Belanda vs Belgia, Virgil van Dijk: Sulit Lawan Tim Terbaik Kedua di Dunia

Abdi Rafi Akmal | 26 September 2022 10:51
Skuat Belanda merayakan gol Virgil van Dijk ke gawang Belgia di laga matchday 6 UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (26/09/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Belanda kesulitan untuk menumbangkan timnas Belgia dalam lanjutan babak penyisihan UEFA Nations League Grup A4. Bek tengah Virgil van Dijk sendiri mengakui bahwa tim peringkat ke-2 ranking FIFA tersebut sulit dihadapi.

Belanda tercatat hanya menang 1-0 atas Belgia di Johan Cruijff, Belanda, Senin (26/9/2022) dini hari WIB. Van Dijk menjadi satu-satunya pencetak gol pada laga tersebut di menit ke-73.

Berkat golnya tersebut lah, Belanda mendapatkan tiga poin tambahan yang penting. Belanda akhirnya memastikan diri lolos ke semifinal UEFA Nations League A.

Kendati begitu, bek tengah Liverpool itu mengakui bahwa Belgia memberikan perlawanan yang sengit. Status sebagai tim nasional sepak bola pria terbaik kedua menurut ranking FIFA tidak salah.

1 dari 3 halaman

Sulit

Bek Timnas Belanda, Virgil van Dijk, merayakan golnya ke gawang Belgia di laga matchday 6 UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (26/09/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Berdasarkan ranking FIFA, Belgia sekarang menempati peringkat ke-2 dengan 1821,92 poin per tanggal 26 September 2022. Belgia hanya kalah dari Brasil dan berhasil memantati tim-tim besar lainnya seperti Argentina, Prancis, Inggris, bahkan Belanda itu sendiri.

“Kami sebenarnya bisa saja berkembang, tetapi tidak mudah bermain melawan peringkat dua dunia,” kata Van Dijk di laman resmi UEFA.

“Mereka juga punya Kevin de Bruyne, salah satu gelandang terbaik di dunia. Ada juga Eden Hazard di sana. Pada akhirnya, sepak bola adalah tentang kemenangan.”

2 dari 3 halaman

Bisa Cetak Lebih Dari Satu

Aksi Virgil van Dijk saat mencetak gol di laga Belanda vs Belgia di laga matchday 6 UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (26/09/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Van Dijk mengakui bahwa tim berjuluk Oranje ini tampil buruk untuk mencetak gol. Namun, semuanya berubah selepas gol pertama. Ada banyak peluang lain untuk bisa menambah gol, tetapi hal itu tidak kunjung terjadi.

“Setelah gol pertama, kami berhasil menciptakan lebih banyak peluang. Saya pikir kami bisa saja mencetak dua, tiga, atau empat gol lagi,” kata dia.

“Yang pasti setelah pertandingan ini, kami akan lakukan analisis. Kami akan memahami aspek apa yang harus ditingkatkan.”

3 dari 3 halaman

Senang Bisa Nirbobol

Virgil van Dijk mencoba menghentikan Jan Vertonghen di laga Belanda vs Belgia di laga matchday 6 UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (26/09/2022) dini hari WIB. (c) A

Di samping kemenangan yang diraih, Van Dijk juga senang karena bisa nirbobol saat menghadapi Belgia. Menurutnya, tim tamu selalu punya kesempatan untuk mencetak gol, tetapi timnya bertahan dengan sangat baik.

“Akhirnya pekerjaan kami hari ini selesai. Ini pekerjaan yang sulit. Tapi pada akhirnya, menjaga clean sheet adalah yang paling penting,” ujar dia.

“Mereka punya beberapa peluang, tidak banyak, untuk bisa membalikkan keadaan. Tapi kami selalu yakin bahwa kami bisa memastikan mereka tidak mencetak gol.”

Sumber: UEFA Official

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR