FOLLOW US:

JOHNOBI MIKEL

John Obi Mikel
Nama Lengkap : John Michael Nchekwube Obinna
Tempat Lahir : Jos, Nigeria
Tanggal Lahir : 22 April 1987 (30 Tahun)
Kebangsaan : Nigeria
Klub : -
Posisi : Gelandang
No Punggung : 12
Tinggi : 188 cm

Karir

  • 2004 - 2006 : Lyn
  • 2006 - 2017 : Chelsea

John Michael Nchekwube Obinna atau lebih dikenal dengan Obi Mikel lahir pada 22 April 1987, dia adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Nigeria, yang bermain sebagai gelandang untuk klub Inggris Chelsea dan tim nasional Nigeria.

Mikel lahir di Jos, Nigeria dengan nama John Michael Nchekwube Obinna, putra Michael Obi, yang menjalankan sebuah perusahaan transportasi antar-negara di Jos, ibukota negara bagian Plateau.

Mikel memulai karir resmi di sepak bola saat berusia 12 tahun ketika terpilih sebagai pemain sepak bola berbakat dari lebih dari 3000 talenta muda untuk bermain di Pepsi Football Academy. Sebuah tim yang pada waktu tertentu yang dikenal untuk berkeliling Nigeria untuk mencari yang terbaik yang akan menjadi bintang di masa mendatang, bakat-bakat muda untuk kemudian beralih ke sepak bola yang lebih profesional.

Kemudian potensi Obi ditemukan oleh pemandu bakat, dia terpilih untuk bermain di tim papan atas Plateau United yang juga dikenal untuk menciptakan pemain bintang seperti Celestine Babayaro, Victor Obinna, Chris Obodo dan banyak lagi yang pindah untuk bermain di tim Eropa dan mewakili negara mereka di kemudian hari dalam karir mereka.

Kemudian John Obi Mikel menjadi terkenal setelah ia menjadi berita utama untuk negaranya di Piala U-17 Kejuaraan Dunia yang digelar di Finlandia. Kemudian ia bermain ke Afrika Selatan klub Ajax Cape Town, sebelum bergabung dengan Lyn di Norwegia.

Selama persiapan untuk Kejuaraan Dunia FIFA U-17 2003, Asosiasi Sepakbola Nigeria keliru memasukkan nama "Michael" sebagai "Mikel" untuk turnamen di Finlandia. Dia memutuskan untuk menjaga nama baru. Pada tanggal 31 Juli 2006, ia menyatakan bahwa ia lebih suka dipanggil Mikel John Obi bukan John Obi Mikel, seperti yang biasanya dia dipanggil.

Pada musim panas tahun 2005, Mikel bermain untuk Nigeria di World Youth Championships FIFA yang diadakan di Belanda. Dia memainkan turnamen yang sangat baik sampai Nigeria dapat mencapai final, namun mereka kalah 2-1 dari Argentina. Obi memenangkan Bola Perak setelah terpilih sebagai pemain terbaik kedua di turnamen itu.

Pada tanggal 12 September 2006 Mikel membuat start pertamanya untuk Chelsea di Liga Champions melawan Levski Sofia dan melakukan tembakan kuat yang membuat kiper gagal menyelamatkan dan Didier Drogba meneruskan rebound untuk menjadikannya gol. Mikel menerima banyak komentar positif untuk penampilannya dalam pertandingan.

Pada saat itu , manajer Chelsea, José Mourinho diyakini keberatan dengan gaya hidup Obi Mikel di luar Stamford Bridge dan klub dilaporkan mempertimbangkan penjualan pemain. Mikel dijatuhi hukuman selama lebih dari sebulan, di mana ayahnya menyuarakan keprihatinannya atas perilaku anaknya.

Setelah meningkatkan kedisiplinan dan rajin di sesi pelatihan, Mikel dipercaya untuk bermain di Liga Champions, pertandingan Chelsea melawan Werder Bremen pada tanggal 23 November 2006.

Dalam permainan berikutnya, Mourinho memainkan Mikel sebagai starter dan memegang kunci dalam pertandingan, khususnya saat Chelsea vs Tottenham Piala FA putaran keenam, perempat final Liga Champions melawan Valencia, semi-final Liga Champions saat melawan Liverpool dan juga menang Piala FA di final melawan Manchester United. Mikel berpostur tinggi dan kekuatan besar, dia bagus dalam kontrol bola dan passing – passing yang sangat akurat yang sering merepotkan lawan.

Pada 21 September 2013, Mikel mencetak gol Premier League pertama di sepanjang karirnya pada laga ke 185 yang sekaligus membantu The Blues menang 2-0 atas Fulham.


Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru John Obi Mikel

Mikel Yakin Chelsea Bakal Bangkit Musim Depan

Mikel Yakin Chelsea Bakal Bangkit Musim Depan

02-06-2018 01:20

Gelandang asal Nigeria John Obi Mikel mengaku yakin Chelsea akan baik-baik saja dan bisa bangkit dari keterpurukannya musim depan.

Doa Mikel Untuk Chelsea Di Final FA Cup

Doa Mikel Untuk Chelsea Di Final FA Cup

19-05-2018 17:13

Chelsea akan menghadapi partai berat melawan rival abadinya, Manchester United, di final FA Cup hari Sabtu (19/5) malam nanti. Pemain asal Nigeria, John Obi Mikel, berharap mantan klubnya bisa keluar sebagai juaranya.

Nyaman di Tiongkok, Eks Chelsea Ini Ogah Balik ke Inggris

Nyaman di Tiongkok, Eks Chelsea Ini Ogah Balik ke Inggris

18-12-2017 22:32

John Obi Mikel mengaku sangat menikmati karirnya di Tiongkok bersama Tianjing Teda. Karena itu, eks pemain Chelsea ini dengan tegas mengatakan ogah balik ke Premier League di bursa transfer Januari 2018.

'Cara Conte Perlakukan Mikel Lebih Buruk dari Costa'

'Cara Conte Perlakukan Mikel Lebih Buruk dari Costa'

16-08-2017 15:50

Mantan pemain muda Chelsea, Emmanuel Sarki, mengklaim bahwa manajer Antonio Conte memperlakukan John Obi Mikel lebih buruk dari Diego Costa.

Conte Menyesal Tak Bisa Pertahankan Mikel dan Oscar

Conte Menyesal Tak Bisa Pertahankan Mikel dan Oscar

31-01-2017 14:15

Antonio Conte berkeras bahwa ia menyesal tidak bisa meyakinkan Oscar dan John Obi Mikel untuk bertahan di Chelsea.

Mikel Anggap Tiongkok Mirip dengan Chelsea

Mikel Anggap Tiongkok Mirip dengan Chelsea

16-01-2017 15:24

John Obi Mikel mengatakan bahwa latihan di klub anyarnya, Tianjin TEDA, sama bagusnya dengan yang ia jalani di Chelsea.

Mikel Ungkap Alasan Sebenarnya Tinggalkan Chelsea

Mikel Ungkap Alasan Sebenarnya Tinggalkan Chelsea

13-01-2017 14:50

John Obi Mikel berkeras bahwa ia meninggalkan Chelsea dan bermain di Tiongkok demi memastikan tempatnya di timnas Nigeria tidak terancam, karena minimnya menit bermain.

Ucapan Perpisahan Terry Untuk Mikel

Ucapan Perpisahan Terry Untuk Mikel

09-01-2017 21:37

Skipper senior Chelsea, John Terry, mengucapkan salam perpisahan kepada John Obi Mikel yang baru saja hengkang ke Tiongkok.

Conte Doakan Duo Chelsea Sukses di Tiongkok

Conte Doakan Duo Chelsea Sukses di Tiongkok

09-01-2017 11:30

Antonio Conte mengharap Oscar dan John Obi Mikel menjalani karir yang baik, usai mereka pindah ke Liga Super Tiongkok bulan ini.

Conte Doakan John Obi Mikel Beruntung di Tiongkok

Conte Doakan John Obi Mikel Beruntung di Tiongkok

07-01-2017 19:00

Antonio Conte belum lama ini mendoakan mantan pemain Chelsea, John Obi Mikel, untuk meraih sukses dalam perjalanan baru di karirnya sebagai pemain profesional.