JAMESMCCARTHY

James McCarthy
Nama Lengkap : James McCarthy
Tempat Lahir : Glasgow, Skotlandia
Tanggal Lahir : 12 November 1990 (26 Tahun)
Kebangsaan : Republik Irlandia
Klub : Everton
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 180 cm

Karir

James McCarthy atau yang lebih dikenal dengan nama McCarthy adalah pemain sepak bola kelahiran 12 November 1990 yang berasal dari Glasgow, Skotlandia.

McCarthy melakukan debutnya untuk tim bernama Hamilton Academical pada tanggal 30 September 2006 di pertandingan melawan Queen of the South, dimana ia masuk dari bangku cadangan. Pemain asal Skotlandia ini lantas menjadi pemain termuda yang bermain untuk Hamliton Academical di abad ke-21.

Pemain bernomor punggung 16 ini kemudian tampil di pertandingan melawan Airdrie United selama 90 menit penuh pada tanggal 11 November 2006, tepat satu hari sebelum ulang tahunnya yang ke 16. Pada tanggal 6 Januari 2007, McCarthy tampil di pertandingan Scottish Cup melawan Livingston dan berhasil mencetak satu gol dimana ia kemudian menjadi pencetak gol termuda Hamilton Academical.

Pemain sepakbola asal Skotlandia ini kemudian menandatangani kontrak lima tahun dengan klub Wigan Athletic pada tanggal 16 Juli 2009 dengan biaya transfer dibawah £ 1.200.000. Ia melakukan debutnya untuk Wigan di pertandingan melawan Manchester United pada tanggal 22 Agustus 2009 dimana McCarthy tampil sebagai pemain pengganti di menit ke-74. Pertandingan tersebut lantas berakhir dengan skor 5-0, kekalahan untuk Wigan

Pada tanggal 2 Januari 2010, McCarthy berhasil mencetak gol pertamanya di pertandingan ronde ketiga Piala FA melawan klub Liga Premier Inggris, Hull City.

Pada tanggal 2 September 2013, pemain sepak bola kelahiran Skotlandia ini menandatangani kontrak dengan Everton dengan biaya trasnfer £ 13.000.000.

Pemain sepak bola kelahiran Skotlandia ini berasal dari keluarga Irlandia dan untuk pertama kalinya McCarthy mendapat panggilan untuk bermain di Tim Nasional Republik Irlandia ketika ia berusia 16 tahun.

Namun McCarthy mengklaim bahwa ia akan bermain untuk Skotlandia seandainya timnas tersebut memanggilnya lebih dahulu. Ia melakukan debutnya untuk Tim Nasional Republik Irlandia U-17 di pertandingan melawan Italia pada bulan Januari 2007. Pemain kelahiran Skotlandia ini mencetak gol pertamanya di pertandingan melawan Yunani di pertandingan ketiganya yang diselenggarakan pada bulan Maret 2007.

Tidak lama kemudian, di tahun 2007, ia mendapatkan promosi untuk bermain di Tim Nasional Republik Irlandia U-18 dan melakukan debutnya di pertandingan melawan Jerman pada bulan November 2007. McCarthy berhasil mencetak dua gol pada bulan November dan pada bulan September 2009 ia tampil bersama Tim Nasional Republik Irlandia U-19 di pertandingan melawan Portugal.

Pada tanggal 31 Maret, ia tampil sebagai pemain pengganti untuk Tim Nasional Republik Irlandia U-21 di pertandingan European Championship melawan Turki.

Untuk pertama kalinya McCarthy mendapat panggilan dari Tim Nasional Republik Irlandia pada bulan Februari 2010 untuk tampil di pertandingan persahabatan melawan Brasil di London. Ia melakukan debutnya sebagai pemain pengganti Liam Lawrence pada menit ke-10.

McCarthy mengundurkan diri dari kesebelasan Republik Irlandia di pertandingan Nations Cup 2011 melawan Wales. Media berspekulasi bahwa McCarthy mulai berpindah aliansi ke Skotlandia dan manajer Wigan, Roberto Martinez, meyakinkan publik bahwa McCarthy masih mempertimbangkan masa depan karir internasionalnya. Namun setelah diadakan pertemuan antara McCarthy dan Giovanni Trapattoni, pemain asal Skotlandia ini menyatakan bahwa ia telah berkomitmen untuk bermain di kesebelasan Republik Irlandia.

McCarthy kemudian tampil di pertandingan babak kualifikasi Euro 2012 melawan Makedonia. Ia tampil sebagai pemain pengganti Robbie Keane di pertandingan yang diselenggarakan pada bulan Maret 2011 tersebut.

Pada tanggal 4 Mei 2011, ia mendapat panggilan untuk tampil bersama kesebelasan Republik Irlandia di pertandingan melawan Irlandia Utara dan Skotlandia. Namun McCarthy tidak hadir di latihan kesebelasan Irlandia dan Martinez menyatakan bahwa pemain asal Skotlandia tersebut tidak akan tampil paling tidak selama empat minggu.

Pada tanggal 7 Mei 2012, Giovanni Trapattoni mengumumkan bahwa McCarthy telah mengajukan pengunduran diri dari pertandingan UEFA Euro 2012 dikarenakan ayahnya yang didiagnosa menderita kanker.

Ia kemudian tampil di sembilan dari sepuluh pertandingan Republik Irlandia di babak kualifikasi Piala Dunia 2014. McCarthy juga sempat membawa pulang gelar Man of the Match di pertandingan melawan Faroe Islands dan Swedia.

 

Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru James McCarthy

Pertahankan Stones Dari Godaan Chelsea, McCarthy Puji Everton

Pertahankan Stones Dari Godaan Chelsea, McCarthy Puji Everton

28-09-2015 10:39

Gelandang Everton, James McCarthy memberikan pujian kepada timnya atas keteguhan hati mereka mempertahankan John Stones dari godaan Chelsea di bursa transfer musim panas lalu.

Ditolak Wilshere dan Delph, City Mulai Dekati James McCarthy

Ditolak Wilshere dan Delph, City Mulai Dekati James McCarthy

15-07-2015 09:53

Manchester City dilaporkan akan memburu gelandang James McCarthy dari Everton. Hal ini menyusul upaya City untuk mendapatkan Jack Wilshere dan Fabian Delph, menemukan jalan buntu.

Tottenham dan Arsenal Bersaing Kejar James McCarthy

Tottenham dan Arsenal Bersaing Kejar James McCarthy

07-07-2015 10:41

Derby London antara Tottenham Hotspur dan Arsenal akan tersaji dalam perebutan pemain Everton, James McCarthy.

Hamann Yakin James McCarthy Bisa Gantikan Gerrard di Liverpool

Hamann Yakin James McCarthy Bisa Gantikan Gerrard di Liverpool

05-05-2015 21:30

Dietmar Hamann menyarankan mantan klubnya Liverpool agar mendatangkan gelandang Everton James McCarthy di musim depan

Gol McCarthy Sangat Mengganggu Van Gaal

Gol McCarthy Sangat Mengganggu Van Gaal

27-04-2015 01:52

Louis van Gaal sangat terganggu dengan gol pertama. James McCarthy berhasil membawa tuan rumah unggul di menit kelima usai menyelesaikan serangan balik.

Sikat MU, Martinez Puji Skuat Everton

Sikat MU, Martinez Puji Skuat Everton

27-04-2015 00:58

Everton memperpanjang catatan unbeaten menjadi lima laga. Yang terbaru adalah kemenangan atas Manchester United.

Bantai MU, McCarthy Yakin Everton Bangkit

Bantai MU, McCarthy Yakin Everton Bangkit

26-04-2015 23:31

Gelandang Everton, James McCarthy mengungkapkan keyakinannya bahwa kemenangan telak 3-0 atas Manchester United akan membantu timnya untuk mengakhiri musim ini di posisi tinggi.

Hasil Pertandingan: Everton 3 vs 0 MU

Hasil Pertandingan: Everton 3 vs 0 MU

26-04-2015 21:32

Manchester United gagal bangkit dari kekalahan atas Chelsea pekan lalu. Bertandang ke Goodison Park menghadapi tuan rumah Everton, Wayne Rooney dkk harus pulang dengan kekalahan tiga gol tanpa balas.

Gigit Pemainnya, Bos Everton Minta Ivanovic Dihukum Berat

Gigit Pemainnya, Bos Everton Minta Ivanovic Dihukum Berat

12-02-2015 10:06

Bek Chelsea, Branislav Ivanovic, mendapat kecaman dari bos Everton, Roberto Martinez, terkait pelanggaran yang ia lakukan terhadap James McCarthy.

Gigit Lawan, Eks Madrid Sebut Ivanovic Tak Layak Kartu Merah

Gigit Lawan, Eks Madrid Sebut Ivanovic Tak Layak Kartu Merah

12-02-2015 09:56

Mantan pemain Real Madrid dan Liverpool, Steve McManaman, menilai bahwa Branislav Ivanovic tidak layak mendapat kartu merah atas pelanggaran yang ia lakukan terhadap James McCarthy.