Nama Lengkap : Francisco Javier Garcia Fernandez
Tempat Lahir : Murcia, Spain
Tanggal Lahir : 08 Februari 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Zenit st Petersburg
Posisi : Gelandang
No Punggung : 14
Tinggi : 188 cm

Karir

Francisco Javier García Fernández adalah pesepakbola asal Spanyol yang lahir pada 8 Februari 1987, dan sudah beberapa kali bermain untuk membela skuad tim nasional Spanyol.

Javi, panggilan akrabnya, sudah merintis karir sepak bolanya sejak tahun 1996, sejak dia berusia 9 tahun dengan bergabung di Real Madrid. Di tim junior tersebut, Javi bermain di 3 pertandingan La Liga dan dimasukkkan menjadi pemain inti.

Di usianya yang ke-17 tahun, Javi memiliki kesempatan untuk debut di laga kandang ketika menjamu Levante UD yang berakhir 5-0, kemenangan atas Real Madrid 5-0, pada 28 November 2004. Setelah musim pertamanya berakhir, di musim selanjutnya, 2005-2006, Javi dimainkan di Real Madrid Castilla, atau di Real Madrid tim B, yang bermain di divisi Segunda.

Musim panas tahun 2006 adalah musim yang sangat sibuk bagi Javi. Dia berhasil mengantarkan Real Madrid pada kemenangan di European Championship bersama tim U-19. Hal ini berhasil membuatnya berkesanuntuk pelatih tim inti Madrid saat itu, Fabio Capello, dan mengajaknya untuk bergabung di sesi latian bersama tim inti.

Javi bermain hampir di semua pertandingan pra-musim Madrid, termasuk menjadi pemain di lini depan di turnamen Ramón de Carranza Trophy.

Pada Agustus 2007, adalah musim dimana Javi seharusnya mendapat kesempatan untuk dipromosikan dan bermain di tim inti Real Madrid, sang pelatih saat itu, Bern Schuster, menghalangi hal itu dan sebaliknya menyarankan Javi untuk bermain bersama klub lain yang bermain di Liga Premier atau dengan klub domestic lain seperti Atlético Madrid dan Deportivo de La Coruña.

Pada 31 Agustus 2007, Javi bergabung bersama CA Osasuna dan dikontrak untuk bermain untuk 4 musim. Javi berkesempatan untuk debut bersama Osasuna di laga kandang melawan Sevilla FC, dan mencetak gol pertamanya di pertandingan ke-6 pertamanya, ketika melawan Levante.

Pada akhir April tahun 2008, Javi kembali bermain bersama Real Madrid dan mendapat kesempatan yang seharusnya sudah didapatnya untuk bermain dengan tim inti Madrid pada 24 September 2008, ketika melawan Sporting de Gijon dengan hasil akhir 7-1, dimainkan untuk menggantikan Mahamadou Diarra.

Pada 21 Juli 2009, Javi memutuskan hengkang dari Real Madrid dan bergabung bersama Benfica dengan kontrak 5 tahun. Di musim pertamanya, Javi berhasil mencetak gol di 3 pertandningan, yang selalu dicetak dari sundulan mautnya di menit-menit terakhir pertandingan. Perannya di Benfica, berhasil menaikkan posisi klub yang awalnya erada di posisi ke-9, naik ke posisi paling atas dan berhasil memenangkan di turnamen nasional.

Belum sampai 5 tahun bermain dengan Benfica, pada 31 Agustus 2012, Javi menandatangi kontrak dengan Manchester City. Dia memiliki kesempatan debut bermain bersama City 2 minggu setelah resmi dikontrak, yaitu pada 15 September 2011 di laga tandang dan dijamu oleh Stoke City. DI pertandingan ini, Javi berhasil menjebol gawang Stoke City dengan sundulan kepalanya setelah mendapat umpan dari tendangan bebas Carlos Tevez.

Di babak penyisihan grup turnamen Liga Champion, Javi harus melewatkan beberapa minggu pertandingan karena mengalami cedera di bagian pahanya ketika melawan Borrusia Dortmund di menit pertama pertandingan. Javi kembali bermain bersama City ketika melawan West Ham United, menggantikan Tevez di menit ke084 dengan haisl akhir pertandingan imbang 0-0 di stadion Upton Park.

Kiprahnya di level internasional bersama Timnas muda Spanyol sudah dimulai sejak di level U-16, U-17, U-19, dan U-20 dan U-21. Karirnya pun semakin bersinar ketika Javi bermain bersama rekan setimnya di European Championship U-21 tahun 2009.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Javi Garcia

Juara, Skuat Zenit Berpose Bak Bangsawan Klasik

Juara, Skuat Zenit Berpose Bak Bangsawan Klasik

31-05-2015 03:33

Sebuah cara unik dilakukan raksasa Russian Premier League, Zenit St Petersburg untuk merayakan keberhasilan mereka merengkuh trofi liga musim ini.

Elena Gomez, WAGs Jelita Anyar di Tanah Rusia

Elena Gomez, WAGs Jelita Anyar di Tanah Rusia

09-09-2014 14:00

Dengan dijualnya gelandang 27 tahun Spanyol Javi Garcia oleh Manchester City ke Zenit St Petersburg di awal musim 2014/15, berarti liga Rusia kini kedatangan seorang WAGs anyar nan jelita. Dia adalah Elena Gomez, belahan jiwa Javi Garcia.

Man City Resmi Lepas Javi Garcia ke Zenit

Man City Resmi Lepas Javi Garcia ke Zenit

15-08-2014 01:36

Manchester City sudah setuju melepas salah satu gelandang bertahannya Javi Garcia ke klub Rusia Zenit St Petersburg.

Segera Tes Medis, Javi Garcia Tinggalkan City?

Segera Tes Medis, Javi Garcia Tinggalkan City?

10-08-2014 00:37

Transfermarketweb melaporkan bahwa pemain asal Spanyol tersebut akan segera hengkang menuju klub Rusia, Zenit St Petersburg.

City Siap 'Buang' Javi Garcia

City Siap 'Buang' Javi Garcia

23-07-2014 12:24

Javi Garcia nampaknya harus mengakhiri pengabdiannya dengan Manchester City lebih cepat seiring kabar ia bakal dilepas sang kampiun Premier League.

Beri Jalan Mangala, City Siap Lego Negredo dan Garcia

Beri Jalan Mangala, City Siap Lego Negredo dan Garcia

15-07-2014 17:00

Alvaro Negredo dan Javi Garcia dikabarkan akan dijual oleh Manchester City untuk memberi jalan bagi Eliaquim Mangala tiba ke Etihad Stadium.

City Bakal Dipaksa Relakan Tiga Pemain Bintang

City Bakal Dipaksa Relakan Tiga Pemain Bintang

15-07-2014 11:23

Manchester City disebut bakal melego tiga pemain bintangnya di musim panas ini, demi memenuhi kuota pemain asing untuk mengikuti Liga Champions.

Pemain Muda Argentina Jalani Tes Medis Di Manchester City

Pemain Muda Argentina Jalani Tes Medis Di Manchester City

27-06-2014 01:43

Gelandang muda Racing Club asal Argentina, Bruno Zuculini dikabarkan sedang terbang ke Inggris untuk melakukan sebuah tes medis.

Manchester City Sepakati Pembelian Pemain Porto

Manchester City Sepakati Pembelian Pemain Porto

26-06-2014 05:29

FC Porto memastikan Salah satu pemain tengahnya telah direkrut Manchester City dengan nilai transfer 15 juta euro.

Dikaitkan Dengan Inter, Javi Garcia Ngotot Bertahan

Dikaitkan Dengan Inter, Javi Garcia Ngotot Bertahan

23-05-2014 17:04

Agen gelandang Javi Garcia buka suara terkait masa depan kliennya di Manchester City.