FOLLOW US:


Momen Magis EURO: Penalti Panenka Pirlo

07-10-2015 12:47

 | Andrea Pirlo

Momen Magis EURO: Penalti Panenka Pirlo
Andrea Pirlo © AFP
Bola.netBola.net - Salah satu momen magis di gelaran EURO tersaji pada tahun 2012 silam. Momen magis itu diciptakan oleh Andrea Pirlo dalam adu penalti melawan Inggris di babak perempat final.

Italia dan Inggris bermain tanpa gol selama 120 menit di Kiev. Adu penalti pun tak terhindarkan. Ada yang sukses, ada pula yang gagal. Namun, ada satu yang tak terlupakan, yakni eksekusi ala Panenka yang dilakukan Pirlo untuk memperdaya Joe Hart habis-habisan.

Maju sebagai algojo ketiga Italia, sang regista menunjukkan kekuatan mentalnya. Dia men-chip bola dengan indah ke arah tengah. Hart yang sudah terlanjur melompat ke samping hanya bisa menyaksikan proses terjadinya gol tanpa dapat berbuat apa-apa.

"Saya memutuskan melakukannya ketika sudah mulai berlari untuk menendang. Saya melihat kiper mereka melakukan gerakan-gerakan aneh. Saya lalu berjalan ke ujung kotak, mulai berlari dan memutuskan men-chip-nya begitu sampai di dekat bola. Kami pantas menang. Kami bermain lebih baik dari mereka, mengendalikan permainan," kenang Pirlo tentang penaltinya itu seperti dilansir UEFA.com.

Italia memenangi adu penalti tersebut dengan skor 4-2. Setelah menyingkirkan Jerman di empat besar, Azzurri kandas 0-4 melawan Spanyol di partai puncak. Meski gagal juara, momen magis Pirlo tetap sanggup meninggalkan kesan yang mendalam dan sulit dilupakan.