Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Real Madrid
Posisi : Penyerang
No Punggung : 21
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Alvaro Morata

Chelsea Prioritaskan Transfer Lukaku dan Sanchez

Chelsea Prioritaskan Transfer Lukaku dan Sanchez

01-04-2017 15:30

The Blues kabarnya akan menjadikan transfer Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez sebagai prioritas mereka di musim panas nanti.

Conte dan Chelsea Tak Sepakat Soal Transfer Morata dan Lukaku

Conte dan Chelsea Tak Sepakat Soal Transfer Morata dan Lukaku

30-03-2017 15:20

Antonio Conte disebut tengah berbeda pendapat dengan manajemen Chelsea mengenai siapa pemain yang harus mereka datangkan di musim panas, menurut laporn yang baru beredar di Inggris.

Gabung ke Chelsea Jadi Prioritas Alvaro Morata

Gabung ke Chelsea Jadi Prioritas Alvaro Morata

27-03-2017 20:32

Keinginan Chelsea untuk bisa mendaratkan penyerang Alvaro Morata pada musim baru 2017/18 mendapatkan sambutan yang positif dari sang pemain. Morata dikabarkan lebih memprioritaskan untuk pindah ke Chelsea daripada bertahan di Madrid.

Ditawari Neymar, Conte Malah Pilih Morata

Ditawari Neymar, Conte Malah Pilih Morata

26-03-2017 15:51

Mendapat tawaran untuk bisa mendapatkan Neymar, Conte malah meminta dibelikan Alvaro Morata.

Chelsea Akan Rekrut Morata, Setelah Jual Costa

Chelsea Akan Rekrut Morata, Setelah Jual Costa

18-03-2017 01:04

Chelsea dikabarkan akan menjual Diego Costa pada musim panas mendatang dan menggunakan uang hasil penjualannya untuk membeli Alvaro Morata.

Alvaro Morata Dianggap Bisa Gantikan Diego Costa di Chelsea

Alvaro Morata Dianggap Bisa Gantikan Diego Costa di Chelsea

11-03-2017 13:40

Mantan gelandang Liverpool Danny Murphy meyakini bahwa Chelsea tidak akan menderita apabila memutuskan menjual Diego Costa pada musim panas.

Guti: Saya Ingin Barca Singkirkan PSG dan Pique Cetak Gol

Guti: Saya Ingin Barca Singkirkan PSG dan Pique Cetak Gol

01-03-2017 13:50

Legenda Real Madrid, Guti, belum lama ini memberikan komentar mengenai situasi Barcelona di Liga Champions.

Zidane Sebut Tak Ada Masalah dengan Isco dan Morata

Zidane Sebut Tak Ada Masalah dengan Isco dan Morata

01-03-2017 10:50

Bos Real Madrid, Zinedine Zidane, belum lama ini berkeras bahwa tidak ada masalah dengan Isco dan Alvaro Morata, usai mereka belum lama ini bercanda mengenai status mereka sebagai pemain cadangan.

Zidane Tanggapi Candaan 'Pencuci Mulut' Morata

Zidane Tanggapi Candaan 'Pencuci Mulut' Morata

28-02-2017 23:13

Candaan Isco dan Alvaro Morata di bangku cadangan Real Madrid pada laga melawan Villarreal rupanya sudah sampai di telinga sang pelatih, Zinedine Zidane. Sebuah tanggapan diberikan oleh Zidane atas aksi mereka.

Morata dan Isco Bercanda Soal Status Cadangan di Madrid

Morata dan Isco Bercanda Soal Status Cadangan di Madrid

28-02-2017 15:20

Kamera belum lama ini menangkap dua pemain Real Madrid, Alvaro Morata dan Isco, saling bercanda soal status mereka di tim utama.