FOLLOW US:


Pemain Terbaik FIFA 2019, Salah Hanya Jadi Pilihan Kedua Van Dijk

24-09-2019 17:01

 | Dimas Ardi Prasetya

Pemain Terbaik FIFA 2019, Salah Hanya Jadi Pilihan Kedua Van Dijk
Virgil Van Dijk bersama partnernya Like Nooitgedagt saat menghadiri seremoni Best FIFA Awards di Milan, Senin (23/09/2019). © AP Photo

Bola.net - Kapten Timnas Belanda dan bek Liverpool Virgil Van Dijk menjadikan Lionel Messi sebagai pilihan pertamanya dalam voting Pemain Terbaik FIFA 2019.

Hari Senin malam alias Selasa (24/09/2019) dini hari WIB, FIFA telah menggelar seremoni pemilihan pemain terbaik tahun 2019 ini. Acara tersebut digelar di teater La Scala di kota Milan.

Tiga finalis yang bersaing untuk meraih penghargaan pemain terbaik adalah Van Dijk, Messi dan Cristiano Ronaldo. Awalnya, Van Dijk yang dijagokan untuk memenangi penghargaan tersebut.

Pasalnya sebelumnya ia berhasil memenangi penghargaan Pemain Terbaik UEFA 2018-19. Namun ternyata berdasarkan hasil poling, yang keluar sebagai pemenang adalah sang superstar Barcelona, Lionel Messi. Ia berhasil mengantongi total 46 suara.

Van Dijk sendiri mendapat suara terbanyak kedua dengan poin 38. Sementara itu sang superstar Juventus, Ronaldo, berada di peringkat ketiga dengan raihan 36 poin.

1 dari 2

Pilihan Van Dijk

Pilihan Van Dijk
Ekspresi Mohamed Salah usai membobol gawang Arsenal © AP Photo

Voting yang digelar oleh FIFA ini melibatkan para kapten timnas yang berada di seluruh penjuru dunia. Poling itu juga melibatkan para pelatih timnas plus jurnalis yang dipilih satu dari setiap negara yang timnasnya bernaung di bawah keanggotaan FIFA.

Sebagai kapten Timnas Belanda, Van Dijk tentu berhak memberikan suaranya. Pilihan pertamanya aka mendapatkan lima poin. Sementara itu pilihan kedua mendapat tiga poin dan pilihan ketiga hanya bernilai satu poin.

Van Dijk ternyata menjadikan Messi sebagai pilihan nomor satunya. Sementara itu Salah menjadi pilihan keduanya dan Sadio Mane sebagai pilihan ketiga. Kedua nama terakhir ini adalah rekan setimnya di Liverpool.

Salah sendiri finis di peringkat keempat dalam voting ini dengan raihan 26 poin. Sementara itu Mane berada di peringkat kelima dengan raihan 23 poin.

2 dari 2

Pilihan Robertson

Selain Van Dijk, pemain lain di skuat Liverpool yang berhak memberikan suara di voting ini adalah bek Andrew Robertson. Pasalnya ia adalah kapten Timnas Skotlandia.

Robertson ternyata memilih untuk menjadikan Van Dijk sebagai pilihan pertamanya. Pilihan keduanya ternyata cukup mengejutkan.

Ia tidak memilih Salah ataupun Mane. Ia memilih untuk memberikan suaranya pada gelandang Timnas Belanda yang musim lalu bermain di Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong. Barulah di pilihan ketiga, ia memberikan suaranya untuk Mane.

(FIFA)