Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Chelsea
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Alvaro Morata

Morata Berharap Isco Yang Fenomenal Lekas Pulih

Morata Berharap Isco Yang Fenomenal Lekas Pulih

12-11-2017 11:59

Penyerang timnas Spanyol Alvaro Morata mengatakan Isco hanya menderita cedera ringan dan mendoakannya cepat pulih.

Morata Dukung Benzema Keluar dari Keterpurukan

Morata Dukung Benzema Keluar dari Keterpurukan

12-11-2017 00:40

Alvaro Morata belum lama ini memberikan dukungan pada mantan rekannya di Real Madrid, Karim Benzema, untuk bangkit dari keterpurukan.

Morata Ungkap Perbandingan Zidane dan Conte

Morata Ungkap Perbandingan Zidane dan Conte

11-11-2017 21:20

Alvaro Morata belum lama ini mengungkap perbandingan antara Zinedine Zidane dan Antonio Conte, sembari membuka kesempatan kembali ke Real Madrid di masa mendatang.

Aksi Morata Bikin Zola Kaget, Ini Alasannya

Aksi Morata Bikin Zola Kaget, Ini Alasannya

11-11-2017 20:20

Legenda Chelsea, Gianfranco Zola, mengatakan bahwa ia terkejut dengan penampilan apik yang ditunjukkan oleh Alvaro Morata di musim kompetisi kali ini.

Morata Akui Sering Bicara dengan Diego Costa

Morata Akui Sering Bicara dengan Diego Costa

11-11-2017 20:00

Striker Chelsea, Alvaro Morata, mengungkap bahwa ia sering berkomunikasi dengan Diego Costa.

Chelsea Berminat Datangkan Mauro Icardi

Chelsea Berminat Datangkan Mauro Icardi

11-11-2017 17:40

Chelsea dikabarkan tengah tertarik untuk menghadirkan kapten Inter Milan, Mauro Icardi.

Cole: Morata Sangat Berbeda Dibanding Diego Costa

Cole: Morata Sangat Berbeda Dibanding Diego Costa

11-11-2017 16:40

Carlton Cole mengaku terkesan dengan start yang dicatat Alvaro Morata di Chelsea dan berpikir bahwa mantan striker Real Madrid itu sudah menunjukkan determinasi tinggi lewat bahasa tubuhnya.

Ini Beda Conte Dengan Zidane

Ini Beda Conte Dengan Zidane

11-11-2017 02:02

Alvaro Morata menyebut perhatian Antonio Conte terhadap detil-detil taktik merupakan hal yang membedakannya dengan Zinedine Zidane.

Morata Kisahkan Kepergiannya dari Madrid

Morata Kisahkan Kepergiannya dari Madrid

10-11-2017 22:23

Alvaro Morata mengaku senang Zinedine Zidane berusaha mempertahankannya di skuat Real Madrid, namun ia akhirnya memutuskan harus hengkang karena tak mendapat jatah main yang cukup di klub tersebut.

Morata Siap Untuk Pulang ke Madrid

Morata Siap Untuk Pulang ke Madrid

10-11-2017 21:56

Alvaro Morata menegaskan siap untuk pulang kembali ke Real Madrid suatu saat nanti, namun sebelum melakukan hal itu ia ingin meraih kesuksesan lebih dahulu bersama Chelsea.