6 Alasan Inggris Siap Juara Euro 2020: Harry Kane Sudah Panas!

Richard Andreas | 4 Juli 2021 19:00
Selebrasi Harry Kane dan pemain Inggris setelah mengalahkan Jerman di babak 16 besar Euro 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Inggris sekarang boleh disebut sebagai salah satu favorit juara Euro 2020. Permainan pasukan Gareth Southgate tampak semakin matang di fase gugur.

Sebelumnya, Inggris bisa mengalahkan Jerman (2-0) di babak 16 besar dan menghajar Ukraina (4-0) di perempat final. The Three Lions akan menghadapi Denmark di babak semifinal, Kamis (8/7/2021) mendatang.

Laga tersebut bakal alot, tapi Inggris diyakini bisa menang dan melangkah ke final. Saat ini Harry Kane dkk. mendapatkan momentum positif untuk terus melaju.

Nah jika berhasil mencapai final, seharusnya Inggris ada di posisi terdepan untuk juara. Setidaknya ada 6 alasan Inggris siap juara Euro 2020 kali ini. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 6 halaman

Harry Kane tancap gas!

Selebrasi Harry Kane, striker Inggris (c) AP Photo

Sejak awal Inggris membutuhkan level terbaik Harry Kane jika ingin jadi juara. Setelah sempat kesulitan, kini Kane sudah menemukan sepatu golnya.

Dia mencetak satu gol ke gawang Jerman dan menjebol gawang Ukraina dua kali. Artinya keran gol Kane sudah terbuka, tentu Inggris akan sangat terbantu.

Kane sudah terbiasa mencetak gol-gol penting bagi tim di level klub. Kini dia harus menjawab tantangan bersama Inggris.

2 dari 6 halaman

Skuad solid

Skuat Inggris merayakan gol Harry Kane ke gawang Jerman, Rabu (30/6/2021) (c) AP Photo

Kekuatan utama Inggris yang sekarang tidak terletak pada taktik atau komposisi racikan Southgate. Lebih dari itu, yang paling penting adalah kesolidan tim.

The Three Lions tampak begitu solid. Tidak ada arogansi antar pemain. Jelas persaingan di level klub tidak sampai dibawa ke timnas.

Kondisi inilah yang membuat mereka lebih baik daripada Golden Generation (Beckham, Lampard, Gerrard, dkk.) dahulu. Dengan persatuan ini seharusnya Inggris bisa melangkah lebih jauh.

3 dari 6 halaman

Duet Rice-Phillips

Declan Rice, gelandang Inggris (c) AP Photo

Menariknya, kunci permainan Inggris kali ini terletak di pasangan gelandang bertahan mereka: Declan Rice dan Kalvin Phillips.

Dua pemain ini bermain sangat baik dan saling melengkapi. Rice lebih defensif, Phillips mendapatkan kebebasan untuk membantu serangan tim.

Mungkin duet keduanya adalah opsi pengganti karena Jordan Henderson belum fit total, tapi kini faktanya mereka berdua tidak tergantikan.

4 dari 6 halaman

Cadangan jadi pembeda

Gelandang timnas Inggris Jack Grealish. (c) AP Photo

Sentuhan istimewa Inggris lainnya ada pada pergantian pemain mereka. Hampir setiap pergantian pemain yang dilakukan Southgate bisa membawa perbedaan dalam pertandingan.

Teranyar, lawan Ukraina kemarin, Henderson masuk sebagai pengganti dan bisa mencetak gol penutup di menit ke-63.

Sebelumnya ada Jack Grealish yang terbukti bisa berkontribusi dengan 2 assist meski masuk sebagai pengganti.

5 dari 6 halaman

Sterling sedang bagus

Raheem Sterling merayakan golnya di laga Inggris vs Kroasia di pentas Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/06/2021) malam WIB. (c) Pool AFP via AP Photo

Sering dikritik dan dianggap tidak pantas bermain, Sterling membuktikan diri sebagai salah satu pemain terpenting Southgate.

Inggris hanya mencetak dua gol di fase grup untuk melaju ke fase gugur. Kedua gol itu datang dari aksi Sterling.

Winger Man City ini melanjutkannya dengan menjebol gawang Jerman, hanya absen saat pesta gol ke gawang Ukraina. Tenaga Sterling bakal jadi penentu di semifinal dan final nanti.

6 dari 6 halaman

Belum kebobolan

Harry Maguire usai mencetak gol di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Menariknya, Inggris adalah satu-satunya tim yang belum kebobolan di Euro 2020 sejauh ini. Sudah 5 pertandingan mereka tempuh, dengan 8 gol dan 0 kebobolan.

Catatan ini menunjukkan betapa tangguhnya lini belakang Inggris, tentu ada peran double pivot yang tampil impresif.

Jika Inggris bisa menjaga clean sheet di semifinal nanti, Harry Maguire dkk. akan semakin percaya diri di final.

Nah itu dia 6 alasan Inggris siap juara Euro 2020 alias Euro 2021 kali ini. Kalau menurut kalian gimana nih, Bolaneters?

Sumber: Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Most Viewed

{HITS_MAIN}