Piala Dunia 2022: Portugal Disarankan untuk Jadikan Ronaldo Sebagai 'Supersub'

Dimas Ardi Prasetya | 9 Desember 2022 23:01
Piala Dunia 2022: Portugal Disarankan untuk Jadikan Ronaldo Sebagai 'Supersub'
Selebrasi Cristiano Ronaldo dan skuad Portugal di laga 16 besar Piala Dunia 2022 versus Swiss, Rabu (7/12/2022) (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Bola.net - Bek senior Portugal, Jose Fonte, menyerankan pada Selecao untuk memberikan peran 'supersub' alias pemain pengganti pada Cristiano Ronaldo khususnya di sisa gelaran Piala Dunia 2022 ini.

Cahaya Ronaldo mulai memudar. Pemain 37 tahun itu kini tak lagi diandalkan sebagai mesin gol.

Ia malah dianggap sebagai beban. Sebelum didepak dari Old Trafford, ia sudah tersingkir dari skuad utama Manchester United.

Kini ia juga tersingkir dari skuad utama Portugal di Piala Dunia 2022. Ia cuma jadi penghangat bangku cadangan saat Selecao jumpa Swiss di babak 16 besar.

1 dari 4 halaman

Ronaldo Jadi Supersub

Jose Fonte mengatakan Portugal sekarang memang bisa tampil lebih baik tanpa Cristiano Ronaldo. Permainan mereka jadi lebih kompak dan mengalir.

Namun bukan berarti era Ronaldo sudah habis. Ia mengatakan CR7 masih bisa memainkan peran sebagai supersub.

"Anda tidak bisa mengajari seorang legenda seperti Ronaldo. Ronaldo akan selalu menjadi Ronaldo dan bagi Portugal bahkan sangat positif untuk memiliki pemain seperti dirinya datang dari bangku cadangan - akan menjadi satu masalah lagi yang menyebabkan lawan," serunya seperti dikutip dari A Bola.

2 dari 4 halaman

Portugal Bisa Juara Dunia

Portugal Bisa Juara Dunia

Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo dan para pemain cadangan Portugal jelang kick-off Portugal vs Swiss di babak 16 besar (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Portugal sekarang ini sudah masuk ke babak perempat final. Di babak ini mereka akan berhadapan dengan Maroko.

Menurut Jose Fonte, ia yakin Portugal akan bisa bablas jadi juara Piala Dunia 2022. Sebab selain punya dua modal penting untuk melakukan hal tersebut.

"Fernando Santos membawa mentalitas yang sangat kuat kepada tim nasional. Tim memiliki kemampuan yang hebat untuk bertahan bersama," pujinya.

"Dan itu akan menimbulkan masalah ofensif di setiap pertandingan. Saya percaya bahwa Portugal akan pergi ke akhir perjalanan, Piala Dunia adalah gelar yang kita rindukan. Ayo kita tetap menyilangkan jari kita agar hal itu terjadi," seru Fonte.

3 dari 4 halaman

Portugal Butuh Ronaldo

Eks bek Real Madrid, Michel Salgado, sebelumnya mengatakan Cristiano Ronaldo masih sangat dibutuhkan di Timnas Portugal. Ia yakin pelatih Selecao yakni Fernando Santos akan butuh bantuan Ronaldo jika mereka memang ingin jadi juara Piala Dunia 2022.

“Ia memiliki kepribadian untuk mencari solusi tanpa Ronaldo, tetapi jika saya seorang manajer, dan saya percaya Fernando mengetahuinya, Anda perlu mengandalkan Ronaldo jika ingin memenangkan Piala Dunia ini. Itu jelas," klaimnya via Fotmob.

"Yang dibutuhkan adalah mental Ronaldo menemukan tempatnya, dan tetap fokus pada tim nasional, apa pun yang terjadi. Tapi itu jelas merupakan momen perubahan baginya," sambung Salgado.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR