JULIANGREEN

Julian Green
Nama Lengkap : Julian Wesley Green
Tempat Lahir : Florida, Amerika
Tanggal Lahir : 06 Juni 1995 (22 Tahun)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Klub : Bayern Munich
Posisi : Gelandang
No Punggung : 37
Tinggi : 172 cm

Karir

Julian Green merupakan salah satu pemain yang hasil didikan tim akademi Bayern Munich. Pemain yang berperan di sayap ini kerap memberikan kontribusi yang sempurna bagi tim reserve FC Hollywood. Ia telah sukses mencetak 15 gol dan memberikan enam assist dalam 18 penampilan untuk tim cadangan Bayern.

Ia merupakan seorang pemain yang memiliki kemampuan hebat baik di kaki kiri maupun kaki kanannya. Keunggulannya dalam hal fleksibilitas dan kecepatan membuatnya kerap diandalkan di sisi sayap guna mendobrak pertahanan lawan. Ia juga merupakan pemain yang bisa dimainkan di banyak posisi di lini depan termasuk sebagai attacking midfielder, winger dan sebagai striker utama.

Digunakan sebagai pusat serangan, ia sukses menyarangkan hat- trick ke gawang Schweinfurt pada bulan September 2013. Pada awal Desember, kala dimainkan sebagai sayap kiri, dia sukses memberikan tiga assist dalam pertandingan melawan Wuerzburger Kickers.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini disodori kontrak profesional pertamanya oleh Bayern karena konsistensi dan kontribusi positifnya kala bermain di tim reserve. Kontrak tersebut mengikatnya sampai 2017 bersama dengan Bayern.

Pada November 2013, Green, yang sering digunakan oleh Guardiola di di pertandingan pramusim, diberi kesempatan bermain bersama dengan tim senior. Banyak pihak yang terkejut dengan keputusan Guardiola untuk menggunakan Green pada laga di pentas Eropa mengingat Green belum pernah sekalipun bermain bersama tim senior Bayern sebelumnya.

Lahir di Tampa oleh seorang ibu berdarah Jerman dan ayah berdarah Amerika, ia pindah ke Munich dan bergabung dengan Bayern sejak kecil. Menurut ayahnya, Julian mengaku menjadi orang Amerika namun belum memutuskan apakah akan mewakili negara kelahirannya atau Jerman.

Dengan kemampuannya dalam hal first touch yang menawan, kecepatan dan kelincahan pemain sayap dan naluri mencetak gol mematikan seorang striker, Green memiliki daya jelajah yang luas. Ditambah lagi dengan keterampilan drible serta kelebihannya yang dapat bermain dalam berbagai berbeda menjadi aset yang sangat berharga bagi FC Hollywood. Ditambah lagi kecenderungan Pep Guardiola yang kerap memberi kesempatan pemain didikan akademi lokal akan semakin membuat kesempatan Green bermain bersama tim utama menjadi lebih terbuka.

Urusan pencapaian di level timnas, Green pernah memperkuat dua timnas junior, yakni timnas junior Jerman dan Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan Julian memilki dua kewarganegaraan (Amerika dan Jerman). Untuk timnas junior Jerman, Green pernah membela timnas Jerman U-16 dan U-17 dengan total caps 6 kali dan torehan 1 gol pada musim 2010-2011.

Bersama dengan Tim Nasional Amerika, Green bermain 1 kali untuk The Sam’s Army U-18. Pada 2013, ia kembali memperkuat Timnas Jermain untuk level U-19. Meski lebih sering bermain sebagai pengganti dari Serge Gnabry, namun torehan 5 kali penampilannya terbilang cukup mengesankan bersama Timnas U-19 Jerman.

 

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Julian Green

Green Ingin Memberi Bukti Pada Guardiola

Green Ingin Memberi Bukti Pada Guardiola

29-07-2014 17:48

Winger muda Amerika Serikat, Julian Green ingin membayar kepercayaan yang diberikan Pep Guardiola.

Guardiola Ingin Pertahankan Green

Guardiola Ingin Pertahankan Green

23-07-2014 03:07

Manajer Bayern Munich, Josep Guardiola memilih untuk mempertahankan Julian Green ketimbang meminjamkannya ke klub lain.

Fakta & Statistik 16 Besar: Belgia 2-1 Amerika

Fakta & Statistik 16 Besar: Belgia 2-1 Amerika

02-07-2014 15:43

Jumlah penyelamatan Tim Howard adalah yang terbanyak dalam satu laga sepanjang sejarah Piala Dunia (1966-2014).