Hasil Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Serikat: Skor 3-1

Aga Deta | 3 Desember 2022 23:53
Hasil Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Serikat: Skor 3-1
Pemain Belanda merayakan gol Memphis Depay ke gawang Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ebrahim Noroozi

Bola.net - Belanda sukses meraih kemenangan di pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim Oranje berhasil menang dengan skor 3-1 di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12/2022) malam WIB.

Tiga gol Belanda diciptakan oleh Memphis Depay, Daley Blind dan Denzel Dumfries. Sementara Amerika Serikat memperkecil kedudukan melalui Haji Wright.

Kemenangan ini mengantarkan Belanda lolos babak perempat final Piala Dunia 2022. Mereka pun menjadi tim pertama yang melaju ke fase delapan besar.

Simak jalannya pertandingan di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Babak Pertama

Memphis Depay usai mencetak gol dalam laga Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Amerika Serikat langsung menggebrak sejak babak pertama dimulai. Pada menit ketiga, Christian Pulisic mempunyai peluang untuk mencetak gol. Namun, sepakannya masih bisa digagalkan oleh kiper Andries Noppert

Belanda merespon dengan mencetak gol ke gawang Amerika Serikat pada menit ke-18. Memphis Depay mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambar umpan silang mendatar dari Denzel Dumfries.

Tertinggal satu gol, Amerika Serikat mencoba membalas. Namun, percobaan yang dilakukan Timothy Weah dan Sergino Dest masih belum mampu mengubah kedudukan.

Belanda justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-45+1. Denzel Dumfries mengirimkan umpan silang mendatar ke dalam kotak Amerika Serikat yang langsung disambar Daley Blind untuk menjadi gol.

Tidak ada gol tambahan setelah itu. Belanda asuhan Louis van Gaal menutup babak pertama dengan skor 2-0.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak Kedua

Daley Blind usai mencetak gol dalam laga Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Luca Bruno

Selepas jeda, Amerika Serikat langsung tancap gas. Namun, upaya yang dilakukan Weston McKennie, Sergino Dest, dan Christian Pulisic tidak bisa membuahkan gol.

Meski mendapat banyak tekanan, Belanda sempat berbalik mengancam melalui Memphis Depay di menit 61. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Matt Turner.

Belanda nyaris mencetak gol ketiga mereka melalui Memphis Depay di menit 71. Berawal dari tembakan Teun Koopmeiners yang ditepis oleh Matt Turner, bola muntah disundul Depay. Namun, Matt Turner berhasil mencegah bola masuk ke gawang.

Amerika Serikat akhirnya mampu memperkecil kedudukan di menit 76. Umpan silang Christian Pulisic disontek Haji Wright dan masuk ke gawang Belanda.

Setelah kebobolan, Belanda bisa membalas lima menit kemudian. Denzel Dumfries mencetak gol dengan tembakan kaki kiri memanfaatkan umpan silang dari Daley Blind.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Belanda menang atas Amerika Serikat dengan skor 3-1.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain

Duel Belanda vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam WIB (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs De Ligt 90'); Denzel Dumfries, Marten de Roon (Steven Bergwijn 46'), Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen (Teun Koopmeiners 46'); Cody Gakpo (Wout Weghorst 90'), Memphis Depay (Xavi Simons 82').

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest (DeAndre Yedlin 76'), Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson (Jordan Morris 90'); Tyler Adams, Weston McKennie (Haji Wright 67'), Yunus Musah; Tim Weah (Brenden Aaronson 67'), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna 46'), Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter (Amerika Serikat).

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR