EMMANUELADEBAYOR

Emmanuel Adebayor
Nama Lengkap : Sheyi Emmanuel Adebayor
Tempat Lahir : Lome, Togo
Tanggal Lahir : 26 Februari 1984 (33 Tahun)
Kebangsaan :
Klub : -
Posisi : Penyerang
No Punggung : -
Tinggi : 191 cm

Karir

Nama Adebayor mulai menjadi bahan perbincangan di Perancis pada tahun 2001-02 kala ia berseragam FC Metz. Pada musim berikutnya, dia benar - benar tampil mengesankan kala sukses mencetak 13 gol sepanjang musim ketika pemain kelahiran Lome tersebut masih berusia 17 tahun.

Atas performa apiknya tersebut, kubu AS Monaco menaruh minat padanya. Akhirnya kubu Monaco merampungkan proses transfer Adebayor pada awal musim 2003/04 setelah sang pemain sukses membukukan 15 gol dari 44 kali penampilannya bersama FC Metz.

Adebayor adalah bagian dari squad AS Monaco yang mencapai final Liga Champions 2004. Ia turut tampil dalam 9 laga yang dijalani AS Monaco di level Eropa. Sayangnya ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan pada laga yang berakhir dengan kekalahan Monaco atas FC Porto tersebut.

Setelah dua setengah musim dan mencetak 21 gol untuk AS Monaco, Adebayor dikabarkan akan segera dijual oleh kubu Monaco. Ia dikeluarkan dari tim ia beberapa kali mangkir dari sesi latihan tim setelah ia kedapatan bermasalah dengan pelatih Francesco Guidolin.

Ade memutuskan untuk pindah ke Arsenal pada tahun 2006 dengan nominal transfer yang dilaporkan mencapai £ 7 juta. Ia mencapai puncak karirnya bersama Arsenal di musim keduanya berada di Emirates Stadium. Namanya turut dimasukkan kedalam PFA Team of the Year.

Di akhir musim, Adebayor sukses  mencetak 30 gol, tapi rumor tentang transfer musim panas tampaknya mengganggu ketenangan dan performanya. Meskipun ia sudah menandatangani kontrak jangka panjang dengan klub pada Mei 2007, minat Adebayor untuk meninggalkan klub terpicu oleh rumor transfer yang datang dari AC Milan dan Barcelona.

Karena gagal untuk pindah hingga musim transfer berakhir, Sheyi Adebayor mengalami musim yang sulit dengan bersama klub. Ia juga mendapat kritikan pedas karena kurangnya kontribusinya kepada Arsenal dalam beberapa pertandingan terakhir oleh beberapa fans Arsenal.

Pada bulan Juli 2009 ia menandatangani untuk kesepakatan transfer ke Manchester City untuk biaya dilaporkan sekitar £ 25 juta.

Karirnya dimulai dengan baik kala berseragam City, sayangnya ia jarang mendapat kepercayaan penuh pada musim keduanya bermain untuk City. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Real Madrid dan Tottenham Hotspurs. Ketika Roberto Manchini mengumumkan bahwa posisi Ade sudah tergeser dengan datangnya Tevez, Dzeko dan Balotelli, kubu Tottenham dengan cepat memanfaatkan kesempata dengan menebus transfernya pada awal musim 2012/13.

Bergabung bersama Tottenham, meski dengan status pinjaman dari City, Adebayor segera menunjukkan tajinya dengan menjadi pencetak gol terbanyak bagi klub dengan 18 golnya. Sayangnya, ketika sudah dibeli secara permanen, ia mendapat kesulitan karena seringnya dihantam badai cedera.

Ketika arsitek Tottenham, Andre Villas-Boas, mengeluarkannya dari tim utama, Ade merasa karirnya makin terpuruk. Ditambah lagi karena ulahnya yang dinilai sering memicu kemarahan fans Tottenham, ia jadi makin jarang mendapat kesempatan bermain.

Namun ketika Villas-Boas dipecat menyusul kekalahan 0-5 dari Liverpool dan Tim Sherwood didaulat sebagai manajer pengganti, Ade mulai mendapat kepercayaan dirinya dan posisinya di tim inti kembali.

Salah satu momen yang tak bisa dilupakannya saat membela tim nasional adalah kala Adebayor dan rekan-rekannya terjebak dalam serangan bersenjata di Angola. Bus tim Togo ditembaki pihak tidak dikenal menjelang Piala Afrika 2010 yang menewaskan tiga orang pada Januari 2010 silam. Dia mengakui dia berusaha keras melupakan kejadian tersebut dan tak lama kemudian, ia secara resmi mengumumkan untuk pensiun dari level internasional.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Emmanuel Adebayor

Eks Arsenal Ini Ungkap Penyesalan Terbesarnya

Eks Arsenal Ini Ungkap Penyesalan Terbesarnya

12-06-2017 11:20

Emmanuel Adebayor mengklaim bahwa bergabung dengan Crystal Palace merupakan keputusan terburuk yang pernah ia buat dalam karirnya.

Adebayor: Saya Tak Dicintai di Premier League

Adebayor: Saya Tak Dicintai di Premier League

26-01-2017 10:20

Emmanuel Adebayor akan kembali ke Togo untuk mempertimbangkan masa depannya, usai negaranya tersingkir di Piala Afrika, dan ia mengakui mungkin akan kembali bermain di Inggris.

Adebayor: Arsenal Bukan Apa-apa Tanpa Sanchez dan Ozil

Adebayor: Arsenal Bukan Apa-apa Tanpa Sanchez dan Ozil

20-01-2017 07:00

Mantan striker Arsenal, Emmanuel Adebayor, percaya bahwa The Gunners takkan bisa apa-apa tanpa kehadiran Alexis Sanchez dan Mesut Ozil.

Adebayor: Bale Belum Bisa Samai Level Ronaldo

Adebayor: Bale Belum Bisa Samai Level Ronaldo

24-04-2016 00:40

Emmanuel Adebayor, mantan pemain Real Madrid, mengatakan bahwa Gareth Bale masih butuh waktu lama sebelum ia bisa menyamai level permainan Cristiano Ronaldo.

Adebayor: Mourinho Buat Ruang Ganti Madrid Sulit

Adebayor: Mourinho Buat Ruang Ganti Madrid Sulit

24-04-2016 00:20

Jose Mourinho membuat kondisi di ruang ganti Real Madrid kian sulit.

Adebayor: Madrid Momen Terbaik Saya

Adebayor: Madrid Momen Terbaik Saya

24-04-2016 00:01

Emmanuel Adebayor mengatakan bahwa Real Madrid mewakili momen terbaik di sepanjang karirnya sebagai pemain profesional.

Adebayor: Ingat Madrid, City Bukan Tim Lemah

Adebayor: Ingat Madrid, City Bukan Tim Lemah

23-04-2016 23:40

Emmanuel Adebayor mengingatkan Real Madrid bahwa Manchester City bukanlah klub lemah.

Adebayor: Sebuah Kesalahan Tinggalkan Arsenal

Adebayor: Sebuah Kesalahan Tinggalkan Arsenal

20-04-2016 12:02

Emmanuel Adebayor mengungkapkan bahwa dirinya telah membuat kesalahan dengan meninggalkan Arsenal beberapa tahun lalu.

Adebayor, Mantan Memang Menyakitkan

Adebayor, Mantan Memang Menyakitkan

18-04-2016 00:30

Arsenal harus kembali merasakan perih yang ditorehkan oleh mantan pemain mereka, Emmanuel Adenbayor.

Pardew: Adebayor Bisa Hantui Arsenal

Pardew: Adebayor Bisa Hantui Arsenal

16-04-2016 22:00

Pelatih Crystal Palace, Alan Pardew mengungkapkan bahwa Arsenal pantas khawatir dengan keberadaan Emmanuel Adebayor dalam timnya.