Nama Lengkap : Alvaro Borja Morata Martin
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Real Madrid
Posisi : Penyerang
No Punggung : 21
Tinggi : 189 cm

Karir

Terlahir di Madrid pada 23 Oktober 1992, Morata memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepak bola Atletico Madrid dan Getafe sebelum bergabung dengan Real Madrid di level juniornya.

Pada Juli 2010, setelah di beberapa turnamen dan mencapai kemenangan bersama tim Juvinel A, dia dipromosikan untuk masuk ke tim B Real Madrid setelah menyabet 2 penghargaan di level junior den mencetak gol sebanyak 34. Pada bulan berikutnya, Morata mendapat kesempatan dari pelatih tim inti Madrid, José Mourinho, untuk turut serta mengikuti tur pra-musim di Amerika Serikat.

Penyerang bertubuh jangkung ini debut bersama tim Castilla pada 15 Agustus 2010 di pertandingan persahabatan melawan AD Alcorcón dan mencetak gol sematawayangnya di pertandingan tersebut.

Debutnya di Divisi Tiga adalah ketika klub bermain melawan Coruxo FC. Di turnamen yang sama, Morata menyarangkan gol pertamanya dengan hasil akhir pertandingan imbang 1-1 saat melawan RSD Alcalá di penghujung Oktober 2010.

Morata resmi debut sebagai tim inti Madrid pada 12 Desember 2010 dan dimainkan menggantikan Ángel di María di menit ke-88 di turnamen La Liga melawan Real Zaragoza. Hasil akhirnya pun tidak mengecawakan, 3-1, memberikan kemenangan bagi Madrid.

10 hari kemudian, pemain bertinggi badan 190 sentimeter ini bermain di Copa del Rey pertamanya. Sama dengan debutnya di La Liga, Morata diturunkan dari bangku pemain di menit-menit terakhir.

Pada Januari 2011, Morata dikabarkan oleh media Spanyol bahwa dia akan menggantikan posisi GOnzala Higuain yang saat itu mengalami cedera. Namun, Mourinho menyangkal berita tersebut dan mengatakan bahwa Morata masih belum disiapkan untuk bermain sepenuhnya bersama Madrid dan butuh waktu untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya dan menyelesaikan formasi bermain bersama Castilla.

Dalam kurun waktu tersebut, Morata menambah koleksi golnya sebanyak 5 dalam 4 pertandingan saat diturunkan sebagai pemain pengganti.

Morata mencatatkan hat-trick pertamanya di pertandingan dengan hasil akhir 7-1 melawan Deportivo de La Coruña B pada 13 Februari 2011. Dia menyelesaikan musim pertamanya sebagai senior dengan mencetak gol di 14 pertandingan.

Pemain bernama lengkap Álvaro Borja Morata Martín ini menyarangkan gol pertamanya sebagai salah satu jajaran pemain inti Real Madrid pada 11 November 2012. Dia dimainkan di menit 83 dan mencetak gol pamungkas di 1 menit setelah dimasukkan. Permainan berakhir 2-1 dan memberi kemenangan untuk Madrid.

Pada awal Maret 2012, Morata dimainkan selama 90 menit penuh melawan Barcelona di laga El Clásico, mendapatkan umpan-umpan cantik dari Karim Benzema dan mengantar Madrid mendapat kemenangan lagi. Selama pertandingan pun, Morata secara individual mendapat beberapa kesempatan untuk menjebol gawang Barcelona.

Karir internasionalnya bersama punggawa tim nasional Spanyol pun sudah dimulai ketika dia mendapat panggilan dan diminta untuk bermain di Piala Dunia U-17 di Nigeria dan mencetak 2 gol di 4 pertandingan.

Morata dipercaya kembali untuk bermain di tim U-19 di Japan International Tournament dan membantu tim negaranya tersebut mendapat kemenangan di posisi kedua.

Morata memperkuat tim U-19 kembali di ajang UEFA European Under-19 Football Championship tahun 2011 di Roma dan mengantarkan tim menjadi jawara dengan sumbangan 6 golnya.

Dengan dimainkannya Morata di Timnas U-21 di European Championships tahun 2013, dia ambil bagian dalam beberapa kemenangan tim sekaligus mendapat penghargaan sebagai top scorer di turnamen tersebut.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Alvaro Morata

Benzema Takkan Menyerah dengan Tekanan di Madrid

Benzema Takkan Menyerah dengan Tekanan di Madrid

01-02-2017 09:40

Striker Real Madrid, Karim Benzema, belum lama ini mengatakan pada para penggemarnya di Instagram, bahwa ia 'tidak akan menyerah' usai belakangan ini muncul pendapat yang mengatakan ia harus menyerahkan tempatnya di tim pada Alvaro Morata.

Video: 10 Gol Morata Untuk Madrid Musim Ini

Video: 10 Gol Morata Untuk Madrid Musim Ini

31-01-2017 15:37

Musim ini, Alvaro Morata sudah mencetak 10 gol untuk Real Madrid di semua kompetisi. Gol pertama dia cetak ke gawang Celta Vigo, dan yang ke-10 disarangkannya saat melawan Real Sociedad. Berikut cuplikan-cuplikan golnya.

Allegri Tanggapi Rumor Transfer Morata

Allegri Tanggapi Rumor Transfer Morata

30-01-2017 15:50

Bos Juventus, Massimiliano Allegri, belum lama ini mengaku tidak yakin apakah timnya bisa mendatangkan kembali Alvaro Morata ke Turin di bursa musim panas mendatang.

Morata Incar La Liga dan Liga Champions di Madrid

Morata Incar La Liga dan Liga Champions di Madrid

30-01-2017 13:00

Alvaro Morata ingin Real Madrid berusaha keras untuk mengincar dua trofi yang masih tersisa bagi mereka di musim kompetisi kali ini.

Real Madrid Gudangnya Pencetak Gol

Real Madrid Gudangnya Pencetak Gol

30-01-2017 12:54

Jumlah pencetak gol Real Madrid (17) lebih banyak dibandingkan tim-tim lain di lima liga top Eropa musim 2017/16 sejauh ini. Yang paling mendekati adalah Celta Vigo, serta AS Monaco dari Ligue 1 dan Lazio dari Serie A.

Alvaro Morata, Supersub Paling Super Dari La Liga

Alvaro Morata, Supersub Paling Super Dari La Liga

30-01-2017 12:10

Jumlah gol sang striker 24 tahun Spanyol sebagai substitute itu lebih banyak daripada pemain-pemain berbasis La Liga lainnya.

Morata: Madrid Raih Kemenangan yang Krusial

Morata: Madrid Raih Kemenangan yang Krusial

30-01-2017 11:10

Alvaro Morata mengatakan bahwa Real Madrid meraih kemenangan yang krusial, usai mereka mengalahkan Real Sociedad dengan skor 3-0 di Bernabeu semalam.

Hasil Pertandingan Real Madrid vs Real Sociedad: Skor 3-0

Hasil Pertandingan Real Madrid vs Real Sociedad: Skor 3-0

30-01-2017 04:45

Real Madrid sukses meraih poin penuh usai mengalahkan Real Sociedad 3-0 dalam lanjutan La Liga jornada 20 yang digelar di Santiago Bernabeu, Senin (30/1) dini hari WIB.

Zidane Perlakukan Morata dan Benzema Dengan Adil

Zidane Perlakukan Morata dan Benzema Dengan Adil

29-01-2017 15:38

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane membantah kabar yang menyebutkan bahwa ia lebih menganakemaskan Karim Benzema dibandingkan dengan Alvaro Morata. Zidane memperlakukan kedua pemain dengan adil.

Morata Tegaskan Setia Dengan Real Madrid

Morata Tegaskan Setia Dengan Real Madrid

28-01-2017 19:34

Striker Real Madrid Alvaro Morata meredam spekulasi yang menyebut bahwa dirinya akan meninggalkan segera meninggalkan Santiago Bernabeu.