FOLLOW US:


Ronaldo Adalah Portugal, Portugal Adalah Ronaldo

08-09-2019 12:10

 | Asad Arifin

Ronaldo Adalah Portugal, Portugal Adalah Ronaldo
Cristiano Ronaldo, Portugal © AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo kembali memberi bukti sahih bahwa dia adalah pemain yang sangat penting bagi Portugal. Ronaldo mencetak satu gol dan membuat torehan menjadi 89 gol untuk Portugal.

Portugal berjumpa Serbia di babak Kualifikasi Euro 2020, Minggu (8/9/2019) dini hari WIB di Sradion Rajko Mitic. Portugal menang dengan skor 2-4 pada laga tersebut.

Ronaldo mencetak satu gol di laga tersebut. Pemain asal klub Juventus tersebut mencetak gol pada menit ke-80. Tiga gol Portugal lain dicetak William Carvalho, Goncalo Guedes dan Bernardo Silva.

Sementara, gol-gol Serbia dicetak oleh Nikola Milenkovic dan Alexandar Mitrovic.

Simak ulasan terkait performa Ronaldo di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Portugal Adalah Ronaldo?

Dalam sejarah sepak bola Portugal, ada banyak pemain dengan nama besar seperti Eusebio, Rui Costa, Luis Figo hingga Deco. Namun, apakah ada yang lebih besar dibanding Cristiano Ronaldo? Tentu akan ada banyak versi.

Namun, jika melihat catatan yang sudah ditorehkan oleh Ronaldo, tidak berlebihan jika menyebut Portugal adalah Ronaldo. Sebab, dia memang begitu dominan dan menjadi tulang punggung bagi skuat Selecao das Quinas.

Tengok saja catatan statistik Ronaldo di Portugal. Termasuk satu gol ke gawang Serbia, Ronaldo kini telah mencetak 89 gol di timnas. Catatan ini jauh di atas pemain Portugal lain yang masih aktif di timnas.

Mengacu pada skuad lawan Serbia, pemain dengan torehan terbanyak kedua untuk Portugal adalah Joao Moutinho. Pemain berusia 33 tahun tersebut mencetak tujuh gol. Jauh di bawah Ronaldo, selisihnya 82 gol. Tetapi, posisi kedua pemain memang berbeda.

2 dari 2

Ronaldo Adalah Portugal

Rasa cinta Ronaldo kepada timnas Portugal sudah tidak perlu diragukan lagi. Dalam beberapa kesempatan, Ronaldo menyebut bahwa momen membawa Portugal menjadi juara Euro 2016 adalah yang terbaik dalam karirnya.

Euro 2016 bukan satu-satunya momen indah yang dirasakan Ronaldo bersama Portugal. Sebab, di tahun 2019 ini, Ronaldo sukses membawa Portugal meraih gelar juara UEFA Nations League.

"Saya sangat senang. Ini adalah satu piala yang sangat penting untuk semua orang Portugal dan untuk seluruh tim nasional. Sejak tahun 2016, Portugal telah mengubah sejarah dan kami meraih juara lagi," kata Ronaldo.

Ronaldo sempat rehat dari Timnas Portugal pada tahun 2018, pasca Piala Dunia. Saat itu, Ronaldo mengaku ingin fokus dengan karir barunya di Juventus. Tetapi, saat adaptasinya di Juventus berjalan baik, Ronaldo kembali ke Portugal dan hingga kini dia tetap menjadi kuda pacu bagi Portugal.

Sumber: Squawka