FOLLOW US:


Vietnam Kalah Lawan Oman, Wasit Senyum Bersama Lawan, dan Park Hang-seo Marah Besar

13-10-2021 13:59

 | Asad Arifin

Vietnam Kalah Lawan Oman, Wasit Senyum Bersama Lawan, dan Park Hang-seo Marah Besar
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, bersama skuatnya jelang melawan Laos di Piala AFF 2018. © Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup

Bola.net - Timnas Vietnam menelan kekalahan saat berjumpa Oman pada matchday ke-4 Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hasil ini disambut dengan kemarahan sang pelatih, Park Hang Seo, atas kinerja wasit.

Pada duel yang digelar di Stadion Sultan Qaboos Sport Complex, Selasa (12/10/2021) malam WIB, Vietnam kalah dengan skor 3-1. Vietnam sempat unggul lebih dulu dari gol Nguyen Tien Linh pada menit ke-39.

Namun, Oman kemudian mencetak tiga gol balasan lewat Issam Al Sabhi, Mohsin Al Khaldi, dan Salah Al-Yahyaei.

Hasil tersebut membuat Vietnam berada di dasar klasemen Grup B babak kualifikasi putaran ketiga. Vietnam selalu kalah dari empat laga yang sudah dimainkan. Golden Star Warriors mencetak empat gol dan kebobolan 10 gol.

1 dari 3

Kritik Kinerja Wasit

Kekalahan dari Oman disambut negatif oleh publik Vietnam. Media Vietnam, The Tho247, menyoroti beberapa kinerja wasit dan cara bermain Oman.

Mereka menyebut Oman memakai strategi 'monster' ketika sepak sudut. Sebab, Oman acap kali menumpuk pemain di dekat gawang untuk menyambut umpan. Bahkan, para pemain Oman dinilai mengganggu penjaga gawang Vietnam.

Gol Al Khaldi dianggap tidak sah karena dianggap lebih dulu terjadi pelanggaran.

"Jika saya melihat lebih dekat melalui video, saya dapat dengan jelas melihat bahwa seorang pemain Oman melompat dan dengan sengaja mencoba mencondongkan tubuh ke depan untuk memblokir momentum Van Toan (kiper)," ujar salah satu wasit Vietnam.

2 dari 3

Foto Wasit Terseyum dengan Pemain Oman

Foto Wasit Terseyum dengan Pemain Oman
Nguyen Cong Phuong, Vietnam © dok. AFF

Bukan hanya soal gol, publik Vietnam juga menyoroti gerak-gerik wasit
Adham Makhadmeh dari Yordania. Pada sebuah momen, wasit diketahui berinteraksi dan tersenyum bersama para pemain Oman.

Momen interaksi wasit dengan pemain Oman itu terjadi ketika babak pertama usai. Fans Vietnam disebut sangat marah begitu foto-foto tersebut beredar.

Selain gol Oman yang dianggap tidak sah, fans Vietnam juga kesal ketika Makhadmeh harus meninjau VAR beberapa kali sebelum mengesahkan gol Tien Linh. Peninjauan VAR memakan waktu cukup lama dan membuat fans Vietnam kesal.

3 dari 3

Komentar Park Hang-seo

Komentar Park Hang-seo
Park Hang-Seo © VFF

Pelatih timnas Vietnam, Park Hang Seo, tentu saja kesal dengan kejadian yang menimpa anak asuhnya. Bahkan, menurut pelatih asal Korea Selatan, Vietnam sudah dirugikan wasit sejak laga-laga sebelumnya.

"Empat laga Kualifikasi Piala Dunia terakhir, saya memiliki banyak hal untuk dikatakan tentang wasit. Namun, hari ini saya akan membatasi diri saya sendiri untuk bicara. Pada duel ini wasit tidak konsisten.

"Jika menilai kinerja mereka, wasit sendiri harus mengevaluasi kembali dirinya sendiri," tegas Park Hang Seo.

Sumber: The Tho247