JOELROBLES

Joel Robles
Nama Lengkap : Joel Robles Blazquez
Tempat Lahir : Getafe, Spanyol
Tanggal Lahir : 17 Juni 1990 (27 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Everton
Posisi : Kiper
No Punggung : 1
Tinggi : 195 cm

Karir

Joel Robles lahir di Getafe pada 17 Juni 1990. Ia merupakan salah satu penjaga gawang yang memiliki kemampuan membaca arah bola yang baik. Penjaga gawang yang pernah menjadi bagian dari tim nasional Spanyol U16, U-17 dan U-21 ini merupakan produk dari akademi CD Leganés yang kemudian memilih untuk berkarir di tim junior Getafe.

Pada musim panas 2005 penjaga gawang berpostur tinggi ini memilih untuk melanjutkan karir juniornya di Atlético Madrid dan kemudian memulai karirnya di tim C Atletico Madrid pada 2008.

Pada musim 2009/10 Joel menjadi kiper pilihan pertama Atlético B setelah David de Gea telah dipromosikan ke tim pertama. Perjalanan karirnya sepanjang musim bersama dengan tim B Atletico Madrid terbilang cukup memuaskan.

Bermain sebanyak 28 kali dalam satu musim, pemain bernama lengkap Joel Robles Blazquez ini membantu Atletico B finish di peringkat ke 7 pada klasmen akhir Segunda Division musim 2009/10. Atas kemampuannya menjaga gawang tim B, ia segera dipromosikan ke tim utama Atletico meski baru satu musim bermain untuk tim B.

Dia melakukan debut di tim utama pada tanggal 9 Mei 2010 melawan Sporting de Gijón. Ia masuk sebagai pengganti dari Sergio Asenjo yang mengalami cedera pada menit ke 10. Kala itu, kiper pilihan utama, De Gea, sedang diistirahatkan untuk final Liga Eropa melawan Fulham. Karena cedera Asenjo tersebut, pemain yang lebih dikenal dengan panggilan “Joel” ini juga mengambil tempatnya di bangku cadangan pada partai final EURO Cup.

Selama musim 2009/10, Sevilla mengutarakan ketertarikan mereka untuk menggunakan jasa Joel. Sayangnya, bukannya memilih untuk pindah dengan status free agent, Joel justru memutuskan untuk memperpanjang kontraknya hingga 2014 di Atletico.

Setelah kepergian De Gea ke Manchester United jersey nomor 1 diserahkan kepada Joel. Sayangnya, ia menghadapi persaingan yang ketat untuk mendapatkan tempat utama dengan sembuhnya Sergio Asenjo dan kedatangan Thibaut Courtois sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Karena tak kunjung mendapat tempat utama, ia akhirnya dipinjamkan pada paruh musim 2011/12 kepada Rayo Vallecano hingga akhir musim. Bersama dengan Vallecano, ia sukses mendapat waktu bermain sebagai penjaga gawang utama dengan torehan 13 kali penampilan hingga akhir musim 2011/12.

Pada jendela transfer musim dingin 2013, pelatih Wigan, Roberto Martinez, memutuskan untuk meminjam jasa Joel dari Atletico hingga akhir musim. Bersama dengan Martinez, Joel mendapat pengalaman yang berharga kala berseragam WIgan sepanjang masa peminjamannya tersebut. Bersama dengan Wigan, ia merasakan atmosfir sepak bola yang berbeda dari saat ia bermain di La Liga Spanyol. Gaya bermain yang cepat dengan ciri khas serangan yang mengandalkan kekuatan dan kecepatan menjadi tantangan baru bagi Joel.

Bersama dengan Wigan, ia masih harus bersaing dengan penjaga gawang utama Wigan asal Oman, Ali Al-habsi, yang performanya tak bisa dibilang buruk. Untungnya, ia mendapat kepercayaan untuk mengawal gawang Wigan pada beberapa kesempatan, termasuk saat Wigan menang 2-1 atas Newcastle dan juga partai final FA Cup pada Mei 2013 melawan Manchester City.

Pada pertandingan tersebut, dua kali ia berhasil menggagalkan usaha Carlos Tevez mencetak gol pada laga krusial tersebut. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan capaian clean sheet Joel yang berujung kemenangan Wigan atas City dengan skor 1-0. Atas hasil tersebut, ia sukses membantu Wigan memenangkan gelar FA Cup pertama mereka sepanjang sejarah.

Pada awal musim 2013/2014, Everton secara resmi mengumumkan bahwa manajer Wigan, Roberto Martinez, telah menandatangani kontrak bersama mereka. Hal tersebut berujung pada kesepakatan transfer Joel ke Everton atas permintaan Martinez yang pernah bekerja bersamanya kala Joel bermain untuk Wigan.

 

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Joel Robles

Leicester Harus Waspadai Bola Mati Atletico

Leicester Harus Waspadai Bola Mati Atletico

12-04-2017 00:55

Joel Robles memberikan sebuah bocoran kepada Leicester City yang akan berjumpa dengan Atletico Madrid. Robles meminta Leicester untuk lebih waspada dengan eksekusi bola mati yang didapatkan oleh Atletico.

Hasil Pertandingan Everton vs Chelsea: Skor 2-0

Hasil Pertandingan Everton vs Chelsea: Skor 2-0

13-03-2016 02:29

Langkah Chelsea di ajang Piala FA harus terhenti setelah takluk dari Everton dengan skor 2-0 di Goodison Park, Minggu (13/03) dini hari.

Kiper Tangguh Everton, Tim Howard Siap Comeback Lawan Chelsea

Kiper Tangguh Everton, Tim Howard Siap Comeback Lawan Chelsea

10-02-2015 23:09

Jelang tandang ke Stamford Bridge, Howard disiapkan untuk comeback. Manajer Roberto Martinez mengungkapkan kondisi sang penjaga gawang.

Lukaku Ternyata Tertarik Lanjutkan Karir di Luar Inggris

Lukaku Ternyata Tertarik Lanjutkan Karir di Luar Inggris

14-06-2014 11:15

Bomber yang musim lalu dipinjam The Toffees dari Chelsea ini ternyata penasaran ingin menjajal kompetisi di luar Inggris.

Kiper Everton Dukung Lukaku Pindah ke Atletico

Kiper Everton Dukung Lukaku Pindah ke Atletico

11-06-2014 23:06

Kiper Everton Joel Robles mengklaim bahwa Romelu Lukaku akan sangat cocok bila bermain di Atletico Madrid.