FOLLOW US:


Review: Tak Ada Kejutan Bagi Samba

16-06-2010 03:15

 | Jong Tae-Se

Review: Tak Ada Kejutan Bagi Samba
Maicon merayakan golnya bersama Elano ©AFP

Bola.net - Meski sempat memberikan perlawanan, Korea Utara tak mampu memberikan kejutan bagi juara dunia lima kali Brasil setelah mereka takluk dengan skor 2-1 pada laga kedua Grup G di Ellis Park Stadium, Rabu (16/6) dini hari. 

Melawan tim yang peringkat dan kemampuannya jauh di atas mereka, skuad Korea Utara bermain dengan gagah berani dan mereka meladeni permainan cepat dan terbuka yang diperagakan Tim Samba.

Korea Utara yang memasang Jong Tae-Se sendirian di lini depan beberapa kali merepotkan pertahanan Brasil dengan serangan balik yang mereka lancarkan dengan cepat, bahkan Jong Tae-Se mampu menembus pertahanan Brasil dan melancarkan tendangan yang masih bisa diamankan kiper Julio Cesar di menit 10.

Brasil lebih superior dalam penguasaan bola dan intensitas serangan, namun mereka gagal memasuki kotak penalti Korea Utara dan sesekali melancarkan tendangan jarak jauh. Di menit 21, Robinho menerima umpan terobosan Luis Fabiano di dalam kotak penalti, namun tembakan lemahnya dari sudut sempit berhasil diantisipasi kiper Ri Myong-Guk.

Menit 28 Ri Myong-Guk sukses mengamankan gawangnya ketika ia menepis tendangan keras Maicon dari depan kotak penalti, dan meski terus menggempur pertahanan lawan, Selecao gagal melesakkan gol dan harus menutup babak pertama dengan hasil imbang tanpa gol.

Babak kedua Brasil mencoba bermain lebih tenang, namun mereka tak memberikan kesempatan kepada para pemain Korea Utara. Hasilnya mereka mampu memecah kebuntuan di menit 55 lewat gol spektakuler Maicon yang maju menyerang dan melepas tembakan dari sudut sempit di garis lapangan, menempatkan bola ke tiang jauh Korea Selatan melewati kiper Ri Myong-Guk.





Setelah gol tersebut, Brasil bermain nyaman dan melancarkan serangan dengan lebih terorganisir ke jantung pertahanan Korea Utara.

Menit 61 Michel Bastos melepas tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis Ri Myong-Guk, dan dua menit kemudian giliran Luis Fabiano yang menaklukkan bek lawan di kotak penalti namun tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang Korea Utara.

Elano akhirnya menambah keunggulan Brasil di menit 72 ketika ia menerima umpan brilian Robinho dan menaklukkan Ri Myong-Guk dengan tendangan dari jarak dekat.

Merasa di atas angin, Brasil sedikit terlena dan mereka harus berjibaku menahan serangan balik Korea Utara. Menit 86 upaya Jong Tae-Se masih bisa digagalkan Juan namun dua menit kemudian Korea Utara menerima upah kerja keras mereka ketika Ji Yun-Nam membobol gawang Julio Cesar dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti.

Terus menekan di sisa pertandingan dengan harapan dapat menyamakan kedudukan, Korea Utara harus menerima kegagalan mereka saat wasit meniup peluit panjang beberapa menit berselang namun mereka patut berbangga telah memberikan perlawanan berarti pada tim sekelas Brasil.

Statistik Laga:

    (bola/row)


Komentar Pembaca (10 komentar)
abcd..... aneuk_pase, Aceh Utara - Lhokseumawe
16:04 21 Juni 2010
salut buat brazilllllllllllllll,,,,,, dari nenek sampei kakek selalu mendukung brazilll...

jadi pastikan kaulah terbaik di sejagad............................
kami selalu mendukung mu...............
henry, palembang
12:46 16 Juni 2010
selamat buat brazil, emang lu ga ada 2nya deh...
dan salut buat korea utara yang main dengan gagah berani tim sekelas brasilpun harus susah payah untuk menang.
buat timnas contoh tu korea jangan lembek melulu, tunjukkan nasionalismemu dan berjuang mengharumkan nama negara.
bravo timnas
bravo sriwijaya fc
rief, jakarta
11:06 16 Juni 2010
slamat bwt BRAZIL,,maju trz joga bonito,,tp salutt bwt KORUT,,lanjutkan!!
indra, jkt
10:18 16 Juni 2010
umpan robinho cakep bngt ehmmm mantep.tp salut sama korut yg maen nya jg cakep.bravo samba noga smp final lg n juara ya buat maicon biar botak2 licin tp tendangan nya tuuuh
Steffen Nd, Batu
09:41 16 Juni 2010
Barvo Brazil, seng ada lwan. Kerahkanlah kekuatan mu untuk mengalahkan lawan2mu dengan permainan cantik dan efektif menciptkan banyak gol. Selamat buat Korut, hebat dan kamu bisa kalahkan Portugal atau jga Pantai gading.......