JAVIMARTINEZ

Javi Martinez
Nama Lengkap : Javier Martinez Aguinaga
Tempat Lahir : Pamplona, Spain
Tanggal Lahir : 02 September 1988 (29 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : Bayern Munich
Posisi : Gelandang
No Punggung : 8
Tinggi : 190 cm

Karir

Javier Martinez Aginaga atau yang lebih sering dikenal dengan Javi Martinez adalah pemain asal Spanyol yang bermain saat ini bermain untuk klub Bayern Muenchen. Sebelum bermain untuk Muenchen, Martinez adalah mantan punggawa Athletic Bilbao. Martínez lahir di Estella, Spanyol pada 2 September 1988.

Di awal karirnya, Martinez menghadiri akademi Berceo di tahun 1993. Pada 1995, Martínez pindah ke Logroñés dan bertahan 2 tahun disana. Dari Logrones, Martínez sempat bergabung dengan CD Arenas selama tiga tahun lalu Izarra selama setahun dan yang terakhir adalag Osasuna pada 2001 selama 4 tahun.

Promosi ke tim profesional Martinez dapatkan di tahun 2005 namun bukan ke Osasuna yang bermain di La Liga melainkan ke Osasuna yang bermain di divisi kedua. Bersama Osasuna B selama semusim, Martínez mencatatkan 32 laga dan mencetak 3 gol. Meskipun belum pernah bermain untuk tim utama, pada 2006 Athletic Bilbao berani membeli Martinez yang masih berusia 17 tahun dengan harga 6 juta Euro.

Debutnya ia lakoni pada 27 Agustus 2006 melawan Real Sociedad dan berakhir imbang 1-1. Martinez dengan cepat menjadi bagian penting dari klub San Mames. Meskipun masih berusia 17 tahun, Martinez berhasil menjadi salah satu punggawa utama dan bermain dalam 36 laga serta mencetak 3 gol.

Permainan solid Martinez terus berlanjut dan mampu mengantarkan Bilbao mencapai babak final Copa del Rey 2009. Peran sentral Martinez semakin terlihat pada musim 2009-2010 dimana ia bermain dalam 46 laga di segala ajang dan mencetak 9 gol.

Pergantian pelatih yang dilakukan Bilbao juga berdampak kepada Martinez. Pelatih baru, Marcelo Bielsa memindahkan posisi Martinez sedikit naik menjadi playmaker dari yang sebelumnya gelandang bertahan. Selama bermain di Bilbao, Martinez tidak pernah bermain kurang dari 30 laga dalam semusim.

Berkat penampilannya di Bilbao, Martinez sudah lama menjadi incaran klub-klub Eropa semacam Paris Saint-Germain, Schalke 04 dan juga Manchester United. Namun akhirnya Bayer Muenchen-lah berhasil mengamankan jasa Martinez pada 29 Agustus 2012 dengan membayar 40 juta Euro. Martinez menjadi pemain termahal dalam sejarah 50 tahun Bundesliga.

Martinez menjalani debutnya bersamaan dengan hari ulang tahunnya yang ke-24 pada 2 September melawan VfB Stuttgart. Bermain di Jerman terbukti tidak membuatnya kualitasnya menurun, pada 24 November Martinez mencetak gol pertamanya melalui tendangan salto kala melawan Hannover 96.

Pentingnya peran Martinez di lini tengah Muenchen sangat terlihat di pertandingan babak semifinal Liga Champions melawan FC Barcelona. Di leg pertama dimana Muenchen menggilas FC Barcelona 4-0, Martinez dipuji banyak pihak karena dianggap sebagai pemain yang berhasil mengacaukan pola permainan tiki-taka milik Barcelona yang dimotori oleh Xavi and Andres Iniesta.

Di tahun 2005, Martinez menjalani laga internasional pertamanya bersama Timnas Spanyol U-15. Pada 2009, Martinez membela Spanyol U-21 yang berlaga di ajang UEFA European Football Championship 2009 di Swedia. Bersama timnas U-21 mulai tahun 2007 sampai 2011, Martínez bermain dalam 24 laga.

Ia juga bermain di gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan setelah pada 20 Mei 2010, namanya dipanggil oleh Vicente del Bosque. Bosque kembali memanggilnya untuk tampil di Euro 2012. Secara pribadi, Bosque menganggap Martínez sebagai pemain yang lengkap dan sering dibandingkan dengan legenda Perancis, Patrick Vieira.

Pria bertinggi 1,90 meter ini dikenal sebagai pemain yang memiliki tingkat adaptasi yang tinggi sejak di Bilbao. Martinez juga memiliki seorang adik bernama Alvaro yang juga pemain sepakbola dan menempati posisi bek.     


Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Javi Martinez

Thiago dan Martinez Kembali Latihan di Bayern

Thiago dan Martinez Kembali Latihan di Bayern

23-08-2017 10:20

Thiago Alcantara dan Javi Martinez sudah kembali berlatih penuh bersama Bayern Munchen, namun Jerome Boateng dan James Rodriguez masih berlatih sendiri karena masih harus memulihkan diri dari cedera.

Muller Anggap Ramos Salah Satu Bek Terkuat

Muller Anggap Ramos Salah Satu Bek Terkuat

01-08-2017 08:50

Thomas Muller menganggap bek Real Madrid, Sergio Ramos, dan rekannya di Bayern Munchen, Mats Hummels, sebagai salah satu bek tertangguh dunia.

Dua Bintang Bayern Lomba Pakai Sweater Terbanyak

Dua Bintang Bayern Lomba Pakai Sweater Terbanyak

02-12-2016 00:11

Gemerlap Natal mulai ramai dilakukan di seluruh dunia, tak terkecuali oleh klub raksasa Bundesliga, Bayern Munchen lewat dua bintang mereka, Rafinha dan Javi Martinez.

Pemain Bayern Tak Rela Philipp Lahm Pensiun Dini

Pemain Bayern Tak Rela Philipp Lahm Pensiun Dini

17-11-2016 19:53

Rencana Philipp Lahm untuk pensiun di akhir musim nanti mendapatkan tentangan dari pemain Bayern Munchen, Javi Martinez. Menurutnya, Lahm bahkan masih bisa bermain hingga empat musim mendatang.

Reaksi Dunia Sepakbola Atas Terpilihnya Trump

Reaksi Dunia Sepakbola Atas Terpilihnya Trump

10-11-2016 05:01

Terpilihnya Donald Trump sebagai orang nomor satu alias Presiden Amerika Serikat juga membuat heboh dunia sepakbola Eropa.

Martinez Bandingkan Guardiola dan Ancelotti

Martinez Bandingkan Guardiola dan Ancelotti

26-09-2016 10:52

Javi Martinez belum lama ini coba memberikan perbandingan antara dua manajer top yang pernah menanganinya di Bayern Munchen, Josep Guardiola dan Carlo Ancelotti.

Martinez Anggap Ronaldo & Messi Rebut Ballon d'Or Pemain Lain

Martinez Anggap Ronaldo & Messi Rebut Ballon d'Or Pemain Lain

26-09-2016 10:50

Javi Martinez belum lama ini bercanda dengan mengatakan bahwa dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di ajang Ballon d'Or di delapan edisi terakhir membuat pemain lain harus mengalah, meski mereka juga punya kemampuan luar biasa.

Martinez: Gundogan Seperti Xavi dan Iniesta

Martinez: Gundogan Seperti Xavi dan Iniesta

28-07-2016 07:35

Gelandang Bayern Munchen, Javi Martinez, belum lama ini menemukan kemiripan antara pemain baru Manchester City, dengan legenda Spanyol, Xavi dan Andres Iniesta.

Martinez Beber Kesamaan Ancelotti dan Guardiola

Martinez Beber Kesamaan Ancelotti dan Guardiola

27-07-2016 19:54

Gelandang Bayer Munchen, Javi Martinez, mengungkapkan bahwa Carlo Ancelotti dan Josep Guardiola adalah sosok pelatih yang sama-sama dekat dengan para pemainya.

Javi Martinez Buka Pintu untuk Barcelona

Javi Martinez Buka Pintu untuk Barcelona

04-05-2016 12:03

Javi Martinez belum lama ini mengatakan bahwa ia akan membuka pintu selebar mungkin akan kemungkinan bermain di klub lain, termasuk Barcelona.