FOLLOW US:


Matthaus: Saya Lihat Timnas Jerman Bangkrut

20-03-2019 09:06
Matthaus: Saya Lihat Timnas Jerman Bangkrut
Para Pemain Jerman Merayakan Gol Yang Dicetak Oleh Leroy Sane (Kiri) Kala Melawan Belanda © AFP

Bola.net - Lothar Matthaus melayangkan kritik peda pada kiprah timnas Jerman. Sang mantan kapten Jerman tersebut menilai tim asuhan Joachim Loew bangkrut dan ada sejumlah keputusan aneh yang diambil.

Jerman meraih hasil buruk di Piala Dunia 2018 lalu. Tampil sebagai juara bertahan, Jerman justru terpuruk. Manuel Neuer dan kawan-kawan tersingkir pada babak penyisihan grup. Kalah dengan skor 1-2 atas Korea Selatan.

Pasca kegagalan tersebut, sederet masalah baru bermunculan. Mesut Ozil mundur dari timnas Jerman disertai beberapa kontroversi. Ada juga kabar jika skuat Jerman tidak kompak dan terjadi perpecahan di internal tim.

Seperti apa komentar Matthaus melihat kondisi skuat timnas Jerman saat ini? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Timnas Jerman Bangkrut

Pasca Piala Dunia 2018, kondisi timnas Jerman tidak langsung membaik. Pada ajang Uefa Nations League, Der Panzer jadi juru kunci klasemen Grup 1. Dari empat lagi, tidak sekalipun kemenangan mampu diraih oleh Jerman.

Lothar Matthaus pun menilai jika Jerman saat ini sedang bangkrut. Ada terlalu banyak masalah yang dibuat oleh Joachim Loew.

"Kurang lebih selama 40 tahun saya berada di sekitar peristiwa yang dialami timnas Jerman. Saya tidak ingat kapan ada perubahan, pencoretan, perubahan baru yang terjadi sebelum kualifikasi atau sebuah turnamen," buka Matthaus dikutip dari Sky Sports.

"Saya melihat Jerman bangkrut, mengalami nasib buruk dan kecelakaan. Bahkan mereka sudah mulai mengalaminya sejak sebelum Piala Dunia 2018. Cara menangani insiden Mesut Ozil, pencoretan Leroy Sane," sambungnya.

2 dari 2

Pencoretan Tiga Pemain

Menurut Matthaus, jika ingin mencoret pemain yang dianggap sudah tidak mampu bersaing, maka itu harus dilakukan pasca kegagalan di Piala Dunia 2018. Namun, Loew tetap mempertahankan skuatnya dan hasilnya adalah tampil buruk di Uefa Nations League.

"Loew melewatkan kesempatan itu karena kesetiaan, memberi sebagian besar dari mereka kesempatan kedua. Semua pemain yang bahkan menyadari jika mereka akan dicoret tetap mendapat kesempatan," papar Matthaus.

Loew kemudian memang merombak skuat pasca gagal di UEFA Nations League. Tiga pemain senior, Mats Hummels, Jerome Boateng dan Thomas Muller dicoret. Dan, Matthaus melihat keputusan ini harusnya diambil setelah Piala Dunia 2018.

"Saya bisa mengerti hal ini dari sisi olahraga. Dia ingin memadukan skuat dengan pemain muda. Tapi, dari sisi waktu dan cara komunikasi itu sangat buruk," tutup Matthaus.