FOLLOW US:


PSSI Anggap Surabaya Layak Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-20

10-10-2019 22:04

 | Serafin Unus Pasi

PSSI Anggap Surabaya Layak Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-20
Ratu Tisha © Bola.net/Erwin Yohanes

Bola.net - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dianggap layak digunakan untuk penyelenggaraan FIFA World Cup U-20 pada tahun 2021 mendatang. Oleh karena itu, Surabaya pun diusulkan menjadi salah satu tuan rumah laga bergengsi tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha. Ia mengatakan, saat ini PSSI telah memasuki tahapan additional information untuk kesiapan laga tersebut. Untuk itu, dalam penilaiannya, Surabaya dianggap sudah siap sesuai dengan standar yang telah diberikan oleh FIFA.

“Surabaya sangat siap untuk mengerjakan sesuai dengan standar yang diberikan FIFA,” kata Ratu Tisha usai bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kamis (10/10).

Meski stadion GBT secara umum dianggap sudah layak untuk menggelar pertandingan skala Internasional, namun masih ada beberapa hal-hal yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Ia mencontohkan seperti, lighting, flat light, single seat (kursi), exercise, warming up dan jacuzi.

"Secara umum (GBT) sudah layak, makanya kita berani untuk mengajukan. Namun tetap ada beberapa hal yang masih perlu untuk diperhatikan," tegasnya.

Terkait dengan hal ini, PSSI diberikan batas waktu hingga 18 Oktober 2019 untuk menyerahkan semua berkas persiapan tuan rumah. Berkas itu nanti akan menjadi pertimbangan pada rapat FIFA yang berlangsung 23 Oktober 2019.

Dalam hal ini, diakuinya, Indonesia akan bersaing dengan dua negara lain, diantaranya adalah Brazil dan Peru. Dan Kota Surabaya dianggap memiliki komitmen yang tinggi untuk bisa mendukung kesiapan laga itu di Indonesia pada 2021 mendatang.

Sementara itu, sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 itu, Stadion GBT bakal menjadi venue pertandingan sepakbola persahabatan antara Tim Nasional Indonesia U-19 akan melawan Tim Nasional China U-19. Pertandingan akan digelar 17 Oktober 2019 mendatang.

“Uji coba tersebut juga menjadi salah satu penilaian. Report atas uji coba tersebut akan PSSI kirimkan ke FIFA,” katanya.

Ratu Tisha optimistis bahwa Indonesia bakal terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Namun jika gagal, PSSI berkomitmen akan siap bidding untuk penyelengaraan Piala Dunia U-17 mendatang.

(Bola.net/Erwin Yohanes)