FOLLOW US:


Pirlo Sarankan Ventura Gunakan 4-3-3

12-11-2017 05:06
Pirlo Sarankan Ventura Gunakan 4-3-3
Andrea Pirlo © AFP

Bola.net - Italia kalah 0-1 di kandang Swedia pada leg pertama babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018. Eks gelandang Azzurri Andrea Pirlo menyarankan pelatih Giampiero Ventura untuk menggunakan sistem 4-3-3 di leg kedua.

Keputusan Ventura mengubah formasi 4-2-4 yang biasanya menjadi 3-5-2 berdampak buruk. Di Friends Arena, Solna, Italia takluk oleh gol tungal Jakob Johansson menit 61. Sialnya lagi, gelandang Marco Verratti mendapatkan kartu dan harus absen pada laga berikutnya.

Leg kedua akan digelar di San Siro, Selasa . Tanpa Verratti yang terkena skorsing, Pirlo berpendapat bahwa Italia perlu main lebih ofensif dengan 4-3-3.

"Sayangnya Verratti tidak bermain bagus, begitu pula seluruh skuat," kata Pirlo seperti dikutip Football Italia.

"Dia menampilkan beberapa operan bagus di babak pertama, tapi kemudian hilang arah. Mungkin setelah kartu kuning itu dia jadi takut melakukan tekel, karena khawatir kartu merah. Dia tidak bermain dengan cara seperti yang biasa dia lakukan di PSG."

Tanpa Verratti di San Siro, menurut Pirlo apa yang sebaiknya dilakukan oleh Ventura?

"Kalau saya, saya akan lebih menyerang, bermain dengan sistem 4-3-3 untuk memberi ruang lebih bagi Lorenzo Insigne agar dia bisa melewati lawan di wilayah serang."

"Kita terlalu sering kehilangan bola di tengah karena cara main dua striker. Kita perlu melebarkan permainan ke sektor sayap agar bisa menekan mereka dengan jumlah."