FOLLOW US:

ALVAROMORATA

Alvaro Morata
Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (29 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Juventus
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Pada 19 Juli 2017, Chelsea mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui persyaratan dengan Real Madrid untuk transfer Morata. Morata melakoni laga debutnya kala jumpa Arsenal dalam laga FA Community Shield 2017. Morata tampil cukup impresif dalam setiap laga yang dimainkan bersama Chelsea, ia mampu membantu The Blues untuk meraih trofi FA Cup pada musim pertama sejak ia tiba dan membawa Chelsea menjadi juara Europa League semusim setelahnya.

Pada 27 Januari 2019, Morata kembali ke Atletico Madrid setelah 12 tahun, bergabung dengan klub dengan status pinjaman selama 18 bulan. Beberapa bulan berselang, Atletico Madrid mendatangkan Morata secara permanen. Pada 1 Oktober 2019, Morata menandai pertandingan profesionalnya yang ke-300 dengan sebuah assist untuk gol pembuka pertandingan tersebut dalam kemenangan tandang 2-0 melawan tim Rusia Lokomotiv Moscow.

Morata kembali ke Juventus pada 22 September 2020, dengan status pinjaman satu tahun. Dia membuat penampilan pertamanya untuk klub sejak kembali pada 27 September, dalam hasil imbang 2-2 melawan Roma di Serie A.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.
Update: Mohamad Luthfi (19/03/2022)

Berita Terbaru Alvaro Morata

Rapor Pemain Juventus Usai Lawan Lazio: Morata Oke, Sebagian Besar B Aja

Rapor Pemain Juventus Usai Lawan Lazio: Morata Oke, Sebagian Besar B Aja

17-05-2022 06:43

Juventus gagal meraih kemenangan saat bersua Lazio di laga pekan ke-37 Serie A 2021-22 di Allianz Stadium, Selasa (17/05/2022) dini hari WIB.

Man of the Match Juventus vs Lazio: Alvaro Morata

Man of the Match Juventus vs Lazio: Alvaro Morata

17-05-2022 05:01

Penyerang Juventus Alvaro Morata layak dipilih sebagai Man of the Match di laga melawan Lazio di Allianz Stadium, Selasa (17/05/2022) dini hari WIB.

Hasil Pertandingan Juventus vs Lazio: Skor 2-2

Hasil Pertandingan Juventus vs Lazio: Skor 2-2

17-05-2022 03:50

Juventus ditahan imbang Lazio di laga pekan ke-37 Serie A 2021-22 di Allianz Stadium, Selasa (17/05/2022) dini hari WIB.

Alvaro Morata: Saya Mau Bertahan di Juventus, Tapi...

Alvaro Morata: Saya Mau Bertahan di Juventus, Tapi...

29-03-2022 01:45

Setelah mengalami kesulitan di paruh pertama 2021/22, Alvaro Morata mulai menemukan 'nafas baru' belakangan ini. Ia pun jadi tertarik untuk memperpanjang masa abdinya di Juventus.

Pesan Morata Buat Peserta Liga Champions: Mau Juara? Kalahkan Juventus Dulu

Pesan Morata Buat Peserta Liga Champions: Mau Juara? Kalahkan Juventus Dulu

22-02-2022 03:37

Alvaro Morata masih cukup yakin bahwa timnya, Juventus, mampu meraih trofi yang membanggakan musim ini. Salah satunya berasal dari ajang tersulit di kancah sepak bola Eropa, Liga Champions.

Morata Bertahan di Juventus Karena Max Allegri, Apa yang Dikatakan Sang Pelatih?

Morata Bertahan di Juventus Karena Max Allegri, Apa yang Dikatakan Sang Pelatih?

22-02-2022 03:02

Nama Alvaro Morata cukup ramai dibicarakan selama bursa transfer musim dingin berlangsung. Ia sempat dirumorkan akan meninggalkan Juventus, namun pada akhirnya memilih bertahan.

Berubah Pikiran, Juventus akan Permanenkan Alvaro Morata?

Berubah Pikiran, Juventus akan Permanenkan Alvaro Morata?

18-02-2022 01:00

Juventus dikabarkan enggan mempermanenkan status salah satu penyerangnya, Alvaro Morata, terutama setelah berhasil merekrut Dusan Vlahovic. Namun sepertinya, raksasa Italia itu telah berubah pikiran.

Allegri Optimis Tridente Morata - Vlahovic - Dybala Bisa Bawa Juventus Juara

Allegri Optimis Tridente Morata - Vlahovic - Dybala Bisa Bawa Juventus Juara

14-02-2022 17:57

Danilo mengatakan Massimiliano Allegri yakin tridente Juventus yakni Paulo Dybala, Alvaro Morata dan Dusan Vlahovic bisa membantu Bianconeri meraih gelar juara jika mereka terus bekerja keras di atas lapangan.

Wow, Dusan Vlahovic Diklaim Selevel Haaland

Wow, Dusan Vlahovic Diklaim Selevel Haaland

03-02-2022 18:35

Eks penyerang Juventus Paolo Di Canio mengklaim Dusan Vlahovic selevel dengan Erling Haaland dan ia merasa striker Serbia itu cocok diduetkan dengan Paulo Dybala.

Barcelona Kandas, Arsenal Bergerak Cepat untuk Merekrut Alvaro Morata

Barcelona Kandas, Arsenal Bergerak Cepat untuk Merekrut Alvaro Morata

31-01-2022 09:48

Kemungkinan Barcelona merekrut Alvaro Morata dari Juventus dan Atletico Madrid sangat kecil. Arsenal melihat ini sebagai peluang untuk merekrutnya sebagai pengganti Pierre-Emerick Aubameyang.