Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Alvaro Morata

Melempem, Conte Tuntut Morata Kerja Lebih Keras

Melempem, Conte Tuntut Morata Kerja Lebih Keras

04-03-2018 00:50

Conte menyebut kerja keras adalah satu-satunya cara bagi Morata untuk kembali menemukan ketajamannya.

Shevchenko: Morata Hebat, Tapi Kurang Efektif

Shevchenko: Morata Hebat, Tapi Kurang Efektif

03-03-2018 08:40

Mantan pemain Chelsea yang juga merupakan salah satu mantan penyerang kawakan, Andriy Shevchenko, memberikan saran pada Alvaro Morata. Saran dari Shevchenko ini pun berdasarkan pengalamannya sebagai penyerang selama bertahun-tahun.

Morata Pergi, Chelsea Angkut Striker Bayern Munchen Ini

Morata Pergi, Chelsea Angkut Striker Bayern Munchen Ini

01-03-2018 13:00

The Blues kabarnya akan merekrut striker tajam Bayern Munchen, Robert Lewandowski sebagai penggantinya.

Legenda Arsenal Klaim Morata Tak Bahagia di Chelsea

Legenda Arsenal Klaim Morata Tak Bahagia di Chelsea

28-02-2018 13:50

Ian Wright merasa Alvaro Morata sedang tak bahagia di Chelsea usai ia mengalami kesulitan mencetak gol belakangan ini.

Enrique Siap Tangani Chelsea, Tapi Syaratnya Berat

Enrique Siap Tangani Chelsea, Tapi Syaratnya Berat

28-02-2018 13:20

Chelsea dikabarkan kurang puas usai melihat tuntutan gaji yang diusung oleh manajer Spanyol, Luis Enrique.

Perilaku Morata Jadi Masalah di Ruang Ganti Chelsea?

Perilaku Morata Jadi Masalah di Ruang Ganti Chelsea?

28-02-2018 10:15

Penyerang Chelsea, Alvaro Morata, diklaim menjadi penyebab ketidakharmonisan ruang ganti Chelsea. Dikutip dari tribalfootball, sikap Morata dinilai membuat rekan setimnya gelisah di tengah pertandingan.

Performa Morata Dikecam Habis Legenda Liverpool

Performa Morata Dikecam Habis Legenda Liverpool

27-02-2018 11:50

Mantan gelandang Liverpool, Graeme Souness, menyebut pemain depan Chelsea, Alvaro Morata, sebagai striker yang sering melewatkan peluang emas.

Shearer Klaim Arsenal 'Sangat Menyedihkan'

Shearer Klaim Arsenal 'Sangat Menyedihkan'

26-02-2018 14:10

Legenda Newcastle, Alan Shearer, mengkritik performa Arsenal ketika kalah dari Manchester City di final Piala Liga semalam.

Chelsea Bersiap Ajukan Penawaran untuk Lewandowski

Chelsea Bersiap Ajukan Penawaran untuk Lewandowski

26-02-2018 14:00

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, dikabarkan siap mengajukan penawaran untuk striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski.

Gol Morata Tak Disahkan, Conte Tuntut Adanya VAR

Gol Morata Tak Disahkan, Conte Tuntut Adanya VAR

26-02-2018 09:30

Bos Chelsea, Antonio Conte, menuntut diberlakukannya VAR di Premier League usai timnya menelan kekalahan 1-2 dari Manchester United semalam.