5 Pemain Timnas Jepang yang Bersinar di Piala Dunia 2022: Ritsu Doan Jagoan

Serafin Unus Pasi | 6 Desember 2022 18:38
5 Pemain Timnas Jepang yang Bersinar di Piala Dunia 2022: Ritsu Doan Jagoan
Para pemain Timnas Jepang membungkuk kepada para pendukung usai kalah dari Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar pada Senin (5/12/2022). (c) AP Photo/Francisco Seco

Bola.net - Timnas Jepang tersingkir dari Piala Dunia 2022. Tim Samurai Biru ditaklukkan Kroasia lewat drama adu penalti pada babak 16 besar di Al Janoub Stadium, Senin (05/12/2022) malam.

Sebelum ditaklukkan Kroasia, Timnas Jepang sebenarnya tampil cukup impresif sejak fase grup. Mereka mampu mengalahkan Jerman dan Spanyol di babak penyisihan.

Di samping itu, ada sejumlah pemain Jepang yang cukup bersinar di Piala Dunia 2022. Mereka mampu berduel dengan para bintang Eropa untuk membantu timnya.

Berikut 5 pemain Timnas Jepang dengan penampilan impresif hingga babak 16 besar berdasarkan rating di laman WhoScored. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 5 halaman

Junya Ito - 6,70

Junya Ito - 6,70

Luka Modric coba melewati lawan di laga Jepang vs Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Francisco Seco

Junya Ito menjadi andalan di sisi kiri Timnas Jepang, baik sebagai winger maupun defender. Dia juga hampir selalu dipasang sebagai starter oleh Hajime Moriyasu.

Pemain Stade Reims tersebut mampu mengkreasikan peluang bagi tim Samurai Biru. Dari 4 kali penampilannya, Junya Ito mampu mengirim 5 umpan kunci dan menyumbang 1 assist.

Junya Ito juga bisa diandalkan dalam bertahan. Sebanyak 7 tekel sukses, 5 intersep dan 4 sapuan dibukukan oleh mantan pemain KRC Genk tersebut.

2 dari 5 halaman

Maya Yoshida - 6,73

Maya Yoshida - 6,73

Kapten Jepang, Maya Yoshida di tengah tekanan pemain Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Eugene Hoshiko

Performa impresif juga ditampilkan oleh Maya Yoshida. Tak heran, stopper FC Schalke tersebut selalu jadi pilar utama di lini pertahanan Timnas Jepang.

Maya Yoshida sangat jago dalam duel udara. Dia memenangi 10 aerials duels dari 4 penampilannya sejak fase grup hingga babak 16 besar.

Kemampuan melakukan sapuan juga menjadi kelebihan Maya Yoshida. Bek 34 tahun tersebut mampu mencatatkan total 24 clearance sepanjang penampilannya di Piala Dunia 2022.

3 dari 5 halaman

Wataru Endo - 6,76

Wataru Endo - 6,76

Duel Thomas Muller dan Wataru Endo di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Matthias Schrader

Wataru Endo juga mampu menunjukkan penampilan yang cukup mengagumkan sebagai defensive midfielder. Pemain VfB Stuttgart tersebut cukup kuat dalam duel udara.

Gelandang 29 tahun tersebut memenangi 8 aerials duels dari 4 penampilan. Wataru Endo juga cukup piawai dalam merebut bola, dia mencatatkan 8 tekel sukses bersama Timnas Jepang.

Penampilan terbaik Wataru Endo saat diturunkan melawan Kroasia. Diplot sebagai gelandang tengah, dia mampu mengkreasikan 4 peluang, 1 umpan kunci dan 1 umpan terobosan.

4 dari 5 halaman

Ko Itakura - 6,86

Ko Itakura - 6,86

Perayaan skuad Jepang setelah menang atas Spanyol pada laga ketiga Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) WIB, sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar. (c) AP Photo/Aijaz Rahi

Ko Itakura tak diturunkan ketika Timnas Jepang menghadapi Kroasia di babak 16 besar. Akan tetapi, bek Borussia Monchengladbach tersebut tak tergantikan sepanjang fase grup.

Bek 25 tahun tersebut punya atribut yang lengkap sebagai stopper. Dia mencatatkan 9 tekel sukses, 4 intersep dan 15 sapuan dari 3 pertandingan.

Meski beroperasi di lini pertahanan, Ko Itakura juga ikut membantu bermain menyerang. Dia mengkreasikan 1 peluang yang berbuah assist dalam laga kontra Jerman.

5 dari 5 halaman

Ritsu Doan - 7,17

Ritsu Doan - 7,17

Skuad Jepang merayakan gol Ritsu Doan ke gawang Jerman di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Ritsu Doan dipercaya sebagai motor serangan Timnas Jepang. Kontribusinya dalam permainan ofensif tim Samurai Biru cukup besar.

Gelandang serang Freiburg tersebut menyumbang 2 gol untuk Timnas Jepang sejak fase grup. Termasuk menjadi supersub ketika mengalahkan Jerman di laga perdana.

Kontribusi golnya menjadi yang terbanyak dalam skuad Timnas Jepang. Sehingga dia menjadi salah satu jagoan di Piala Dunia 2022.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR