FOLLOW US:


1 - 1

Kompetisi: EURO 2016 Grup F EURO 2016
Tanggal: 15 June 2016
Kick-off: 02:00

Hasil Pertandingan Portugal vs Islandia: Skor 1-1

15-06-2016 03:59

 | Nani

Hasil Pertandingan Portugal vs Islandia: Skor 1-1
Ronaldo kecewa Portugal gagal atasi Islandia © AFP
Bola.netBola.net - Ronaldo Gagal Bawa Portugal Kalahkan Islandia

Portugal hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan tim sekelas Islandia di pertandingan kedua grup F Euro 2016 di Stade Geoffroy-Guichard, Rabu (15/06).

Pertandingan ini berjalan cukup menarik karena meski berstatus underdog, Islandia tak bermain bertahan. Mereka berani meladeni permainan Portugal. Meski sempat ketinggalan lebih dulu melalui gol Nani, namun berkat semangat pantang menyerah, mereka bisa menyamakan kedudukan melalui Birkir Bjarnason.

Pertandingan ini dibuka dengan tempo cukup tinggi. Portugal sendiri langsung bermain agresif dan ingin segera mencetak gol. Namun di luar dugaan Islandia tak bermain defensif. Mereka bermain cukup terbuka dan berani melancarkan sejumlah serangan ke pertahanan sang lawan.

Gylfi Sigurdsson bahkan mendapat kesempatan untuk menggedor pertahanan Portugal pada menit ke-4 melalui skema serangan balik. Namun bola tendangannya masih bisa dijinakkan oleh Patricio.

Di menit ke-20, setelah berulang kali mencoba membongkar pertahanan Islandia, Portugal mendapat peluang emas. Cristiano Ronaldo berhasil melepas umpan crossing matang ke dalam kotak penalti. Di sana sudah ada Nani yang berdiri tak terkawal. Ia pun menanduk bola tersebut. Namun Halldorsson dengan gemilang menahan bola tersebut dengan kakinya.

Portugal terus menyerang dengan menggebu-gebu. Dan pada akhirnya usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-31. Vieirinha dan Gomes bekerja sama menerobos sisi kiri pertahanan Islandia dan Gomes akhirnya bisa melepas umpan silang datar ke dalam kotak penalti. Umpan itu langsung disambar oleh Nani yang lagi-lagi bergerak tak terkawal. Bola sepakan winger tersebut tak bisa ditahan kiper dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, Portugal mencoba kembali menggebrak sejak awal. Bahkan tiga menit setelah kick-off Ronaldo nyaris mencetak gol. Namun tendangan volinya meleset tipis di sisi gawang Islandia.

Portugal terus mencoba menambah keunggulannya. Namun Islandia berjuang pantang menyerang dan justru merekalah yang akhirnya bisa mencetak gol balasan pada menit ke-50. Umpan Gudmundsson dari sisi kiri tak bisa dihalau barisan belakang Portugal dan mengarah pada Bjarnason yang berdiri bebas di sisi kanan. Dengan sekali tendang jebollah gawang Patricio. Skor kini menjadi 1-1.

Gol ini membuat Portugal meningkatkan intensitas serangannya. Namun Islandia tak panik dan mereka masih berani keluar menyerang, khususnya ketika ada peluang melakukan serangan balik.

Beberapa peluang pun didapat oleh kedua tim tersebut. Seperti yang didapat oleh Nani di menit ke-72 melalui tandukannya. Namun bola masih melesat tipis ke sisi kanan gawang Islandia. Begitu pula dengan peluang dari Quaresma di menit ke-79 di mana tendangan kerasnya masih bisa dihalau kiper dan tandukan Ronaldo di menit 86 justru mengarah tepat ke arah Halldorsson.

Namun hingga waktu tambahan usai, Portugal tak bisa menambah golnya lagi. Demikian juga dengan Islandia. Pertandingan ini pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Dengan hasil imbang tersebut, keduanya harus rela sama-sama mendapat satu poin saja. Saat ini Islandia berhak menempati urutan kedua klasemen dan Portugal di peringkat tiga. Posisi puncak sendiri ditempati oleh Hungaria yang sebelumnya sukses mengalahkan Austria dengan skor 2-0.

Statistik Pertandingan:

Penguasaan bola: 72% - 28%

Shot (on goal): 26 (9) - 4 (4)

Pelanggaran: 9 - 17

Offside: 3 - 2

Kartu kuning: 0 - 2

Kartu merah: 0 - 0

Susunan Pemain:

Portugal (4-1-2-1-2): Patricio; Vieirinha, Pepe, Ricardo Carvalho, Guerreiro; Danilo; Mario (Quaresma 76'), Gomes (Eder 84'); Moutinho (Sanches 71'); Nani, Ronaldo.

Islandia (4-4-2): Halldorsson; Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Arnason, Skulason; Gudmundsson (Bjarnason 90'), Gunnarsson, Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason; Bodvarsson, Sigthorsson (Finnbogason 81').