BRANISLAVIVANOVIC

Branislav Ivanovic
Nama Lengkap : Branislav Ivanovic
Tempat Lahir : Sremska Mitrovica, Serbia
Tanggal Lahir : 22 Februari 1984 (32 Tahun)
Kebangsaan : Serbia
Klub : Chelsea
Posisi : Bek
No Punggung : 2
Tinggi : 188 cm

Karir

  • 2001 - 2002 : Remont
  • 2002 - 2003 : Srem
  • 2003 - 2006 : OFK Beograd
  • 2006 - 2008 : Lokomotiv Moscow
  • 2008 - : Chelsea

Branislav Ivanovic adalah seorang pemain sepakbola berkewarganegaraan Serbia yang bermain di posisi bertahan sebagai bek kanan. Ivanovic mengawali karir sepakbolanya di tanah kelahirannya dan bermain untuk Remont, FK Srem dan OFK Beograd sebelum ia pindah ke Rusia dan bermain untuk Lokomotiv Moscow. Setelah dua tahun di Moscow, Ivanovic pindah ke Chelsea.

Ia bermain  untuk tim nasional Serbia pada turnamen internasional yang diikuti negara tersebut pada tahun pertama kemerdekaan, yakni pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Ivanovic dipilih sebagai pemain bek kanan pada turnamen Premier League 2009-2010 dan Chelsea berhasil memenangkan liga tersebut dan memenangkan babak dinal FA Cup 2010. Pada tahun 2012, ia berkontribusi pada kemenangan Chelsea di turnamen Champion League. DI tahun berikutnya, Chelsea kembali meraih kemenangan, kali ini berhasil memenangkan UEFA Europa League 2013.

Ivanovic lahir dari keluarga dengan latar belakang sepakbola. Ayahnya sempat menjadi pemain sepakbola di skuat muda klub Sremska Mitrovica. Klub itu juga yang berhasil mencetak ayah Ivanovic menjadi atlet preofesional dengan bermain di posisi bertahan di pinggir dan tengah lapangan.

Setelah tiga tahun bermain di turnamen Serbian Superliga, sebuah liga divisi satu di Serbia dan Montenegro, Ivanovic bergabung dengan Lokomotiv Moscow pada Januari 2006. Di bawah arahan pelatih Slavoljub Muslin, Ivanovic berhasil membuat prestasi yang baik, turun di 28 pertandingan dan mencetak dua gol. Ia memutuskan untuk membela tim nasional Serbia selama ia menjalani karirnya di Rusia.

Pada musim selanjutnya, Ivanovic bermain pada 26 pertandingan dan mencetak tiga gol. Selama karirnya di Lokomotiv Moscow, ia hanya memenangkan satu turnamen yaitu Russian Cup tahun 2007.

Pada Januari 2008, Chelsea mengkonfirmasi bahwa manajemen klub telah menyetujui sebuah perjanjian dengan Lokomotiv Moskow untuk perpindahan Ivanovic. Chelsea berhasil memperoleh kesempatan untuk menarik Ivanovic ke dalam klub di tengah gencarnya tawaran dari klub lain seperti Milan, Ajax, Juventus dan Internazionale.

Menurut Lokomotiv Moscow, bayaran transfer Ivanovic yang diperkirakan mencapai 13 juta Euro merupakan angka bayaran tertinggi selama sejarah dunia sepakbola Rusia. Ivanovic menandatangani kontrak tiga setengah tahun dengan Chelsea dan mengenakan nomor punggung 2.

Ivanovic tidak langsung diturunkan ke lapangan pada musim 2007-2008 setelah penandatanganan kontrak tersebut. Chelsea beralasan bahwa Ivanovic tidak dalam keadaan yang bugar setelah adanya jangka waktu beberapa bulan sebelum penandatanganan kontrak dimana Ivanovic sama sekali tidak turun dan bertanding di lapangan.

Di akhir musim transfer 2008-2009, Ivanovic menjadi incaran klub Serie A yakni Florentina. Pada Januari 2008, tersiar kabar adanya negosisasi antara kedua klub dalam hal transfer Ivanovic. Namun berita selanjutnya mengabarkan bahwa Chelsea enggan menjual Ivanovic dan ia akan tetap bertahan di London.

Pada musim selanjutnya, Ivanovic masih menjadi incaran beberapa klub Eropa walaupun ia telah meyakinkan media bahwa ia akan tetap bermain untuk Chelsea. Pada Desember 2009, Ivanovic menjadi berita utama di harian MARCA, sebuah media olahraga berpengaruh di Spanyol, yang menyebutkan bahwa Ivanovic tengah menjadi buruan utama Real Madrid.

Seiring musim berjalan, Ivanovic ternyata masih melanjutkan karirnya bersama Chelsea. Performanya selama musim tersebut membuatnya pantas dianugerahi penghargaan PFA 2009/2010 Team of the Year sebagai pemain posisi bertahan.

Pada Februari 2011, Ivanovic menandatangani perpanjangan kontrak lima setengah tahun yang mengesahkan keputusannya untuk bertahan di Chelsea sampai musim panas 2016.

Pasca penandatanganan kontrak tersebut, ia mengungkapkan pada media, “Ini adalah sebuah berita bagus bagi saya, sebuah langkah besar dalam karir saya dan saya ingin membantu Chelsea untuk memenangkan lebih banyak tropi.” Ia mengakhiri musim 2010-2011 dengan menjadi salah satu nominasi pada penghargaan Chelsea Player of the Year.

Ivanovic mengalami penganiayaan berupa gigitan yang dilakukan oleh striker Liverpool, Luis Suarex pada sebuah pertandingan turnamen Premier League pada April 2013. Dikarenakan adanya spekulasi gol, Suarez menggigit tangan kanan Ivanovic pada pertandingan tersebut.

Suarez ditetapkan bersalah karena telah melakukan kekerasan dan dihukum dengan larangan bermain di 10 pertandingan, namun Ivanovic tidak memberikan tuntutan resmi setelah pertandingan tersebut. Ia secara gamblang tidak menerima permintaan maaf dari Suarez namun beberapa hari kemudian ia menyampaikan bahwa pemain bek tersebut telah mampu menenangkan diri dan menerima kejadian tersebut.

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

 

Berita Terbaru Branislav Ivanovic

Nemanja Matic Rindukan Kehadiran Ivanovic

Nemanja Matic Rindukan Kehadiran Ivanovic

23-03-2017 15:40

Gelandang Chelsea, Nemanja Matic, mengatakan bahwa ia merindukan keberadaan Branislav Ivanovic.

Ivanovic Jelaskan Alasan Tinggalkan Chelsea

Ivanovic Jelaskan Alasan Tinggalkan Chelsea

08-02-2017 10:30

Branislav Ivanovic belum lama ini menjelaskan alasannya meninggalkan Chelsea di bursa musim dingin.

Ivanovic: Pemain Lebih Suka Ancelotti Timbang Mourinho

Ivanovic: Pemain Lebih Suka Ancelotti Timbang Mourinho

08-02-2017 09:30

Mantan bek Chelsea, Branislav Ivanovic, mengungkap bahwa para pemain Chelsea lebih suka bermain untuk Carlo Ancelotti ketimbang Jose Mourinho.

Doa dan Terima Kasih Matic untuk Ivanovic

Doa dan Terima Kasih Matic untuk Ivanovic

03-02-2017 15:10

Nemanja Matic belum lama ini memberikan pujian pada Branislav Ivanovic, dengan mengatakan sang bek memainkan peran penting untuk membantunya menyesuaikan diri di Chelsea.

Bahagianya Ivanovic Bermain Untuk Zenit St Petersburg

Bahagianya Ivanovic Bermain Untuk Zenit St Petersburg

02-02-2017 15:05

Branislav Ivanovic mengaku sangat senang bergabung dengan klub besar seperti Zenit st Petersburg dan senang bisa kembali bermain di Rusia.

Terry: Ivanovic Legenda Sejati

Terry: Ivanovic Legenda Sejati

02-02-2017 00:34

Kapten Chelsea, John Terry memberikan salam perpisahan kepada Branislav Ivanovic yang baru saja memutuskan untuk meninggalkan Chelesea. Menurut Terry, Ivanovic adalah legenda sejati untuk The Blues.

Ivanovic Akhiri Pengabdian Sembilan Tahun di Chelsea

Ivanovic Akhiri Pengabdian Sembilan Tahun di Chelsea

01-02-2017 19:53

Bek tangguh Branislav Ivanovic resmi meninggalkan Chelsea setelah sembilan tahun terakhir mengabdi untuk klub asal London. Ivanovic memutuskan untuk membela Zenit st Petersburg.

Conte Jelaskan Soal Masa Depan Ivanovic dan Begovic

Conte Jelaskan Soal Masa Depan Ivanovic dan Begovic

31-01-2017 09:50

Antonio Conte belum lama ini memberikan penjelasan soal dua pemainnya di Chelsea, Branislav Ivanocic dan Asmir Begovic, yang dikabarkan ingin hengkang di bursa Januari.

West Brom Bantah Akan Tampung Ivanovic

West Brom Bantah Akan Tampung Ivanovic

31-01-2017 09:00

Manajer West Brom, Tony Pulis, belum lama ini membantah spekulasi yang mengatakan The Baggies tertarik untuk membeli bek Chelsea, Branislav Ivanovic.

Tinggalkan Chelsea, Ivanovic Merapat ke Zenit

Tinggalkan Chelsea, Ivanovic Merapat ke Zenit

31-01-2017 02:54

Masa depan bek senior Branislav Ivanovic makin menemui kejelasan setelah ia dikabarkan maki dekat untuk bergabung dengan klub raksasa Rusia, Zenit St Petersburg.