FOLLOW US:

Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (28 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Juventus
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Alvaro Morata

Ini Hukuman untuk Alvaro Morata Setelah Insiden Kartu Merah di Menit 90+7

Ini Hukuman untuk Alvaro Morata Setelah Insiden Kartu Merah di Menit 90+7

02-12-2020 03:03

Juventus nampak frustrasi dalam laga lanjutan Serie A kontra Benevento yang digelar pada akhir pekan kemarin. Itu terlihat jelas pada masa injury time, di mana Alvaro Morata sampai harus diusir keluar lapangan dengan kartu merah.

Pirlo Sudah Memikirkan Trio Dybala-Ronaldo-Morata Sejak Lama, Apa Hambatannya?

Pirlo Sudah Memikirkan Trio Dybala-Ronaldo-Morata Sejak Lama, Apa Hambatannya?

24-11-2020 01:51

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, mengaku telah memiliki rencana memainkan Paulo Dybala dengan duet Alvaro Morata dan Cristiano Ronaldo di lini depan. Namun ia belum bisa mewujudkannya karena suatu kendala.

Tutup Mata Soal Chelsea, Juventus Tahu Kualitas Alvaro Morata Sejak Lama

Tutup Mata Soal Chelsea, Juventus Tahu Kualitas Alvaro Morata Sejak Lama

21-11-2020 03:39

Juventus memutuskan merekrut Alvaro Morata yang tidak menjalani masa-masa yang indah bersama beberapa klub sebelumnya. Dan sepertinya, pertaruhannya memberikan hasil yang memuaskan.

Juventus Belum Berminat Mempermanenkan Alvaro Morata

Juventus Belum Berminat Mempermanenkan Alvaro Morata

20-11-2020 01:30

Torehan cemerlang Alvaro Morata tidak membuat Juventus jadi terburu-buru mempermanenkan statusnya, Mereka ingin memanfaatkan perjanjian yang telah disepakati dengan klub asli sang pemain saat ini, Atletico Madrid.

Atletico Madrid Ingatkan Juventus: Mau Alvaro Morata? Bayar Dulu

Atletico Madrid Ingatkan Juventus: Mau Alvaro Morata? Bayar Dulu

20-11-2020 00:14

Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo, mengingatkan kepada Juventus bahwa status Alvaro Morata saat ini masih pinjaman. Jika ingin mempermanenkan statusnya, mereka harus membayarnya terlebih dahulu.

Bukan Cuma Mbappe, Barcelona Juga Gagal Dapatkan Haaland dan Courtois

Bukan Cuma Mbappe, Barcelona Juga Gagal Dapatkan Haaland dan Courtois

15-11-2020 23:31

Daftar kegagalan Barcelona dalam perekrutan pemain ternyata cukup panjang. Selain Kylian Mbappe, mereka juga diketahui gagal mendapatkan Erling Braut Haaland, Thibaut Courtois hingga Alvaro Morata.

Alvaro Morata Sindir VAR: Berapa Banyak Gol yang Lahir dari Pundak Pemain?

Alvaro Morata Sindir VAR: Berapa Banyak Gol yang Lahir dari Pundak Pemain?

12-11-2020 01:56

Pemain Juventus, Alvaro Morata, kerap bersinggungan dengan VAR belakangan ini. Beberapa golnya dianulir lantaran dirinya terjebak dalam posisi offside yang dirasa tidak masuk akal.

Bukan Juventus, Alvaro Morata Ingin Tutup Karir di Klub Spanyol Ini

Bukan Juventus, Alvaro Morata Ingin Tutup Karir di Klub Spanyol Ini

11-11-2020 02:31

Sederet gol yang telah dicetak pada awal musim ini seolah membuktikan bahwa Alvaro Morata hanya berjodoh dengan Juventus. Sayangnya, pria asal Spanyol tersebut tidak berencana setia selamanya dengan Si Nyonya Tua.

Kagetnya Legenda Juventus Lihat Alvaro Morata yang Kian Moncer

Kagetnya Legenda Juventus Lihat Alvaro Morata yang Kian Moncer

06-11-2020 20:40

Legenda Juventus, Pierluigi Casiraghi mengaku terkejut dengan performa apik Alvaro Morata.

Moncer di Juventus, Ini Rahasia Alvaro Morata

Moncer di Juventus, Ini Rahasia Alvaro Morata

05-11-2020 18:20

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengungkapkan penyebab di balik performa apiknya bersama Juventus.