FOLLOW US:


Mimpi Besar Firmino Bersama Brasil: Bisa Ikuti Jejak Ronaldo

13-10-2020 20:14

 | Dimas Ardi Prasetya

Mimpi Besar Firmino Bersama Brasil: Bisa Ikuti Jejak Ronaldo
Roberto Firmino dan Philippe Coutinho © AP Photo

Bola.net - Penyerang Liverpool Roberto Firmino berharap ia bisa mengikuti jejak Ronaldo sebagai striker yang bisa diandalkan untuk bisa meraih sukses di Timnas Brasil.

Di sepanjang sejarahnya, Brasil selalu memiliki penyerang-penyerang yang luar biasa hebat. Dulu ada nama seperti Careca dan Romario.

Lalu berlanjut ke Ronaldo. Sayangnya setelah R9 pensiun pada tahun 2011, Brasil kesulitan mencari penerusnya.

Sejumlah nama muncul, seperti Alexandre Pato, Vagner Love, Fred, hingga Luis Fabiano. Namun standar mereka tak setinggi dan sehebat Ronaldo.

1 dari 2

Mimpi Besar FIrmino Bersama Brasil

Mimpi Besar FIrmino Bersama Brasil
Ronaldo © Bola.net

Roberto Firmino sekarang ini dipercaya jadi ujung tombak Timnas Brasil. Ia sebenarnya juga tak luput dari kritikan saat mengisi peran tersebut.

Pasalnya catatan golnya di bawah standar. Meski demikian, Firmino tetap percaya diri untuk bisa jadi andalan lini serang Selecao.

"Ya, tentu saja," jawab Firmino pada situs resmi FIFA kala ditanya apakah ia berharap untuk bisa mengikuti jejak striker-striker legendaris Brasil sebelumnya.

"Saya suka bermain di posisi ini. Saya ingin menjadi pemain yang bisa diandalkan Brasil di posisi ini," tegasnya.

2 dari 2

Perubahan Gaya Bermain

Perubahan Gaya Bermain
Firmino dan Neymar. © AFP

Di Liverpool, Roberto Firmino memang dijadikan penyerang tengah. Namun tugas utamanya justru bukan untuk mencetak banyak gol karena, tugas itu dibebankan pada Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Ia diharap bisa membuka ruang bagi keduanya untuk mencetak banyak gol dan bahkan untuk membantu tim bertahan. Alhasil Firmino pun kerap turun jauh ke bawah untuk membantu memenangkan bola kembali.

Namun ada perubahan gaya bermain di Timnas Brasil, di mana ia kini lebih banyak diam di depan saja sesuai instruksi sang pelatih, Tite. Peran itu pun ia terima dengan tangan terbuka.

"Bukan karena ia meminta saya untuk tidak membantu, tetapi ia ingin saya selalu berada di area kotak penalti. Saya masih harus kembali untuk menandai lawan, tetapi ia ingin saya lebih sedikit mengejar bola, lebih sering berada di kotak penalti," terangnya.

"Saya memiliki keinginan alami untuk membantu tim, turun ke bawah. Saya melakukan ini untuk Liverpool - jadi saya harus mengesampingkan ini dan melakukan apa yang diminta Tite dari saya," tegasnya.

"Saya menikmati terlibat dalam permainan, menciptakan gol, tetapi saya juga menikmati berada di kotak penalti, mencetak gol," seru Firmino.

Roberto Firmino baru saja membela Brasil di laga kualifikasi Piala Dunia lawan Bolivia. Selecao saat itu menang telak 5-0 dan Firmino sukses mengemas dua gol.

(FIFA)