BRADFRIEDEL

Brad Friedel
Nama Lengkap : Bradley Howard Friedel
Tempat Lahir : Lakewood, Ohio, U.S.A.
Tanggal Lahir : 18 Mei 1971 (46 Tahun)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Klub : -
Posisi : Kiper
No Punggung : -
Tinggi : 191 cm

Karir

Bradley Howard Friedel lahir pada 18 Mei 1971. Dia adalah pemain sepak bola berkebangsaan Amerika yang bermain di posisi penjaga gawang untuk Tottenham Hotspur di Liga Premier Inggris.

Ia bermain di 82 pertandingan untuk Timnas Amerika Serikat antara tahun 1992 sampai 2005, dan mewakili negaranya di turnamen Piala Dunia. Dia adalah pemegang rekor Liga Premier untuk penampilan berturut-turut sebanyak 310 pertandingan, suatu prestasi yang diraihnya selama bermain untuk Blackburn Rovers, Aston Villa, dan Tottenham Hotspur.

Ia juga secara resmi menjadi pemain tertua yang pernah dimiliki Aston Villa, rekor yang diraihnya pada 1 Februari 2011 saat bertanding melawan Manchester United. Usia Friedel, 39 tahun dan 259 hari melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ernie Callaghan yang terakhir bermain untuk Villa melawan Grimsby Town pada April 1947, berusia 39 tahun dan 257 hari. Penampilan terakhir Friedel untuk Villa adalah pada tanggal 22 Mei 2011 di kemenangan kandang 1-0 melawan Liverpool, berusia 40 tahun dan 4 hari.

Friedel meninggalkan UCLA untuk mengejar karir profesionalnya. Dia memulai dengan mencoba untuk menandatangani kontrak dengan Nottingham Forest di bawah kepelatihan Brian Clough, tapi izin kerjanya di tolak. Akhirnya, Friedel menandatangani kontrak dengan Federasi Sepakbola Amerika Serikat (USSF) untuk bermain secara eksklusif dengan Timnas Amerika Serikat yang dipersiapkan untuk Piala Dunia FIFA 1994.

Friedel mendapat tawaran kontrak dari manajer Kevin Keegan yang saat itu melatih Newcastle United, tapi lagi-lagi izin kerjanya ditolak. Sambil menunggu persetujuan dari pemerintah Inggris, dia berlatih dengan Newcastle sebagai pemain pinjaman dari USSF. Ketika izin kerjanya tetap tidak disetujui, Friedel melakukan negosiasi pinjaman dari USSF ke klub Denmark Superliga Brondby IF.

Brad tinggal di klub selama beberapa bulan pada tahun 1995, sebagai cadangan untuk Mogens Krogh, tapi dia tidak bermain sama sekali. Friedel tetap dengan Brondby sampai ia kembali ke Amerika Serikat untuk bergabung kembali dengan tim nasional, kemudian dia mempersiapkan diri untuk Piala 1995 AS dan Copa America.

Friedel mencoba untuk ketiga kalinya untuk bergabung dengan klub Inggris, kali ini Sunderland. Namun, ketika Friedel kembali gagal menerima izin kerja di Inggris, agennya berhasil negosiasi transfer dari USSF ke tim raksasa Turki, Galatasaray pada tahun 1995 yang dikelola oleh Friedel Graeme Souness.

Pada bulan Juli 1996, setelah berakhirnya musim di Turki, Friedel pindah ke Columbus Crew di MLS. Pada bulan Februari 1997, ia menandatangani kontrak tiga tahun dengan Columbus saat itu, dan menjadi pemain di tim utama. Musim itu ia terpilih sebagai MLS best XI dan dinobatkan sebagai MLS Goalkeeper of the Year.

Friedel menyelesaikan transfer ke Liverpool dengian biaya transfer £ 1,7 juta di tahun 1997. Pada tanggal 23 Desember 1997, Liverpool memperoleh izin kerja untuk Friedel setelah mengajukan banding, saat permintaan pertama ditolak. Dia membuat debutnya melawan Aston Villa pada tanggal 28 Februari 1998.

Dia menandatangani kontrak dengan Blackburn Rovers dengan status bebas transfer pada bulan November 2000 setelah izin kerja didapat.

Bergabung selama promosi Rovers ke Liga Premier, penampilan Friedel secara konsisten membantu memastikan Blackburn menetapkan statusnya di divisi utama.

Pada akhir musim 2002-03, Friedel menmbuat 15 clean sheet dan membuatnya mendapatkan gelar Blackburn Player of the Year. Pada tanggal 21 Februari 2004, dalam pertandingan tandang melawan Charlton Athletic, Friedel mencetak gol di menit ke-90, dari sepak pojok. Gol Friedel menyamakan kedudukan pertandingan menjadi 2-2, tapi kemudian Charlton mencetak gol lagi dan Blackburn akhirnya memenangkan pertandingan 3-2. Ia menjadi kiper kedua dalam sejarah Premier League (tidak termasuk gol bunuh diri) yang mencetak gol setelah Peter Schmeichel, Aston Villa pada tahun 2001.

Friedel memperpanjang kontraknya dengan Blackburn Rovers pada tanggal 14 April 2006 yang menyatakan cintanya untuk klub sebagai alasan. Dua tahun kemudian, pada tanggal 5 Februari 2008, ia kembali menandatangani perpanjangan kontrak dengan Rovers.

Aston Villa sedang mengadakan pembicaraan dengan Brad Friedel pada tanggal 25 Juli. Friedel menandatangani kontrak tiga tahun dengan Aston Villa sehari setelah itu.

Dia melakukan debut melawan Reading pada tanggal 2 Agustus di Stadion Madejski. Di pertandigan pertamanya ini, Friedel menyelamatkan sebuah tendangan penalti. Friedel memainkan pertandingan Premiership pertamanya untuk Aston Villa pada tanggal 17 Agustus 2008, pertandingan pertama untuk Aston Villa di musim 2008-09, di mana Villa mengalahkan Manchester City 4-2 di kandang.

Friedel menjadi pemain tertua yang pernah bermain untuk Aston Villa saat 3-1 kalah dari Manchester United pada tanggal 1 Februari 2011.

Kontrak Friedel dengan Aston Villa berakhir setelah musim 2010-11. Pada tanggal 3 Juni 2011, Tottenham Hotspur mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan Friedel yang berdurasi selama 2 tahun. Pada tanggal 22 Agustus 2011, Friedel memulai debutnya bersama Tottenham saat bermain di Old Trafford melawan Manchester United.

Kedatangan kiper dan kapten Perancis, Hugo Lloris di akhir jendela transfer musim panas 2012 membuat status Friedel sebagai kiper pilihan utama Tottenham untuk musim 2012-13 tidak pasti. Namun, setelah penampilan yang mengesankan Friedel melawan Norwich pada tanggal 1 September 2012, manajer Andre Villas - Boas mengatakan bahwa Friedel akan tetap nomor satu.

Pada tanggal 7 Oktober 2012, ia tidak bermain dan menghentikan rekornya di angka 310, ketika ia duduk di bangku cadangan di belakang Lloris melawan Aston Villa.

Pada tanggal 26 Desember 2012, diumumkan bahwa Friedel telah menandatangani kontrak baru dengan Spurs, membuatnya tetap di klub sampai 2014.

Setelah kegagalan Lloris untuk sepenuhnya pulih dari cedera kepala, Friedel kembali ke lineup awal dalam pertandingan liga pada 10 November 2013.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Brad Friedel

Chelsea Pertimbangkan Rekrut Brad Friedel

Chelsea Pertimbangkan Rekrut Brad Friedel

03-03-2015 04:25

Chelsea dikabarkan tengah menimang opsi untuk mendatangkan kiper gaek milik Tottenham Hotspur, Brad Friedel musim panas mendatang.

Friedel Dukung Lloris Kawal Gawang Spurs Selama 10 Tahun

Friedel Dukung Lloris Kawal Gawang Spurs Selama 10 Tahun

22-07-2014 02:19

Kiper Tottenham Brad Friedel ingin Hugo Lloris tetap mengawal gawang Spurs selama 10 tahun ke depan.

Friedel: Ronaldo Pemain Terbaik Yang Pernah Saya Hadapi

Friedel: Ronaldo Pemain Terbaik Yang Pernah Saya Hadapi

23-06-2014 12:26

Brad Friedel memuji penampilan Cristiano Ronaldo, yang dianggapnya setara dengan beberapa legenda sepakbola dunia.

Tottenham Perpanjang Kontrak Friedel

Tottenham Perpanjang Kontrak Friedel

09-06-2014 23:10

Penjaga gawang veteran Brad Friedel telah sepakat meneken kontrak baru berdurasi satu di Tottenham.

Heurelho Gomes Cabut Dari Tottenham

Heurelho Gomes Cabut Dari Tottenham

23-05-2014 14:06

Kiper 33 tahun Brasil Heurelho Gomes akan meninggalkan Tottenham bulan depan. Klub Premier League tersebut sudah mengkonfirmasikannya.

Friedel: Tottenham Favorit Finish Posisi Keempat

Friedel: Tottenham Favorit Finish Posisi Keempat

06-02-2014 20:02

Kiper veteran Brad Friedel merasa sangat optimis Tottenham bisa finish posisi keempat di akhir musim nanti. Friedel akan berjuang keras demi meraih posisi itu.

Membeku di Spurs, Gomes Laris Dilirik Tiga Klub

Membeku di Spurs, Gomes Laris Dilirik Tiga Klub

07-01-2014 22:16

Meski tak lagi menjadi pilihan utama mengawal gawang Tottenham, pesona kiper Heurelho Gomes ternyata masih bisa menarik sejumlah klub lain. Hal tersebut diungkapkan oleh agen sang pemain Alex Soares.

Friedel: Sherwood Pilihan Terbaik Bagi Spurs

Friedel: Sherwood Pilihan Terbaik Bagi Spurs

24-12-2013 22:24

Penunjukan Tim Sherwood sebagai arsitek baru di Tottenham ditanggapi positif oleh kiper veteran Brad Friedel. Menurut Friedel, sosok Sherwood merupakan orang yang tepat bagi timnya saat ini.

Kepergian AVB Disesali Seluruh Penggawa Spurs

Kepergian AVB Disesali Seluruh Penggawa Spurs

18-12-2013 23:50

Kiper Tottenham, Brad Friedel menyatakan bahwa tak satupun pemain Spurs menginginkan kepergian Andre Villas-Boas.

Friedel: Tidak Ada Perpecahan di Tottenham

Friedel: Tidak Ada Perpecahan di Tottenham

04-12-2013 08:45

Friedel menyebut bahwa tidak ada perpecahan di Tottenham dan semua penggawa tim kini masih mendukung AVB.