Jude Bellingham adalah Prototipe Gelandang Modern, Sudah Setara dengan Puncak Performa Steven Gerrard

Abdi Rafi Akmal | 6 Desember 2022 16:21
Jude Bellingham adalah Prototipe Gelandang Modern, Sudah Setara dengan Puncak Performa Steven Gerrard
Jude Bellingham merayakan golnya ke gawang Iran, Senin (21/11/2022) (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Bola.net - Jamie Carragher jadi salah satu sosok yang tak berhenti mengagumi Jude Bellingham. Carragher sampai menyamakan Bellingham seperti rekannya dulu di Liverpool, Steven Gerrard.

Upaya perbandingannya itu pun cukup kentara. Bellingham yang sekarang masih berusia 19 tahun diakuinya memiliki hal-hal yang dimiliki Gerrard di usia 27 tahun.

Semua itu berkat kedewasaan Bellingham saat bermain, terutama saat membantu Inggris menang atas Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bellingham merupakan jenderal di lapangan tengah Inggris.

Walaupun hanya menyumbangkan satu assist untuk dari tiga gol yang dicetak Inggris, pemain Borussia Dortmund itu menunjukkan dominasinya di lapangan tengah.

1 dari 4 halaman

Prototipe Gelandang Modern

Bellingham memang jadi pemain pilihan utama Gareth Southgate di Inggris. Sang pemain selalu bermain penuh sejak awal fase grup sampai dengan babak 16 besar.

“Saya pikir mengerikan betapa bagusnya Bellignham. Kalau kalian sedang membuat prototipe gelandang modern, dia adalah contoh yang pas,” kata Carragher kepada The Telegraph.

“Dia memiliki fisik dan atletisitas seorang Gerrard yang berusia 27 tahun. Dia juga punya seluruh atribut yang diinginkan pesepak bola, mulai dari tekel, umpan, assist, dan insting mencetak gol,” tambahnya.

2 dari 4 halaman

Masa Depan Cerah

Carragher yakin dengan modal yang dimilikinya, Bellingham punya masa depan yang cerah. Tidak hanya untuk karier profesionalnya, tetapi juga untuk timnas Inggris.

Kebetulan pula, ajang pembuktian Bellingham terjadi di Piala Dunia. Carragher menyebutkan ada banyak pemain muda Inggris yang bersinar di Piala Dunia, kemudian menjadi tumpuan selama beberapa tahun setelahnya.

“Piala Dunia biasanya mengubah seorang pemain hebat menjadi superstar,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Ikuti Jejak Pemain-pemain Hebat Inggris

Bellingham saat ini menunjukkan tanda-tanda menjadi pemain andalan Inggris di masa depan. Carragher teringat dengan beberapa pemain yang juga tampil memukau saat masih muda, kemudian jadi tumpuan Inggris.

“Setelah Piala Dunia 1990, ada Paul Gascgoine yang kemudian menjadi pemain penting di skuad Inggris. Ada juga Michael Owen setelah dia mencetak gol ke gawang Argentina yang sempat diharapkan membantu Golden Generation,” ungkapnya.

“ Lalu jangan lupakan Wayne Rooney yang punya kapasitas menjadi tumpuan Inggris sejak dia masih muda. Hal yang sama sedang terjadi kepada Bellingham,” tutup dia.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR