FOLLOW US:


Sejarah Hari Ini: Theo Walcott Jadi Pemain Termuda yang Cetak Hat-trick untuk Timnas Inggris

10-09-2020 17:24

 | Aga Deta

Sejarah Hari Ini: Theo Walcott Jadi Pemain Termuda yang Cetak Hat-trick untuk Timnas Inggris
Theo Walcott © Everton FC

Bola.net - Hari ini 12 tahun lalu menjadi momen spesial bagi Theo Walcott. Pemain Everton itu menjadi pemain termuda yang mencetak hat-trick untuk timnas Inggris.

Inggris meraih kemenangan telak 4-1 atas Kroasia di kualifikasi Piala Dunia 2010. Walcott merupakan salah satu pencetak gol dalam pertandingan di Zagreb tersebut.

Walcott, yang ditempatkan oleh Fabio Capello sebagai pemain sayap kanan, tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol. Itu merupakan tiga gol pertamanya buat timnas senior Inggris.

Pada pertandingan ini, Walcott baru berusia 19 tahun. Mantan pemain Arsenal itu menjebol gawang Stipe Pletikosa pada menit ke-26, 59, 82.

Satu gol Inggris lainnya diciptakan oleh Wayne Rooney. Sementara satu gol milik Kroasia dibukukan oleh Darijo Srna.

Walcott pun menjadi pemain timnas Inggris pertama yang mencetak hat-trick dalam sebuah kompetisi sejak Michael Owen. Mantan pemain Liverpool tersebut melakukannya saat mengalahkan Jerman 5-1 pada 2001.

1 dari 2

Dipuji Capello

Penampilan impresif yang ditunjukkan Walcott itu mengundang pujian Fabio Capello selaku sang pelatih. Capello saat itu menyebut Walcott sebagai salah satu pemain yang berbahaya.

"Dia muda dan sangat berbahaya bagi para bek. Dia salah satu pemain muda terpenting di Inggris. Saat ini, dia sulit dikendalikan," kata Capello.

2 dari 2

Kiprah di Timnas Inggris

Walcott melakoni debut di timnas Inggris pada tahun 2006. Steve McClaren memberikan kesempatan kepada Walcott untuk membela The Three Lions pada usia 17 tahun 2 bulan 14 hari.

Pemain Everton itu membela Timnas Inggris selama 10 tahun. Dalam rentang itu, Walcott mencatatkan 47 caps dengan mencetak delapan gol.

Penampilan terakhir Walcott di timnas Inggris terjadi pada tahun 2016. Ketika itu, ia bermain melawan Spanyol dalam pertandingan persahabatan.

Sumber: Berbagai Sumber