FOLLOW US:


Portugal Menang Telak, Ronaldo Trigol Lagi, Tapi Belum Lolos Piala Dunia 2022

13-10-2021 07:36

 | Asad Arifin

Portugal Menang Telak, Ronaldo Trigol Lagi, Tapi Belum Lolos Piala Dunia 2022
Selebrasi skuad Portugal usai menjebol gawang Luksemburg, Kualifikasi Piala Dunia 2022 © AP Photo

Bola.net - Portugal meraih kemenangan penting saat berjumpa Luksembrurg pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (13/10/2021) dini hari WIB. Walau menang dengan skor yang mencolok, Portugal masih belum lolos ke Piala Dunia 2022.

Portugal menang dengan skor 5-0 saat menjamu Luksesmburg di Estadio Algarve. Cristiano Ronaldo tampil sangat bagus dengan mencetak trigol. Dua gol dari titik putih pada menit ke-8 dan 13. Lalu, gol ketiga pada menit ke-87.

Dua gol Portugal lainnya dicetak oleh Bruno Fernandes pada menit ke-17 dan Joao Palhinha pada menit ke-69.

Portugal belum pernah kalah di fase grup. Dari enam laga, Portugal punya koleksi 16 poin. Namun, Portugal belum lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Portugal kini berada di posisi kedua Grup A babak kualifikasi.

1 dari 3

Kok Belum Lolos?

Puncak klasemen Grup A saat ini dihuni oleh Serbia yang mendapat satu poin lebih banyak. Tapi, Serbia memainkan tujuh laga. Serbia hanya punya satu laga sisa yakni melawan Portugal. Sementara, Portugal masih punya dua laga sisa.

Peluang Portugal dan Serbia untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 akan ditentukan pada laga terakhir fase grup.

"Laga terakhir grup akan menentukan, apa pun situasinya. Bahkan, jika kami menang pada laga berikutnya (lawan Irlandia Utara), kami masih bergantung pada hasil laga melawan Serbia," kata pelatih Portugal, Fernando Santos.

"Tapi, kami tidak boleh memikirkan itu dulu. Tidak ada tim yang lolos sebelum bertanding," tegas Santos.

2 dari 3

Bermain dengan Baik

Bermain dengan Baik
Aksi Cristiano Ronaldo pada laga melawan Luksemburg di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa © AP Photo

Santos sangat puas dengan performa anak asuhnya saat menang besar melawan Luksemburg. Santos menyebut tiga gol pada 17 menit awal laga menjadi kunci Portugal menguasai jalannya laga.

"Kami melakukannya dengan sangat baik hingga menit ke-25. Kami bermain dengan sangat cepat. Itu karena- jika kami mencetak lebih banyak gol di babak pertama," kata Santos.

"Kami membiarkan Luksemburg memiliki lebih banyak penguasaan bola. Kemudian kami meningkat di babak kedua, kami memulai dengan sangat baik. Luksemburg adalah tim yang senang bermain dan ingin bermain-main tetapi kami tidak membiarkan itu terjadi," katanya.

3 dari 3

Jadwal Portugal

Berikut adalah jadwal pertandingan Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa:

  • 12/11/21 Republik Irlandia vs Portugal
  • 15/11/21 Portugal vs Serbia

Sumber: FPF