JOSUHAGUILAVOGUI

Josuha Guilavogui
Nama Lengkap : Josuha Guilavogui
Tempat Lahir : Ollioules
Tanggal Lahir : 16 September 1990 (27 Tahun)
Kebangsaan : Prancis
Klub : Wolfsburg
Posisi : Gelandang
No Punggung : 23
Tinggi : 187 cm

Karir

  • 2009 - 2013 : Saint Etienne
  • 2013 - : Atletico Madrid
  • 2014 - : Wolfsburg
  • 2014 - : Saint Etienne

Josuha Guilavogui adalah pemain berkebangsaan Perancis yang bermain di Liga Spanyol untuk Atlético Madrid. Di Madrid, Guilavogui beposisi sebagai gelandang bertahan. Ia lahir di Ollioules pada 19 September 1990.

Karir sepakbolanya di mulai ketika ia bergabung dengan akademi La Marine Toulon saat ia baru berusia 7 tahun. Selain menghadiri, Marine Toulon, Guilavogui juga mengenyam pendidikan formal dan satu sekolah dengan Bafetimbi Gomis. Di tahun 2000, ia bergabung dengan Toulon dan bermain selama 5 tahun disana. Guilavogui kemudian bergabung dengan Saint Etienne.

Di tim muda Saint Etienne, Guilavogui yang masih berusia 15 tahun mendapat banyak bimbingan dari Bafetimbi Gomis yang sudah lebih senior. Gomis dan Guilavogui sendiri saat itu dianggap sebagai harapan masa depan persepakbolaan Perancis. Guilavogui juga berhasil menyelesaikan gelar sarjananya dengan nilai yang sangat baik.

Panggilan masuk tim senior pun akhirnya datang ketika pelatih baru, Alain Perrin, masuk menggantikan Laurent Roussey. Perrin langsung mengadakan perombakan pada skuat Saint-Étienne terutama di sektor pertahanan yang banyak kehilangan pemain penting karena cedera. Ia menjalani debutnya ketika bermain di ajang Coupe de France melawan Bordeaux.

Setelah memainkan laga pertamanya di Ligue 1 melawan FC Sochaux pada 10 April 2010, Guilavogui mendapat panggilan timnas Perancis karena performa bagusnya. Gol pertamanya ia cetak ke gawang PSG di laga yang berakhir imbang 1-1 pada 29 Mei 2011.

Di musim 2012-2013, Guilavogui menjadi wakil kapten meskipun usianya masih sangat muda. Sejak bermain di tim senior dari tahun 2009 sampai dengan 2013, Guilavogui total mencatatkan 131 laga yang 96 diantaranya adalah laga Ligue 1. Total 11 gol di cetaknya di segala ajang.

Pada 2 September 2013, kesepakatan terjadi antara Saint Etienne dan Atlético Madrid untuk memboyong Guilavogui dari Perancis. Setelah menjalani tes medis di Madrid, Guilavogui meneken kontrak berdurasi 5 tahun dengan harga 10 juta Poundsterling.

Guilavogui dipanggil untuk membela timnas Perancis U-21 pada 2011 bersama rekan-rekannya, Lois Nery dan Emmanuel Riviere. Pada beberapa kesempatan, Guilavogui juga memegang jabatan kapten. Pertandingan pertama yang ia mainkan adalah melawan Slovakia pada 8 Februari 2011 yang dimenangkan 3-1 oleh Perancis.

Sejatinya, Guilavogui dapat bermain untuk negara asal ibunya, Guinea. Sempat beberapa kali diminta untuk membela Guinea di awal 2013, namun akhirnya ia lebih memilih untuk memenuhi panggilan Didier Deschamps, pelatih Perancis, pada 16 Mei 2013 yang akan menjalani tur Amerika Selatan dimana Perancis akan melawan Uruguay (5 Juni) dan Brasil (9 Juni).

 

Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Josuha Guilavogui

Wolfsburg: Kami Bisa Catat Sejarah di Markas Madrid

Wolfsburg: Kami Bisa Catat Sejarah di Markas Madrid

12-04-2016 08:30

Josuha Guilavougui, pemain Wolfsburg, mengaku optimis timnya bisa mencatat sejarah dengan menyingkirkan Real Madrid dan masuk ke semifinal Liga Champions untuk kali pertama.

Presiden Atleti pun Ikut Sentil Kekalahan Real Madrid

Presiden Atleti pun Ikut Sentil Kekalahan Real Madrid

08-04-2016 07:30

Presiden Atleti, Enrique Cerezo pun turut memberikan sedikit sentilan kepada Real Madrid yang kalah dari Wolfsburg.

Pemain Wolfsburg Anggap Lawan Madrid Seperti Derby

Pemain Wolfsburg Anggap Lawan Madrid Seperti Derby

05-04-2016 10:04

Gelandang Wolfsburg, Josuha Guilavogui, belum lama ini mengatakan bahwa dirinya amat antusias bermain melawan Real Madrid tim yang bakal menjadi lawan mereka di leg pertama babak perempat final Liga Champions pekan ini.

Gelandang Atletico Madrid Disebut Merapat Ke Benfica

Gelandang Atletico Madrid Disebut Merapat Ke Benfica

16-07-2014 02:20

Pemain berkebangsaan Prancis tersebut bahkan dikabarkan sudah bertemu dengan perwakilan Benfica untuk membicarakan proses kepindahannya.