Inggris vs Jerman, Rooney Bilang Grealish Sebaiknya Dicadangkan Saja

Dimas Ardi Prasetya | 28 Juni 2021 22:58
Inggris vs Jerman, Rooney Bilang Grealish Sebaiknya Dicadangkan Saja
Aksi Jack Grealish saat membela Timnas Inggris (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Manchester United Wayne Rooney mengatakan Jack Grealish sebaiknya tak dimainkan kala Timnas Inggris bersua dengan Jerman nanti.

Inggris akan bersua dengan Jerman di babak 16 besar Euro 2020. Tentunya banyak yang mendesat pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, agar memainkan skuat terbaiknya.

Di antaranya dengan memainkan Grealish. Sebelumnya memang banyak yang mendesak Southgate agar menjadikan pemain Aston Villa itu sebagai salah satu pemain inti Inggris.

Namun Southgate sendiri tak memainkannya di laga awal Inggris di Euro 2020. Ia baru dijadikan pemain pengganti saat lawan Skotlandia dan kemudian dijadikan starter saat The Three Lions bersua Republik Ceko.

1 dari 2 halaman

Rooney Minta Grealish Dicadangkan

Saat itu Inggris akhirnya berhasil menang 1-0 atas Republik Ceko. Tentunya para fans kembali berharap Jack Grealish jadi starter lagi saat The Three Lions bersua dengan Jerman.

Namun Wayne Rooney memiliki opini berbeda. Ia merasa Grealish sebaiknya dicadangkan lagi kali ini.

"Setelah saya terus memperjuangkan Jack Grealish, saya tidak akan memainkannya sejak awal melawan Jerman," tulis bos Derby County itu di kolomnya untuk Times.

2 dari 2 halaman

Alasan Grealish Dicadangkan

Menurut Wayne Rooney, alasan dirinya meminta Inggris mencadangkan Jack Grealish kala bersua Jerman ini adalah murni untuk alasan taktik. Ia mengatakan pemain seperti Grealish, yang dominan menguasai bola, tak cocok untuk menghadapi gaya main yang diterapkan oleh tim Panser.

"...Pemikiran saya sepenuhnya tergantung pada bagaimana Jerman bermain. Lawan yang berbeda menuntut pendekatan yang berbeda dan pertandingan hari Selasa dibuat khusus untuk Marcus Rashford - tetapi tidak untuk Jack," tuturnya.

"Jerman memainkan tiga bek di belakang dengan garis tinggi dan apa yang mereka coba lakukan adalah hampir mencekik Anda. Mereka mengoper dari sisi ke sisi, mendapatkan bola di area yang luas, kembali dan pergi jauh-jauh ke sisi lain, lalu mengumpankan bola ke area penalti," terangnya.

"Dan ketika Anda memenangkannya, mereka ingin Anda memainkan umpan ke kaki karena itu berarti - dengan garis mereka didorong ke atas - mereka bisa pergi dan menekan Anda tinggi-tinggi di lapangan. Semakin banyak pemain yang ingin menguasai bola, semakin banyak yang bisa mereka tekan, jadi alih-alih Jack, saya akan mencari pelari di kedua sisi Harry Kane," seru Rooney.

Inggris berhasil lolos dari Grup D Euro 2020 dengan meraih dua kemenangan dan sekali hasil imbang. Sementara itu Jerman meraih tiket ke babak 16 besar dengan meraih sekali hasil imbang, sekali kalah dan sekali menang dari Grup F.

(Times)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR