FOLLOW US:


Para Calon Tulang Punggung Timnas Portugal Setelah Ronaldo, Siapa yang Paling Cocok?

02-09-2021 14:19

 | Serafin Unus Pasi

Para Calon Tulang Punggung Timnas Portugal Setelah Ronaldo, Siapa yang Paling Cocok?
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan gol melawan Republik Irlandia, Kamis (2/9/2021) © AP Photo

Bola.net - Nama Cristiano Ronaldo begitu melekat dengan timnas Portugal. Baru-baru ini ia mencetak sejarah baru bersama timnas Portugal sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dalam level Timnas.

Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Ali Daei yang memegang rekor 109 gol bersama Timnas Iran, kini Ronaldo sudah melewati dirinya dengan mencetak dua gol kemenangan ke gawang Irlandia yang menjadikannya top skor sepanjang masa level Timnas dengan rekor 111 gol.

Kini yang menjadi pertanyaanya adalah siapa orang yang mampu menjadi tulang punggung Portugal yang baru saat salah satu pemain terbaik dunia yang berseragam Portugal tersebut pensiun. Mengingat Ronaldo saat ini sudah berusia 36 tahun dan diprediksi akan pensiun setelah Piala Dunia 2022 mendatang.

Kami merangkum beberapa nama yang sekiranya masih pantas untuk menggantikan atau menjadi tulang punggung baru bagi wajah Portugal di masa depan nanti. Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya.

1 dari 7

Diogo Jota

Diogo Jota
Pemain Portugal, Diogo Jota © AP Photo

Pemain yang saat ini membela Liverpool ini memang tergolong masih terlalu dini untuk mengemban tugas berat tersebut. Namun di usianya yang masih menginjak 24 tahun ia menunjukkan tanda-tanda yang bagus di level klub.

Dalam beberapa waktu ia masih bisa bermain lebih matang dan bisa menjadi tulang punggung yang baru saat menghilangnya nama Cristiano Ronaldo dalam skuad Portugal.

Jota perlu bermain dengan baik sebagai sayap kiri, mengingat dia memiliki tipe yang mirip dengan Ronaldo dengan keegoisannya saat memegang bola dan memiliki hasrat ingin mencetak gol yang banyak. Dirinya bisa menjadi tumpuan dimasa yang akan datang jika digembleng dengan lebih baik bersama Portugal

2 dari 7

Joao Felix

Joao Felix
Joao Felix © AP Photo

Felix memang salah satu kandidat kuat dari seorang Cristiano Ronaldo, dengan gaya bermain yang mirip dengan Ronaldo muda, ia bisa menjadi tulang punggung yang baru bagi Portugal sendiri.

Namun, Felix saat ini memiliki permainan yang sedikit mulai redup akibat cedera dan juga gaya bermainnya yang seperti itu-itu saja yang masih kurang mampu bersaing dengan beberapa pemain lain.

Felix perlu berusaha keras untuk menjadi pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo. Umurnya yang masih menginjak 21 tahun, ia masih memiliki karir yang cukup panjang dan masih bisa membuat seluruh dunia mulai melirik dirinya di masa yang akan datang.

3 dari 7

Francisco Trincao

Francisco Trincao
Fransisco Trincao © FC Barcelona

Pemain muda yang tengah bermain untuk Wolves ini juga bisa menjadi salah satu pengganti sosok Ronaldo di masa depan nanti.

Umurnya yang masih 21 tahun, ia dan Felix masih memiliki karir yang panjang sebagai pemain kelas dunia, tetapi perlu diingat, jika ingin menggantikan sosok Ronaldo, Francisco Trincao tidak boleh bermain angin-anginan sedikitpun kedepannya.

Trincao harus mampu memperlihatkan permainan terbaiknya sebagai sayap kanan Portugal, yang mampu membawa Portugal menjadi tim kuat dan meraih banyak trofi. Sejauh ini ia menunjukkan penampilan yang cukup mengesankan bersama tim yang bermarkas di Mollineux tersebut.

4 dari 7

Andre Silva

Andre Silva
Portugal © AFP

Kecepatan, dribbling, dan finishing seakan membuat Andre Silva menjadi pemain top untuk menggantikan sosok Ronaldo. Sebagai striker, ia masih bisa mengasah kemampuannya di usianya yang masih muda.

Andre Silva memiliki gaya bermain yang unik dengan mengandalkan kecepatan serta kelincahan dari dirinya sebagai seorang striker serta finishing yang cukup akurat ke gawang lawan.

Joao Felix dan Jota masih belum mencapai puncak karirnya sebagai pesepakbola, ini bisa menjadikan dirinya sebagai tulang punggung yang baru saat Ronaldo pensiun, karena bagaimanapun Bruno Fernandes akan membutuhkan seorang striker yang mampu menembus berbagai pertahanan lawan untuk dioper.

5 dari 7

Pedro Neto

Pedro Neto
Pedro Neto (no. 19) ikut merayakan gol rekannya di laga Luksemburg vs Portugal, Kualifikasi Piala Dunia 2022. © AP Photo

Memiliki posisi sebagai sayap kiri, tetapi mampu bermain baik sebagai second striker dan sayap kanan, Pedro Neto bisa menjadi partner kuat beberapa pemain Portugal di beberapa tahun kedepan.

Namun ia harus segera lekas sembuh dari cedera dan comeback dengan baik bersama Wolves, dan juga Portugal. Namun, sama seperti Felix dan Trincao, ia masih memiliki perjalanan panjang dan masih bisa membuktikan kepada dunia bahwa dia pantas menjadi pemain top dunia.

Pedro Neto merupakan pemain sayap yang memiliki keterampilan yang sangat baik dari dribbling dan finishingnya yang membuat banyak bek kerepotan, tetapi ia masih harus digembleng untuk lebih baik lagi sebagai salah satu pemain muda berbakat saat ini.

6 dari 7

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes
Pemain Timnas Portugal, Bruno Fernandes. © AP Photo

Nama Bruno bukanlah hal yang biasa jika dirinya masuk daftar ini, pasalnya ia merupakan tumpuan utama dari Manchester United musim lalu. Namun ia masih belum menemukan performa terbaiknya bersama Portugal dan sempat bermain buruk saat Euro 2020 lalu.

Musim ini ia sudah mencetak tiga gol dari tiga pertandingannya di Premier League, ia masih bisa menjadi gelandang serang yang sangat baik untuk memberikan asupan-asupan bola kepada temannya.

Umurnya yang sudah berusia 26 tahun akan mendekati permainan terbaiknya, ia akan menjadi duet kuat bersama Bernardo Silva dalam beberapa waktu, dan bisa menjadi tumpuan utama Portugal sebagai pemain kunci mereka saat mereka kehilangan sosok Ronaldo.

7 dari 7

Goncalo Guedes

Goncalo Guedes
Goncalo Guedes Dan Eden Hazard © AFP

Memiliki dribbling dan crossing yang cukup baik sebagai pemain sayap, nama Goncalo Guedes akan menjadi nama terakhir dalam daftar ini.

Ia sendiri merupakan pemain yang hebat dan tidak takut berhadapan dengan tim sekuat apa, hal ini yang menjadikan Valencia menjadikannya pemain andalan milik mereka. Goncalo Guedes bisa menjadi pemain yang siap membantu Andre Silva dalam mencetak gol.

Usianya yang masih menginjak 24 tahun bisa menjadikan dirinya sebagai pesaing Jota dan tumpuan Portugal dimasa depan nanti. Jika mampu tampil fantastis ia bisa saja menjadi trio kuat bersama Bruno dan juga Felix saat dimana Portugal sudah kehilangan sosok pemain terbaik mereka Cristiano Ronaldo.

(Bola.net/Risditya)