FOLLOW US:


FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 2021 Indonesia, Ini Kata Kemenpora

25-12-2020 14:53

 | Aga Deta

FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 2021 Indonesia, Ini Kata Kemenpora
Logo Piala Dunia U-20 2021 © Bola.com/Dody Iryawan

Bola.net - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) angkat bicara soal dibatalkannya gelaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Mereka mengaku menghargai keputusan FIFA terkait pembatalan tersebut.

"Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia," kata Menpora, Zainudin Amali, dalam rilis Kemenpora.

"Selain itu, pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek dan sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021. Untuk itu, Saya menyampaikan terima kasih kepada PSSI yang telah bekerjasama dengan pemerintah dalam persiapan selama ini," sambungnya.

Sebelumnya, FIFA -dalam rilisnya- memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan gelaran Piala Dunia U-20 yang seharusnya akan dihelat di Indonesia pada 2021. Pembatalan ini tak lepas dari belum meredanya pandemi Covid-19. Tak hanya Piala Dunia U-20, FIFA juga memutuskan menunda gelaran Piala Dunia U-17 2021, yang seharusnya akan dihelat di Peru.

Lebih lanjut, FIFA memutuskan bahwa dua gelaran usia muda ini akan dihelat pada 2023 mendatang. Indonesia dan Peru tetap ditunjuk sebagai tuan rumah kedua gelaran ini.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2

Laporkan ke Menko PMK

Menpora sendiri mengaku mendapat informasi soal pembatalan ini dari PSSI. Ia pun juga langsung mengecek informasi tersebut di laman resmi FIFA.

"Semalam, saya telah melaporkan keputusan FIFA tersebut kepada Menko PMK. Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI," papar Menpora.

"Beberapa hal penting yang akan dibahas antara lain: penjelasan lengkap tentang penundaan kegiatan tersebut, update dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan, yang tentu saja diperkirakan akan berubah," sambungnya.

Setelah rapat koordinasi tersebut, menurut Menpora, ia dan Menko PMK akan langsung menyampaikan laporan lengkapnya kepada Presiden.

2 dari 2

Sudah Yakinkan FIFA

Lebih lanjut, Menpora menegaskan bahwa pemerintah sudah berupaya keras untuk meyakinkan FIFA tentang keseriusan yang ditunjukkan oleh pemerintah bersama PSSI. Pada awal Desember 2020 lalu mereka mengirimkan surat kepada Presiden FIFA soal langkah-langkah yang sudah diambil.

Dalam surat tersebut, pemerintah tak sekadar membeberkan langkah-langkah persiapan teknis. Mereka juga membeber upaya mengatasi masalah pandemi Covid-19.

"Di surat tersebut, secara lengkap juga disebutkan tentang dukungan Presiden RI melalui Kepres dan Inpres dan juga optimalisasi persiapan Timnas dan renovasi sejumlah venue pertandingan," tandas Menpora.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)