FOLLOW US:

Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (28 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Juventus
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Alvaro Morata

Alvaro Morata: Suatu Hari, Cristiano Ronaldo Pernah Bilang Begini pada Kami...

Alvaro Morata: Suatu Hari, Cristiano Ronaldo Pernah Bilang Begini pada Kami...

03-06-2021 00:16

Alvaro Morata cukup beruntung bisa bermain dengan Cristiano Ronaldo di dua klub yang berbeda. Terkadang, bomber Juventus tersebut mendapatkan informasi menarik dari sang bintang di waktu-waktu senggang.

Titah Allegri: Pertahankan Alvaro Morata, Wahai Juventus!

Titah Allegri: Pertahankan Alvaro Morata, Wahai Juventus!

31-05-2021 18:40

Alvaro Morata nampaknya bisa bernafas lega.

Man of the Match Bologna vs Juventus: Alvaro Morata

Man of the Match Bologna vs Juventus: Alvaro Morata

24-05-2021 04:39

Juventus menuai kemenangan krusial di laga pekan terakhir Serie A hari Senin (24/5/2021). Melawan Bologna di Renato Dall'Ara, pasukan Andrea Pirlo keluar sebagai pemenang dengan skor telak 4-1.

Kasihan, Alvaro Morata Merasa 'Digantung' Juventus

Kasihan, Alvaro Morata Merasa 'Digantung' Juventus

21-05-2021 13:00

Alvaro Morata mulai mencemaskan masa depannya di Juventus.

Mau Alvaro Morata, Juventus Harus Tumbalkan Pemain Ini

Mau Alvaro Morata, Juventus Harus Tumbalkan Pemain Ini

29-04-2021 16:40

Raksasa Italia itu diberitakan mendapatkan kesempatan untuk mempermanenkan Alvaro Morata di musim panas nanti.

Alvaro Morata: Saya Mau Bertahan di Juventus, Tapi...

Alvaro Morata: Saya Mau Bertahan di Juventus, Tapi...

26-04-2021 07:48

Penyerang asal Spanyol, Alvaro Morata, memang sedang bermain di Juventus saat ini. Namun ikatannya dengan klub lama, Atletlco Madrid, belum berakhir.

Juventus Isyaratkan Akan Terus Pertahankan Morata

Juventus Isyaratkan Akan Terus Pertahankan Morata

12-04-2021 02:27

Direktur Juventus Fabio Paratici mengisyaratkan bahwa Bianconeri sangat terkesan dengan kinerja Alvaro Morata dan mengisyaratkan bakal mempertahankan servisnya ke depannya.

Alvaro Morata: Sungguh, Saya Rindu Mencetak Gol!

Alvaro Morata: Sungguh, Saya Rindu Mencetak Gol!

03-03-2021 08:22

Kondisi Alvaro Morata yang sedang buruk membuat raihan golnya di Juventus musim ini menjadi seret. Syukurnya, pria berkebangsaan Spanyol tersebut bisa mengakhiri paceklik golnya ketika Bianconeri bertemu Spezia.

Terungkap Penyebab Menurunnya Performa Alvaro Morata: Virus, Tapi Bukan Covid-19

Terungkap Penyebab Menurunnya Performa Alvaro Morata: Virus, Tapi Bukan Covid-19

24-02-2021 23:01

Performa Alvaro Morata di Juventus menunjukkan tren penurunan. Ternyata, penyebabnya adalah virus di dalam tubuhnya yang sempat membuatnya nyaris pingsan.

Liga Champions: Porto vs Juventus, Bianconeri Tanpa Dybala dan Bonucci

Liga Champions: Porto vs Juventus, Bianconeri Tanpa Dybala dan Bonucci

17-02-2021 02:41

Pelatih Juventus Andrea Pirlo mengkonfirmasikan bahwa timnya tak akan bisa diperkuat oleh Paulo Dybala dan Leonardo Bonucci saat berduel melawan Porto di Liga Champions.