FOLLOW US:


Southgate Soal Varane Yang Jadi 'Korban' VAR

14-06-2017 14:22

 | Raphael Varane

Southgate Soal Varane Yang Jadi 'Korban' VAR
Raphael Varane dapat kartu merah di laga Prancis vs Inggris. © ist

Bola.net - Pelatih Inggris, Gareth Southgate tak ketinggalan memberikan komentarnya terkait kartu merah yang diberikan wasit kepada Raphael Varane di pertandingan persahabatan antara Inggris dan Prancis.

Pada pertandingan itu, Prancis menang dengan skor 3-2 meskipun harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua. Varane mendapatkan kartu merah usai wasit Davide Massa mendapat bantuan dari teknologi VAR (Video Assistant Referee).

Kartu merah itu memicu banyak perdebatan karena dinilai tak layak untuk diberikan pada Varane. Kontroversi mengenai penggunaan VAR pun terus bermunculan.

"Saya berasumsi wasit ingin memastikan dan bila dia bisa, maka ini sebuah keputusan yang masuk akal. Masih ada unsur penghakiman seseorang pada keputusan itu," ujarnya usai pertandingan.

Akibat kartu merah itu, Prancis pun hampir sepanjang babak kedua harus bermain dengan 10 pemain. Namun tuan rumah justru mampu memenangkan pertandingan.

"Bahkan dengan video itu, anda tak akan selalu mendapatkannya 100% benar," sambungnya.

"Saya belum melihatnya lagi tapi dari pandangan awal saya, saya pikir ini adalah keputusan tepat. Dari tempat kami melihat ini seperti penalti yang jelas dan kemudian kartu merah," tambahnya.

"Bila orang mengatakan sebaliknya, maka saya harus melihatnya lagi," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Inggris kalah 2-3 saat melawan Prancis dalam pertandingan persabahatan di Stade de France, Rabu (14/6) dini hari tadi. Dalam pertandingan itu, The Three Lions sempat unggul lebih dulu lewat sontekan Harry Kane pada menit kesembilan.

Namun Inggris kemudian justru tertinggal setelah Prancis mencetak gol melalui Samuel Umtiti dan Djibril Sidibe. Inggris lagi-lagi mampu menyamakan skor melalui penalti Kane usai Dele Alli dijatuhkan Raphael Varane di awal babak kedua. Varane sendiri pada akhirnya dihukum kartu merah.

Unggul jumlah pemain nyatanya tak membuat Inggris mencetak gol tambahan. Sebaliknya, mereka justru kebobolan pada menit ke-78 lewat aksi Ousmane Dembele.