JORDANARCHER

Jordan Archer
Nama Lengkap : Jordan Gideon Archer
Tempat Lahir : Walthamstow, Inggris
Tanggal Lahir : 12 April 1993 (23 Tahun)
Kebangsaan :
Klub : Millwall
Posisi : Kiper
No Punggung : 13
Tinggi : 191 cm

Karir

  • 2011 - 2012 : Bishop's Stortford
  • 2011 - : Tottenham Hotspur
  • 2012 - 2013 : Wycombe Wanderers

Archer bergabung dengan akademi Tottenham Hotspurs di musim 2009/10 kala berusia 16 tahun. Pertandingan pertamanya ia jalani pada 16 Jan 2010 di sebuah pertandingan liga akademi (U-18). Kala itu Spurs junior bertanding melawan MK Dons junior. Archer sendiri memainkan beberapa pertandingan bersama dengan tim akademi sepanjang musim tersebut.

Pada musim 2010/11, ia mendapatkan lebih banyak waktu bermaindi liga akademi. Dia juga membuat debut internasional U-19 melawan Malta dalam pertandingan persahabatan pada 18 Agustus 2010.

Setelah memberikan kesan yang baik kala bermain di akademi, Archer menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 07 Juli 2011 dan bermain bersama Spurs XI pertandingan pada 26 Jul 2011, melawan MK Dons. Dia adalah bagian dari skuad Eurofoot yang menjadi juara pada awal Agustus dan bermain di pertandingan pertama NextGen Series pada 17 Agustus 2011 serta satu pertandingan liga akademi pada 27 Agustus 2011.

Pada saat itu ia sudah dipanggil ke skuad Skotlandia U - 21 dan berada di bangku cadangan untuk pertandingan persahabatan melawan Norwegia. Selanjutnya ia kembali mendapat panggilan untuk pertandingan kompetitif melawan Bulgaria.

Karir internasionalnya yang berkembang dengan pesat diikuti oleh masa peminjaman selama satu bulan kepada salah satu klub Conference North, Bishop’s Stortford, pada 1 Oktober 2011. Stortford kala itu ditukangi itu oleh mantan kiper Spurs dan panutan bagi Archer, Ian Walker. Masa peminjamannya kemudian diperpanjang satu bulan lagi hingga dua kali dan akhirnya menjadi pinjaman sepanjang musim. Setelah kpepergian Walker, Archer tetap dipecaya menjadi kiper utama.

Sekembalinya ke Spurs, penjaga gawang kelahiran 12 April ini bermain jauh lebih baik. Pada awal 2012/13 ia bermain bersama Spurs XI pada laga persahabatan dan sukses melakoni debutnya kala bermain penuh melawan Northampton Town pada 4 Agustus 2012.

Pada September 2012, kubu Wycombe Wanderers menyodorkan kesepakatan peminjaman untuk Archer yang disetujui oleh pihak Spurs. Awalnya mereka hanya menyodorkan proposal peminjaman untuk satu pecan saja, namun durasi peminjaman terus bertambah hingga akhirnya Spurs menyetujui untuk meminjamkannya selama 1 musim penuh.

Saat bermain untuk tim divisi dua tersebut, Archer mendapat pengalaman pahit, yaitu kala Wycombe berlaga melawan Gillingham. Wycombe yang pada saat itu tengah unggul 1-0 atas Gillingham, tiba-tiba ada seorang remaja berusia 17 tahun yang masuk kedalam lapangan dan kemudian menyerang Archer.

Hal itu tak ayal membuat berang para pihak keamaan yang kemudian meringkusnya. Untungnya tak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Terlepas dari insiden penyerangan tersebut, penampilannya bersama Wycombe bisa dibilang memuaskan. Dengan 27 kali penampilan, Archer sukses membawa Wycombe bertahan di divisi dua.

Pada musim 2013/2014, ia kembali ke Tottenham. Sayangnya dengan adanya sosok Hugo Lloris, Brad Friedel, serta Heurelho Gomes, Archer sering kali hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Ia masih kalah bersaing dengan kiper-kiper yang jauh lebih berpengalaman tersebut.

Oleh: Fatkhur Rozi