EMMANUELFRIMPONG

Emmanuel Frimpong
Nama Lengkap : Emmanuel Yaw Frimpong
Tempat Lahir : Kumasi, Ghana
Tanggal Lahir : 10 Januari 1992 (24 Tahun)
Kebangsaan : Ghana
Klub : Barnsley
Posisi : Gelandang
No Punggung : 26
Tinggi : 178 cm

Karir

Frimpong lahir di Kumasi, Ghana pada 10 Januari 1992. Di usia yang masih sangat muda, ia memutuskan pindah ke Inggris dan bersekolah di Gladesmore Community School, Tottenham.

Pemain Arsenal lain, Jack Wilshere adalah temannya semasa di Gladesmore. Frimpong sudah dikontrak oleh Arsenal pada usia 9 tahun. Ia meninggalkan sekolahnya dan memutuskan untuk bermain penuh di Arsenal pada usia 14.

Ia menghabiskan karirnya mudanya di Arsenal yang berstatus sebagai klub yang menemukan dan memboyongnya ke Inggris. Frimpong juga sempat masuk ke tim reserve Arsenal pada 2008. Wenger memujinya sebagai gelandang yang kuat dan bertipe petarung saat ia bermain di Emirates Cup pada 2010.

19 Agustus 2010, Frimpong mengalami cedera parah pada anterior cruciate ligament-nya dan terpaksa beristirahat selama 9 bulan. Ia kembali pada musim baru 2011-2012 dan memulai debutnya pada 13 Agustus 2011 saat Arsenal berhadapan dengan Newcastle United.

Namun selama musim tersebut, Frimpong hanya bermain sebanyak 6 kali termasuk saat ia mendapatkan kartu merah pertamanya saat Arsenal melawan Liverpool. Frimpong juga sempat terlibat perkelahian dengan mantan rekannya di Arsenal, Samir Nasri, kala Arsenal kalah dari Manchester City di ajang The League Cup.

Tidak cukup mendapat kesempatan bermain reguler di musim tersebut, Frimpong kemudian dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers pada pertengahan musim tepatnya 1 Januari 2012. Namun sayang, Frimpong kembali mengalami cedera cruciate ligament dan harus mengakhiri musimnya lebih cepat.

Paska masa peminjamannya di Wolves, Frimpong kembali dipinjamkan ke Charlton Athletic dan kemudian ke Fulham selama 1 musim penuh pada 25 Januari 2013.

Di tingkat Internasional, Frimpong yang memiliki dua paspor kewarganegaraan sempat menjalani laga bersama Timnas Inggris U-16 dan bermain sebanyak 6 kali. Setelah itu Frimpong juga pernah membela Inggris U-17 dan juga bermain sebanyak 6 kali.

Pada 6 September 2011, Frimpong menegaskan komitmennya untuk tanah kelahirannya, Ghana, di level timnas. Ia berkata bahwa jika Ghana memanggilnya untuk bermain, ia akan mengendarai motornya sendiri menuju Ghana.

Frimpong merupakan keponakan dari pesepakbola keturunan Norwegia-Ghana Yaw Amankwah yang bermain di liga Norwegia. Sama seperti pemain Afrika lainnya, Frimpong dikenal memiliki fisik dan stamina yang kuat sehingga sering disamakan dengan Alex Song dan Michael Essien.      

     
Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Emmanuel Frimpong

Oxlade-Chamberlain Mirip Kura-kura Ninja?

Oxlade-Chamberlain Mirip Kura-kura Ninja?

07-03-2014 15:52

Sayap Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain dianggap memiliki wajah yang sama dengan tokoh film animasi beken, Teenage Mutant Ninja Turtle atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama Kura-kura Ninja.

Arsenal Lepas Frimpong ke Barnsley

Arsenal Lepas Frimpong ke Barnsley

31-01-2014 20:02

Petualangan Emmanuel Frimpong di Arsenal ternyata harus berakhir usai The Gunners setuju melepas gelandang 22 tahun itu ke klub Championship, Barnsley.

Momen Ballon d'Or Jadi Ajang Frimpong Olok Bendtner

Momen Ballon d'Or Jadi Ajang Frimpong Olok Bendtner

14-01-2014 17:51

Momen Ballon d'Or yang sedang ramai jadi perbincangan di masyarakat menjadikan gelandang Arsenal, Emmanuel Frimpong mengejek rekan setimnya, Nicklas Bendtner.

Keok Lagi, Frimpong Tawarkan Moyes Taksi

Keok Lagi, Frimpong Tawarkan Moyes Taksi

08-01-2014 07:27

Frimpong mengunggah gambar yang menunjukkan Moyes sedang mencari tumpangan untuk kembali ke klub lamanya, Everton.

Banyak Menganggur, Frimpong Desain Sepatu Aneh

Banyak Menganggur, Frimpong Desain Sepatu Aneh

19-12-2013 12:09

Frimpong mendesain dua sepatu dengan motif aneh untuk dirinya sendiri dan Mario Balotelli lalu memamerkannya di Instagram.

Pemain Arsenal Olok Kekalahan United Kontra Everton

Pemain Arsenal Olok Kekalahan United Kontra Everton

05-12-2013 12:32

Kekalahan 0-1 yang diderita Manchester United kala menjamu Everton (5/12) ternyata membuat gelandang milik Arsenal, Emmanuel Frimpong ikut bereaksi.

Frimpong Keluarkan Komentar Kontroversial Bernada Rasis

Frimpong Keluarkan Komentar Kontroversial Bernada Rasis

29-10-2013 15:16

Gelandang Arsenal, Emmanuel Frimpong memang terkenal seringkali membuat kontroversi, terutama di kalangan jejaring sosial.

Wenger Tak Sependapat Wilshere Soal Naturalisasi

Wenger Tak Sependapat Wilshere Soal Naturalisasi

09-10-2013 12:46

Tak seperti Jack Wilshere, yang menentang keras naturalisasi Januzaj, Wenger berpikir bahwa perpindahan kewarganegaraan oleh suatu pemain adalah hal yang wajar.

Setelah Nasri dan Song, Kini Frimpong Olok Dirinya Sendiri

Setelah Nasri dan Song, Kini Frimpong Olok Dirinya Sendiri

25-09-2013 16:25

Gelandang Arsenal, Emmanuel Frimpong memang terkenal sebagai salah satu pemain yang memiliki selera humor tinggi.

Preview: West Brom vs Arsenal, Kesempatan Pelapis

Preview: West Brom vs Arsenal, Kesempatan Pelapis

25-09-2013 12:06

Manajer Arsenal, Arsene Wenger kemungkinan besar melakukan rotasi pemain jelang lawatan ke markas West Brom di ajang Capital One, Kamis (26/9) dini hari nanti.