FOLLOW US:


Timnas Italia Berniat Panggil Gianluigi Buffon Lagi?

09-10-2019 00:29

 | Yaumil Azis

Timnas Italia Berniat Panggil Gianluigi Buffon Lagi?
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon © Juventus FC

Bola.net - Baru-baru ini, beredar kabar bahwa Timnas Italia berniat memanggil kembali Gianluigi Buffon. Namun pemanggilan tersebut bertujuan untuk memberikan 'pesta perpisahan' kepada kiper Juventus itu.

Secara umur, Buffon memang sudah terlalu gaek untuk memperkuat Gli Azzurri pada saat ini. Meski begitu, umur 41 tahun tidak menghalangi dirinya untuk bermain pada level tertinggi.

Perjalanannya bersama Timnas Italia sendiri sebenarnya sudah berakhir lama. Tahun lalu, ia memutuskan pensiun dari pentas internasional agar kiper-kiper muda lainnya bisa mendapatkan kesempatan bermain.

Buffon terakhir kali terlihat di lapangan dengan seragam Azzurri pada tahun 2017 lalu. Tepat setelah Italia kalah atas Swedia di fase kualifikasi dan dipastikan gagal mengikuti kompetisi bergengsi level internasional, Piala Dunia 2018.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Laga Perpisahan untuk Buffon

Walau sudah menyatakan gantung sepatu, namun pintu Timnas untuk pemenang Piala Dunia 2006 itu masih terbuka. Baru-baru ini, Gazzetta dello Sport mewartakan bahwa Gli Azzurri berniat menggunakan jasanya untuk terakhir kalinya.

Bahkan, pemanggilan Buffon tidak untuk laga persahabatan semata. Jasanya bakalan digunakan untuk salah satu laga kualifikasi Piala Eropa 2020.

Namun ada satu syarat yang terpenuhi untuk pemanggilan tersebut. Italia harus benar-benar dipastikan telah mendapatkan tiket untuk bermain Piala Eropa nanti.

Buffon bukanlah satu-satunya pemain yang akan diberikan kesempatan untuk berpisah secara pantas dengan Timnas. Mantan gelandang AS Roma yang kini memperkuat Boca Juniors, Daniele De Rossi, mungkin juga akan kembali disertakan oleh Roberto Mancini.

2 dari 2

Berpeluang Kembali ke Timnas

Kemungkinan Buffon kembali ke Timnas Italia saat ini cukup terbuka. Sekarang ini, Gli Azzurri sedang memimpin klasemen Grup J dengan raihan 18 poin. Mereka juga belum terkalahkan dalam enam laga yang sudah dilakoni.

Dalam jeda internasional bulan Oktober ini, Italia akan menjalani dua laga penting melawan Yunani dan Liechtenstein. Mereka berpeluang kembali meraih kemenangan atas dua negara yang sedang menempati dasar klasemen tersebut.

Andai menang, dan Finlandia selaku penghuni posisi dua menelan kekalahan dari salah satu laga yang akan digelar sepekan ini, maka Italia bakal dipastikan melaju ke Piala Eropa 2020. Buffon dan De Rossi bisa bermain kontra Armenia di bulan November mendatang.

(Football Italia)