FOLLOW US:


Saat Crespo Akhirnya Keluar dari Bayang-bayang Batistuta

11-06-2020 13:46

 | Gia Yuda Pradana

Saat Crespo Akhirnya Keluar dari Bayang-bayang Batistuta
Gabriel Batistuta dan Hernan Crespo © AFP

Bola.net - Hernan Crespo adalah striker tim nasional Argentina periode 1995-2007. Awal kariernya di tim nasional tidaklah mulus.

Penyebabnya adalah karena waktu itu Argentina masih punya Gabriel Batistuta.

Crespo tampil di Piala Dunia 1998 dan 2002. Namun, di dua edisi Piala Dunia itu, mantan bomber Parma, Lazio, dan Inter Milan tersebut bukanlah pilihan utama. Dia selalu jadi pelapis Batistuta.

Crespo baru bisa keluar dari bayang-bayang Batistuta setelah mantan mesin gol Fiorentina itu pensiun dari tim nasional di tahun 2002.

1 dari 6

Awal Karier Internasional Crespo

Crespo melakoni debutnya untuk tim nasional Argentina dalam laga uji coba melawan Bulgaria pada Februari 1995. Dia merupakan bagian dari skuad yang menjadi runner-up King Fahd Cup 1995, turnamen pendahulu Piala Konfederasi.

Pada 1996, Crespo masuk skuad Olimpiade Argentina. Crespo membantu Argentina lolos ke final, mencetak dua gol kontra Spanyol di perempat final dan melawan Portugal di semifinal. Namun, Argentina kalah melawan Nigeria di final.

Crespo masuk skuad Piala Dunia 1998, tapi cuma tampil sekali sebagai pemain pengganti. Waktu itu, Gabriel Batistuta masih jadi pilihan utama di lini depan.

Di Piala Dunia 2002, ketika Argentina tersingkir di babak penyisihan grup, Crespo kembali menjadi pelapis Batistuta. Crespo tampil sebagai pemain pengganti di ketiga pertandingan Argentina.

2 dari 6

Dari Batistuta ke Crespo

Batistuta pensiun dari tim nasional setelah Piala Dunia 2002. Crespo pun mengambil alih perannya sebagai nomor 9 Argentina.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2006, Crespo mencetak tujuh gol untuk Argentina. Itu termasuk dua gol dalam kemenangan 3-1 atas sang rival Brasil di Buenos Aires, yang memastikan kelolosan Argentina ke putaran final.

Piala Dunia 2006 menjadi awal baru bagi Crespo, yang waktu itu berstatus pemain Chelsea.

3 dari 6

Hamburg, 10 Juni 2006

Di Jerman 2006, Argentina tergabung di Grup C bersama Belanda, Pantai Gading, dan Serbia & Montenegro. Laga pertama mereka adalah melawan Pantai Gading.

Laga itu digelar di FIFA World Cup Stadium, Hamburg, 10 Juni 2006.

Pelatih Jose Pekerman memasang Crespo dari menit awal. Crespo berduet dengan Javier Saviol di lini depan Argentina. Mereka di-support oleh Juan Roman Riquelme, Esteban Cambiasso, Javier Mascherano, dan Maxi Rodriguez dari lini kedua.

Crespo jadi starter di Piala Dunia untuk pertama kali dalam kariernya. Dia pun melaluinya dengan gemilang, mencetak gol pembuka Argentina.

4 dari 6

Start Sempurna

Crespo membuka keunggulan Argentina dengan gol yang dicetaknya di menit 24. Setelah itu, Argentina menggandakan keunggulan lewat gol Saviola di menit 38.

Pantai Gading menipiskan selisih skor lewat gol Didier Drogba di menit 82.

Setelah itu, tak ada gol lagi yang tercipta. Argentina menang 2-1, dan mendapatkan start yang sempurna.

5 dari 6

Terhenti di Perempat Final

Argentina lolos dari Grup C bersama Belanda. Argentina kemudian berjumpa Meksiko di babak 16 besar.

Tertinggal oleh gol Rafael Marquez di menit 6, Argentina berbalik menang lewat gol Crespo di menit 10 dan gol Maxi Rodriguez di extra time.

Namun, langkah Argentina kemudian terhenti di perempat final. Mereka kalah adu penalti melawan tuan rumah Jerman.

Crespo, yang akhirnya keluar dari bayang-bayang Batistuta, tak mampu membantu Argentina melangkah lebih jauh.

6 dari 6

Melewati Catatan Gol Maradona

Crespo tampil di Copa America 2007. Dia mencetak dua gol ketika Argentina menang 4-1 atas Amerika Serikat di laga pembuka Grup C.

Dia menyamai catatan 34 gol sang legenda Diego Maradona untuk Argentina.

Di laga kedua, Crespo mencetak satu gol penalti kontra Kolombia. Saat itu, dia sukses melewati catatan gol Maradona.

Namun, Crespo kemudian mengalami cedera lutut dan tak bermain lagi sampai turnamen selesai.

Setelah Copa America itu, Crespo tak pernah lagi dipanggil oleh Argentina. Dia pun mengakhir kariernya di tim nasional dengan 35 gol dalam 64 penampilan internasional.

Saat ini, Crespo adalah pencetak gol terbanyak ke-4 dalam sejarah tim nasional Argentina. Dia ungul satu gol atas Maradona, dan hanya berada di bawah Lionel Messi (70 gol), Batistuta (54 gol), serta Sergio Aguero (41 gol).