Piala Dunia 2014. Dia gagal mencetak gol saat Jerman tersingkir di Penyisihan Grup Piala Dunia 2018.

Muller juga menjadi satu-satunya nama yang paling berpotensi menggeser Klose di puncak top skor Piala Dunia. Namun mencetak lebih dari enam gol bukanlah perkara yang mudah bagi Muller.

Sumber : Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR