FOLLOW US:


PSSI Kirim Garuda Select Angkatan II ke Inggris dan Italia

08-10-2019 18:54

 | Serafin Unus Pasi

PSSI Kirim Garuda Select Angkatan II ke Inggris dan Italia
Suasana Peluncuran Skuat Garuda Select Angkatan Kedua © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Sebanyak 24 pesepakbola muda Indonesia yang tergabung dalam program Garuda Select angkatan kedua akan diberangkatkan PSSI ke Inggris dan Italia. Enam di antaranya merupakan pemain yang sebelumnya ikut program Garuda Select angkatan pertama.

Ke-24 pemain tersebut akan berada di lnggris dan ltalia selama kurang Iebih lima bulan lamanya. Seperti angkatan sebelumnya, generasi kedua juga bakal dilatih oleh Dennis Wise sebagai direktur program, dan Des Walker selaku pelatih.

Adapun, program Garuda Select merupakan kerja sama jangka panjang antara PSSI, Mola TV, dan SuperSoccer TV. Semua kegiatan Garuda Select akan ditayangkan di Mola TV dan SuperSoccer TV melalui program pertandingan langsung (live match)dan dokumenter.

Sebelumnya, program Garuda Select angkatan pertama berhasil meraih 4,7 juta penonton untuk siaran live match. Sedangkan untuk dokumenter menembus hingga 70 juta.

"PSSI secara khusus berterima kasih atas dukungan dan kerja sama Mola TV terhadap program Garuda Select. Para pemain yang mendapat beasiswa akan belajar, dengan level pelatihan dunia," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha, di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

"Kami berharap program ini dapat mengembangkan kualitas dan pribadi pemain-pemain muda berbakat Indonesia. Tentunya, sepanjang program Garuda Select, semua pemain dijamin kesehatan fisiknya dan akan dijaga sepenuhnya,” katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2

Pernyataan Kedubes Inggris

Sementara itu, Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins menyambut positif kembali digelarnya Garuda Select di Inggris. Sebab menurutnya, Garuda Select merupakan program yang luar biasa.

"Acara hari ini merupakan dukungan dari kami dalam rangka mengantar anak-anak berangkat ke Inggris. Hal ini juga merupakan kebanggaan bagi kami sebagai tuan rumah bagi calon bintang sepak bola Indonesia di masa depan," tutur Jenkins.

"Saya tidak sabar untuk melihat perkembangan mereka, dan memberi semangat ketika mereka berlatih di Inggris. Program Garuda Select ini benar-benar memberikan kesempatan yang lebih luas dan saya sangat berterima kasih bagi semua pihak yang turut berkontribusi," imbuhnya.

Adapun, Garuda Select merupakan bagian dari program Elite Pro Academy (EPA) klub Liga 1 U-16 dan U-18. Oleh sebab itu, setiap tahunnya akan ada 24 pemain terbaik dari EPA U-16 dan U-18 yang bakal mendapat beasiswa Garuda Select.

2 dari 2

Skuat Garuda Select Angkatan II

Goalkeeper
1. Yogi Hermawan (Barito Putera)
2. Erlangga Setyo (Persib)

Left Back
3. Muhammad Afin Bahrani (Arema)
4. Edgard Amping (PSM)

Right Back
5. Bagas Kahfi (Garuda Select Angkatan I)
6. Fajar Fathurahman (Garuda Select Angkatan I)

Defender
7. Muhammad Illham (Borneo FC)
8. Renaldi (PSM)
9. Kakang Rudianto (Persib)
10. Dodi Irawan (Perseru Serui)

Midfield
11. Arjuna Agung (Persipura)
12. Dika Kuswardani (PSIS)
13. Brylian Aldama (Garuda Select Angkatan I)
14. Andre Oktaviansyah (Garuda Select Angkatan I)
15. David Maulana (Garuda Select Angkatan I)
16. Muhammad Rafi Asrul (PSM)

Left Wing
17. M.Ridyan Taufiq (Arema FC)
18. Subhan Fajri (Barito Putera)

Right Wing
19. Ferdiansyah (Persib)
20. Bramdani (Persebaya)

Forward
21. Ardi Ardiana (Kalteng Putra)
22. Arsa Ahmad (Bhayangkara)
23. Alfriyanto Nico (Persija)
24. Bagus Kaffa (Garuda Select Angkatan I)

(Bola.net/Fitri Apriani)