Termasuk Klose, Inilah Para Pemain Tertua yang Sukses Menangkan Trofi Piala Dunia

Serafin Unus Pasi | 1 November 2022 18:33
Termasuk Klose, Inilah Para Pemain Tertua yang Sukses Menangkan Trofi Piala Dunia
miroslav klose (c) AFP

Bola.net - Genderang edisi ke-22 Piala Dunia akan dimulai pada tanggal 20 November tahun ini. Total, 32 negara peserta akan berharap untuk membuat sejarah dengan upaya mereka dengan meraih predikat juara di Qatar nanti.

Dalam sejarah turnamen Piala Dunia, ada banyak cerita dan peristiwa unik yang sering kali menarik bagi para penggemar sepak bola. Salah satu peristiwa unik tersebut adalah pemain tertua yang sukses meraih trofi Piala Dunia.

Percaya atau tidak, ada pemain berusia uzur yang sanggup memenangkan Piala Dunia di usia 40 tahun. Hal itu pernah diraih oleh kiper legendaris timnas Italia, Dino Zoff.

Tentunya, Dino Zoff bukan satu-satunya pemain berusia uzur yang sukses meraih trofi Piala Dunia. Termasuk Dino Zoff, berikut empat pemain tertua yang sanggup meraih juara Piala Dunia.

1 dari 4 halaman

Angelo Peruzzi

 (c) AFP (c) AFP

Angelo Peruzzi merupakan kiper andalan Lazio di tahun 2006. Sayangnya, saat membela timnas Italia di Piala Dunia 2006, Peruzzi menjadi kiper kedua sedangkan kiper utama ditempati oleh Gianluigi Buffon.

Meskipun Peruzzi tidak pernah bermain di ajang yang diselenggarakan di Jerman itu, peran eks kiper Juventus saat itu sangat diperlukan oleh pelatih Gli Azzurri Marcello Lippi. Peruzzi merupakan sosok pilar penting di ruang ganti dengan segala pengalamannya untuk menyuntikkan semangat bagi rekan-rakannya.

Karena kepemimpinan dan pengalamannya, Peruzzi menjadi figur sentral selain Marcello Lippi yang sanggup membimbing penggawa Gli Azzurri. Terbukti, Italia berhasil memenangkan Piala Dunia keempatnya melawan Prancis di babak final melalui adu penalti. Dan Peruzzi meraih trofi bergengsi itu pada usia 36 tahun.

2 dari 4 halaman

Miroslav Klose

Miroslav Klose (c) ZimbioMiroslav Klose (c) Zimbio

Miroslav Klose adalah pemain legendaris sekaligus merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnas Jerman. Striker yang kini sedang menjadi pelatih di klub Austria, SCR Altach itu telah mencetak 71 gol dan melewati catatan Gerd Muller dengan 68 gol.

Klose memulai turnamen mayor bersama Jerman pada saat terjun di Piala Dunia 2002 dan kemudian ia menjelma sebagai striker Der Panzer yang disegani. Setelah gagal mengantarkan Jerman menjadi juara di tahun 2002, 2006, dan 2010, Der Panzer akhirnya ia sukses antarkan menjadi kampiun Piala Dunia 2014.

Saat meraih gelar tersebut, Klose tepat berusia 36 tahun serta mencetak dua gol selama berlaga di Brasil itu.

3 dari 4 halaman

Nilton Santos

Pemain tertua selanjutnya yang sanggup meraih gelar Piala Dunia adalah Nilton Santos. Pemain yang semasa aktif bermain menempati posisi bek kiri itu, menjadi andalan timnas Brasil di Piala Dunia 1958.

Santos merupakan pemain satu generasi dengan Pele, Vava, Didi, dan José Altafini yang saat itu masih berusia 17 tahun. Eks pemain Botafogo itu namanya mencuat ketika pada gelaran Piala Dunia 1958, Santos berhasil mencetak gol dalam pertandingan melawan Austria.

Berkat performa moncernya menggalang lini pertahanan, Santos berhasil mempersembahkan gelar keempat Brasil di Piala Dunia 1962. Saat itu, Santos berhasil meraih trofi tersebut pada usia 37 tahun.

4 dari 4 halaman

Dino Zoff

Dino Zoff

Kiper legendaris Italia, Dino Zoff (c) Juventus.com

Dino Zoff merupakan pemain tertua yang sukses meraih gelar trofi Piala Dunia hingga kini. Saat itu, Zoff berusia 40 tahun, empat bulan, dan 13 hari pada tahun 1982.

Zoff adalah kapten timnas Italia di Piala Dunia 1982. Dia adalah penjaga gawang utama untuk Juventus saat itu, yang membuatnya menjadi salah satu pemain paling berpengalaman di Gli Azzurri.

Dia berhasil menunjukkan kemampuan teknisnya, meskipun sudah berusia 40 tahun, ia sanggup melakukan penyelamatan ajaib yang sangat penting saat menggagalkan peluang emas dari pemain Brasil. Berkatnya, ia memastikan Italia melaju ke semifinal.

Gli Azzurri kemudian mengalahkan Polandia di semifinal serta menang melawan Jerman Barat di final untuk meraih gelar Piala Dunia 1982.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR